umum

Alat Musik Daerah Asli Indonesia Yang Begitu Populer

Indonesia mempunyai banyak sekali suku, masing-masing dengan budaya dan karakteristiknya sendiri, termasuk alat musik tradisional. Namun siapa di sangka memang jika terdapat alat musik daerah asli Indonesia yang telah terkenal ke seantero dunia.

Baca juga : Peta Indonesia

Lihatlah alat musik asli Indonesia yang tidak hanya terkenal di negara ini, tetapi juga di negara-negara asing berikut.

Alat Musik Daerah Asli Indonesia

Kenali beberapa alat musik daerah asli Indonesia yang begitu populer juga di seluruh dunia, wajib anda tahu!

Angklung

Alat Musik Daerah Asli Indonesia
angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik daerah yang berasal dari Jawa Barat. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan dengan mengocoknya. Alat musik daerah Angklung yang sudah terdapat di seluruh dunia telah berhasil mengejutkan penonton di Perancis dan juga yang ada di Amerika Serikat. Angklung pun sudah diakui sebagai warisan Indonesia by UNESCO.

Sasando

Sasando
Sasando

Sadando adalah sebuah alat musik daerah khas dari tanah Rote, Nusa Tenggara Timur, yang dibuat dari daun lontar/kelapa. Alat musik sasando memiliki bentuk layaknya harpa dan dimainkan dipetik laaknya seperti gitar. Sasando telah terkenal sejak konser WOW 2013 yang dilakukan oleh Wonderful Indonesia.

Gamelan

Gamelan
Gamelan

Gamelan adalah alat musik daerah Jawa. Instrumen gamelan juga disukai oleh musisi dunia. Gamelan juga diajarkan dan dimasukkan ke dalam kurikulum di beberapa sekolah di Amerika Serikat dan Selandia Baru.

Kolintang

Kolintang
Kolintang

Kolintang merupakan baris-baris gong kecil yang ditempatkan secara horizontal. Alat musik daerah Kolintang yang berasal dari Sulawesi Selatan. Alat musik Kolintang sendiri memang dimainkan dengan diiringi dengan menggunakan gong dan drum. Alat musik Kolintang telah juga dimainkan sejak lama di negara-negara Malaysia dan Filipina.

Baca juga : Rumah Adat Indonesia

Kendang

Kendang
Kendang

Kendang adalah alat musik daerah yang berasal dari dataran Sunda, tetapi ada yang mengatakan itu dari Jawa Timur. Dijumpai dan menemukan instrumen ini untuk mengiringi tarian tradisional, jazz dan musik kontemporer. Banyak musisi Amerika sudah menggunakan drum sebagai alat musik pengiring.

Tifa

Tifa
Tifa

Alat musik khas Maluku dan Papua ini berbentuk seperti layaknya kendang, tetapi dalam bentuk tabung. Alat musik Tifa dimainkan ketika dipukul. Alat musik Tifa juga sering dihiasi dengan ukiran khas Papua dan Maluku. Tifa mulai dikenal karena banyak turis yang datang ke Maluku dan Papua untuk membawa pulang Tifa sebagai cedera mata atau oleh-oleh.

Saluang

Saluang
Saluang

Saluang adalah alat musik tiup tradisional asli Sumatra barat. Alat musik ini sangat mirip dengan seruling tetapi lebih sederhana karena hanya mempunyai empat lubang berurutan. Dikatakan bahwa pada jaman dulu, pemain dikatakan memiliki mantra yang bisa enghipnotis penonton.

Baca juga : Pakaian Adat Daerah

Aramba

Aramba
Aramba

Alat musik Indonesia ini berasal dari daerah utara Sumatera, tepatnya di Pulau Nias. Jenis suara yang dihasilkan oleh Aramba adalah Ideofon. Aramba dimainkan ketika dipukul dengan instrumennya sendiri, mirip dengan instrumen Gong di pulau Jawa.

Gambus

Gambus
Gambus

Gambus adalah alat musik Indonesia dari Riau. Padahal, alat musik ini identik sekali dengan adat Melayu, yang tentunya penuh dengan nuansa khas budaya Arab. Lute bermain memainkan senar untuk menghasilkan jenis suara chordophone.

Gendang

Gendang
Gendang

Di antara alat musik daerah Indonesia yang lainnya, mungkin gendang merupakan yang paling “Indonesia”. Betapa tidak, instrumen ini mempunyai begitu banyak varian di Indonesia. Sebut saja Gendang dari Yogyakarta, pasti akan berbeda dengan jenis drum lain seperti drum Melayu atau drum Banten. Drum dimainkan dengan cara memukul jenis suara membran.

Bonang

Bonang
Bonang

Bonang merupakan salah satu alat musik daerah asli Indonesia. Bonang sendiri merupakan alat musik yang berasal dari daerah Jawa Timur. Cara bermain Bonang adalah dengan dipukuli untuk menghasilkan suara ideofonik. Instrumen ini hampir selalu tersedia di semua acara Jawa tradisional utama.

Panting

Panting
Panting

Panting merupakan alat musik Indonesia yang asli dari wilayah Kalimantan selatan. Panting adalah alat musik khas adat setempat, suku Banjar. Instrumen ini dimainkan dengan memetik senar untuk menghasilkan suara kordofon.

Kecapi

Kecapi
Kecapi

Alat musik tradisional Indonesia berikutnya adalah Kecapi. Kecapi sendiri merupakan alat musik yang berasal dari daerah Sulawesi Barat. Cara memainkan sitar adalah dengan memilihnya/memetik untuk membuat barisan kordofon.

Baca juga : Peta Jawa Timur

Demikian adalah beberapa alat musik daerah yang dapat menjadi referensi anda tentunya semoga, bermanfaat untuk wawasan anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close