umum

Sejarah Pembentukan Peta Jawa Timur, Kota, Gunung, Pantai

Peta Jawa Timur adalah peta yang terdapat di Pulau Jawa yang mempunyai wilayah yang begitu luas. Wilayah ini termasuk bagian timur Jawa, yang dikenal mempunyai banyak sekali pemandangan alam yang begitu eksotis. Adapun wilayah barat nya berbatasan dengan Jawa Tengah

Bagian timur berbatasan dengan Pulau Bali, bagian utara adalah Laut Jawa dan bagian selatan berbatasan dengan Samudera Hindia. Area Peta Jawa Timur adalah sekitar 47.922 kmĀ² dengan populasi berdasarkan sensus 2017 lebih dari 42 juta.

Baca juga : Peta Indonesia

Ibu kotanya adalah di Surabaya. Anda sendiri bisa melihat peta Jawa Timur dengan jelas dengan menggunakan peta besar yang dicetak. Di samping itu anda juga bisa melihatnya melalui peta Google dengan sistem zoom yang tentunya akan sangat memungkinkan Anda dalam melihat jauh dan dekat gambar geografis peta.

Peta Jawa Timur mempunyai beberapa hal terkait yang menunjukkan bagaimana ciri-ciri pada peta, termasuk sejarahnya, komponennya dan Kota / Kabupaten yang terkenal di dalamnya. Semua hal ini akan dipelajari lebih dalam bersama dengan bagian-bagian dari artikel ini. Berikut ini dijelaskan satu per satu mengenai pokok-pokok diskusi tersebut.

Sejarah Pembentukan Peta Jawa Timur

Sejarah Pembentukan Peta Jawa Timur
Sejarah Pembentukan Peta Jawa Timur

Sejarah mengenai pembentukan Peta Jawa Timur tentunya sangat berkaitan dengan Peta Jawa pertama Sebastian Munster yang terdapat pada 1540 dan kemudian ditulis oleh Guillaume Le Testupada dimana pada laporannya pada 1555 sebagai salah satu dari pulau paling besar. Pada waktu itu, Jawa dikenal sebagai Java la Gandre (Java Major atau juga disebut dengan Great Java).

Pada 1570, Abraham Ortellius membuat peta dengan judul Indiae Orientalis yang mewakili salah satunya, yaitu Pulau Jawa. Bentuk Jawa pada waktu itu bulat dan tidak sepenuhnya utuh. Kemudian, pada tahun 1580, sebagian Jawa bagian selatan diidentifikasi dan Francis Drake membuat Peta Jawa baru.

Baca juga : Kerajaan Islam Indonesia

Peta Jawa terus berkembang sampai, akhirnya, Henri Chatelain mengidentifikasi deskripsi peta yang lebih akurat dan terperinci pada tahun 1718 Masehi. Pada saat itu, peta pulau Jawa telah dirinci dengan nama kota, gunung, fitur medan , dll. Oleh karena itu, Peta Jawa timur mempunyai banyak daerah baru yang dapat diidentifikasi bersama dengan komponen alami yang dikandungnya.

Komponen Peta Jawa Timur

gunung di jawa timur
gunung di jawa timur

Peta Jawa Timur sendiri mempunyai beberapa komponen yang menunjukkan adanya sebuah karakteristikdari Jawa Timur. Ketika kita membahas semua komponen, itu akan sangat panjang. Oleh karena itu, akan lebih singkat ketika menganalisis beberapa komponen/bagian yang disorot dalam Peta Jawa Timur di bawah ini:

Gunung

Jawa Timur mempunyai banyak gunung yang begitu terkenal. Berikut ini adalah nama-nama gunung dan deskripsinya:

  1. Gunung Bromo
    • Gunung semeru
    • Gunung Ijen
    • Monte Argopuro
    • Gunung lainnya, selain gunung-gunung yang ada di atas, Jawa Timur juga terkenal dengan gunung-gunung lainnya seperti Gunung Kawi, Gunung Lawu, Gunung Raung, Gunung Kelud, Gunung Ngliman, Gunung Arjuno dan gunung kecil yang lainnya.
  2. pantai
pantai jawa timur
pantai jawa timur

Pantai-pantai yang berada di Jawa Timur terkenal sangat indah dan eksotis. Berikut adalah nama-nama pantai dan deskripsinya:

  1. Pantai Papuma Jember
  2. Pantai Klayar Pacitan
  3. Pantai Merah Pulau Banyuwangi
  4. Pantai G Land Banyuwangi
  5. Pantai lainnya, misal Pantai Gua Cino Malang, Pantai Tiga Warna Malang, Pantai Banyu Tibo Pacitan.

Kota / Kabupaten terkenal di Jawa Timur

Kota / Kabupaten terkenal di Jawa Timur
Kota / Kabupaten terkenal di Jawa Timur

Membahas masing-masing kabupaten di provinsi Jawa Timur tentu sangat panjang. Dalam ulasan kali ini tentunya akan lebih pendek dengan kota / kabupaten terkenal sebagai berikut:

  1. Kota Surabaya
  2. Kota Malang
  3. Kota Banyuwangi
  4. Kota Kediri
  5. Kota-kota lain, seperti kota Sidoarjo, kota Ponorogo, kota Madiun, kota Mojokerto, kota Sampang.

Di atas adalah hal-hal yang dapat anda pelajari yang berhubungan dengan Peta Jawa Timur. Ada cerita di balik formasi peta. Selain itu, terdapat juga komponen yang sangat menonjol jika kita lihat pada peta adalah gunung dan pantai yang mempunyai nama dan perbedaan nya masing-masing tentunya.

Baca juga : Wawasan Nusantara

Ada banyak kota di Jawa Timur, secara umum, kota-kota di Jawa Timur disebut juga sebagai Kota Pendidikan dan Pariwisata. Ini karena banyak sektor pendidikan maju di kawasan ini, serta objek wisata alam yang menarik untuk dapat anda kunjungi.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close