umum

Peta Indonesia Salah Satu Negara Kepulauan Terbesar, Maritim Dan Agraris

Indonesia sendiri memang telah dikenal sebagai negara yang memiliki wilayah yang bisa dibilang begitu luas. Ini bisa dilihat di peta Indonesia, yang memiliki lebih banyak pulau daripada negara lain di Asia Tenggara. Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulauan, negara maritim, negara agraris dan banyak yang lainnya lagi sebutannya.

Ada juga memang salah satu negara yang terdapat di Asia Tenggara memiliki keanekaragaman dan keunikan yang berbeda dengan negara lain di Asia Tenggara. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak turis asing yang berkunjung ke Indonesia bahkan tidak sedikit yang memilih menetap di Indonesia.

Indonesia Salah Satu Negara Kepulauan Terbesar, Maritim Dan Agraris

Indonesia Salah Satu Negara Kepulauan Terbesar, Maritim Dan Agraris
Indonesia Salah Satu Negara Kepulauan Terbesar, Maritim Dan Agraris

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi geografis yang terdapat di Indonesia, yang berbeda dengan negara lain yang ada di dunia.

Geografi Indonesia

Ibukota di Jakarta ini memiliki lokasi yang bisa dibilang sangat strategis. Indonesia berada di antara 6º LU-11º08 lintang dan 95º BT-141º BT, yang memiliki luas 1.922.570 km2. Sedangkan jika dilihat luas perairannya mencapai 3.257.483 km2. Ini dapat dilihat dengan jelas di peta Indonesia, yang wilayahnya dikelilingi oleh lautan luas dan terletak di garis katulistiwa.

Baca juga : Pengertian Pancasila

Tentunya dengan jumlah pulau yang dimilikinya, yaitu, 17.504 pulau, hingga 6.000 pulau tidak berpenghuni. Ini karena mayoritas penduduk tinggal di 5 pulau besar, yaitu pulau Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Jawa, dan Papua.

suku indonesia
suku indonesia

Indonesia mempunyai batasan laut dan darat, sehingga sering terlibat dalam konflik dengan negara tetangga. Batas-batas Indonesia ialah sebagai berikut:

  • Utara. Di Indonesia utara, berbatasan dengan negara Samudra Pasifik, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam.
  • Barat. Di barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan negara bagian India.
  • Selatan. Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia dan Timor Timur
  • Timur. Di bagian timur indonesia berbatasan dengan Papua Nugini

Divisi Administrasi Indonesia

Negara-negara dengan sistem pemerintahan presidensial dan negara kesatuan dalam bentuk republik secara administratif dibagi menjadi provinsi-provinsi.

Baca juga : Suku Di Indonesia

Di setiap provinsi terdiri dari kabupaten, dan kabupaten dibagi menjadi kecamatan di tingkat desa. Dengan 34 provinsi dibagi menjadi 416 kabupaten dan 98 kota atau 7.024 daerah di tingkat kecamatan dan / atau 81.626 di tingkat desa.

indonesia kepulauan
indonesia kepulauan

Setiap provinsi memiliki gubernur dan DPRD provinsi. Kabupaten memiliki bupati dan DPRD kabupaten, sementara kota, yaitu walikota dan DPRD kota, dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan.

Baca juga : Wawasan Nusantara

Berikut ini adalah daftar nama-nama provinsi di Indonesia beserta ibukota nya:

  1. Aceh – Band Aceh
  2. Sumatera Utara – Medan
  3. Sumatra Barat – Padang
  4. Riau – Pekanbaru
  5. Kepulauan Riau – Tanjungpinang
  6. Jambi – Jambi
  7. Sumatera Selatan – Palembang
  8. Kepulauan Bangka Belitung – Pangkal Pinang
  9. Bengkulu – Bengkulu
  10. Lampung – Bandar Lampung
  11. DKI Jakarta – Jakarta
  12. Banten – Banten (Serang)
  13. Jawa Barat – Bandung
  14. Jawa Tengah – Semarang
  15. DI Yogyakarta – Yogyakarta
  16. Jawa Timur – Surabaya
  17. Bali – Denpasar
  18. Nusa Tenggara Barat – Mataram
  19. Nusa Tenggara Timur – Kupang
  20. Kalimantan Barat – Pontianak
  21. Kalimantan Tengah – Palangkaraya
  22. Provinsi Kalimantan Selatan – Banjarmasin
  23. Kalimantan Timur – Samarinda.
  24. Kalimantan Utara – Tanjung Selor
  25. Sulawesi Utara – Manado
  26. Gorontalo – Gorontalo
  27. Sulawesi Tengah – Palu
  28. Sulawesi Barat – Mamuju
  29. Provinsi Sulawesi Selatan – Makassar
  30. Sulawesi Tenggara – Kendari
  31. Maluku – Ambon
  32. Maluku Utara – Sofifi
  33. Papua Barat – Manokwari
  34. Papua – Jayapura

Jika dilihat dari jumlah provinsi yang ada di Indonesia, ada 5 provinsi yang mempunyai status yang berbeda-beda yang memiliki otonomi khusus pada tiap-tiap provinsinya. Provinsi-provinsi tersebut memiliki hak istimewa khusus dan tingkat otonomi lebih tinggi daripada provinsi lain.

Lingkungan indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, sehingga tidak jarang disebut “mega biodiversity”. Baik flora dan fauna di Indonesia banyak jenis dan tersebar di seluruh Indonesia.

agraris indonesia
agraris indonesia

Daftar flora identitas provinsi yang terdapat di wilayah Indonesia adalah daftar flora nusantara yang merupakan simbol flora nasional Indonesia.

Baca juga : Pengertian Negara

Di setiap provinsi yang terdapat di seluruh Indonesia ada juga kepentingan provinsi yang merupakan identitas masing-masing provinsi di Indonesia. Ini diatur dalam Surat Menteri Dalam Negeri No. 48 tahun 1989 yang mengatur Pedoman untuk penentuan identitas regional flora dan fauna.

Di atas adalah penjelasan dari peta Indonesia, semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close