umum

Tips Belajar dirumah yang Menyenangkan dan Efektif

Tips Belajar dirumah menjadi hal yang sangat penting ditengah situasi saat ini. Dimana mengharuskan siswa siswi untuk bisa mandiri belajar dari rumah demi untuk mengurangi dan menghentikan rantai penyebaran virus korona.

Sehingga, orangtua harus benar-benar mencari cara supaya anak tetap bisa belajar meskipun dari rumah. Memang, guru tetap memberikan tugas dan pendampingan walaupun dengan cara sistem online. Tetapi, mau tidak mau orang tua harus ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran selama dirumah.

Perlu untuk menciptakan suasana yang nyaman, cara belajar yang tepat hingga segala pembelajaran menjadi lebih efisien. Nah, bagaimanakah cara tersebut? Berikut Tips Belajar dirumah yang bisa Anda Coba.

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Sarana dan prasarana tentu menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Keinginan untuk belajar akan timbul dengan sendirinya ketika ada tempat untuk belajar di rumah dengan kondisi yang kondusif dan nyaman.

Jika biasanya anak bisa belajar hanya cukup dari tempat tidur, maka upayakan untuk mengubah kebiasaannya tersebut. Tentu posisi ini akan menjadi posisi yang menurutnya nyaman, tetapi tentu hal ini bisa mengganggu konsentrasi dan tidak efisien untuk belajar.

Tips Belajar dirumah adalah dengan menyiapkan satu tempat khusus untuk belajar. Memilih posisi ruangan yang tepat, kursi yang nyaman dan juga meja yang pas. Dengan prasarana ini tentu bisa membuat anak menjadi lebih nyaman ketika harus belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya.

Sediakan Alat Belajar

Tips Belajar dirumah
Tips Belajar dirumah

Sebisa mungkin upayakan menyediakan hal-hal yang dibutuhkan oleh anak. Misalnya saja, jika anak harus mengikuti kelas secara online maka sarananya juga harus dilengkapi demi kelancaran belajarnya.

Baca Juga : 9 Jenis Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Jadwal yang Tetap Rutin

Meskipun saat ini memang para siswa harus belajar dari rumah tetapi bukan berarti waktu ini digunakan untuk liburan atau malas-malasan. Demi untuk bisa tetap mengikuti pembelajaran dengan baik, upayakan anak untuk tetap mematuhi jadwal layaknya sedang pergi ke sekolah.

Jika biasanya anak bangun jam 6, maka untuk waktu belajar di rumah ini juga harus diterapkan hal yang sama. Begitu juga dengan kegiatan setelahnya seperti mandi, sarapan dan berdandan dengan rapi.

Setelah itu mintalah anak untuk tetap melakukan kegiatan sesuai jadwalnya yang ada disekolah. Contohnya, jika hari ini pada jam 8 di sekolah ia belajar tentang Kesenian, maka terapkan juga aturan tersebut di rumah. Hal ini akan membantu anak untuk tetap disiplin meskipun sedang ada dirumah.

Tips Belajar dirumah dengan Dampingi Anak Belajar

Untuk siswa yang masih PAUD, TK, SD bahkan mungkin SMP sangat diperlukan pendampingan belajar oleh orangtua. Jika disekolah anak mendapatkan pendampingan dari guru, maka dirumah orangtua menggantikan posisi sebagai guru. Sehingga, jika ada sesuatu hal yang anak belum mengerti, bisa ditanyakan pada orangtuanya.

Jika memang anak mendapatkan materi pembelajaran dari gurunya melalui media online atau video conference maka orangtua bisa lebih tenang. Namun, tetap saja orang tua harus selalu memantau perkembangan anak supaya ia tidak ketinggalan materi yang diberikan gurunya.

Suasana Rumah yang Kondusif

Mungkin jika disekolah suasana belajar akan secara otomatis dibuat se kondusif mungkin. Tetapi, jika dirumah tentu saja situasi setiap rumah bisa sangat berbeda.

Kurangi kebisingan yang mungkin biasanya terjadi dirumah dan ciptakan suasana yang kondusif dan tenang selama anak belajar dari rumah. Paling tidak selama anak mengerjakan tugas atau sedang mendapatkan pembelajaran dari guru, hal ini akan membuatnya lebih nyaman saat belajar.

Demikianlah sedikit Tips Belajar dirumah yang bisa diterapkan untuk anak selama masa belajar dari rumah.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close