umum

Apa Itu Pengertian Etiket dan Contohnya [Lengkap]

Untuk mengetahui perbedaan etika dan etiket yang tidak banyak orang tahu yang mungkin banyak dari kita yang masih memiliki anggapan bahwa “Etika” dan “Etiket” memiliki makna dan arti yang sama. Kedua istilah tersebut memang sama-sama menyangkut mengenai perilaku manusia, tetapi ternyata 2 istilah tersebut memiliki arti yang berbeda, baik dari segi makna, arti dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan dibahas mengenai Apa Itu Pengertian Etiket yang perlu diketahui.

Pengertian Etiket

Pengertian Etiket

Etiket berasal dari Bahasa Perancis yaitu “etiquette” yang artinya sopan santun. Terdapat beberapa definisi dari kata etiket, seperti Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), etiket diartikan sebagai tata cara adat, sopan santun, dan lain sebagainya dalam rangka memelihara hubungan yang baik di antara sesama manusia dalam sebuah lingkungan masyarakat. Etiket bisa diartikan sebagai suatu sikap seperti sopan santun dan aturan lainnya yang mengatur tentang hubungan di antara kelompok manusia yang beradab di dalam pergaulan. Etiket menjadi suatu perilaku seseorang yang dianggap cocok, sopan, pas, serta terhormat yang berkaitan dengan kepribadian orang tersebut, seperti gaya berbicara, gaya makan, gaya berpakaian, gaya tidur, gaya duduk, dan gaya dalam berjalan. Tetapi, karena etiket yang dimiliki seseorang menghubungkannya dengan orang lain, maka etiket menjadi peraturan sopan santun dalam pergaulan, dan dalam hidup bermasyarakat. Jadi etiket berkaitan dengan cara suatu perbuatan, adat, kebiasaan, serta cara tertentu yang menjadi panutan bagi sekelompok masyarakat dalam berbuat sesuatu. Berikut penjelasan dari beberapa etiket.

Baca juga : Apa Itu Etika ?

Pengertian Etiket

1). Etiket hanya berlaku dalam pergaulan saja, artinya etiket hanya berlaku ketika ada orang lain yang menyaksikan perbuatan yang kita lakukan, dan ketika tidak ada saksi mata, maka etiket tidak akan berlaku.

Contoh :

  • Mengangkat kaki ke atas meja, bersendawa, dan berbicara ketika sedang makan bersama orang lain dianggap perbuatan cara makan yang tidak sopan dan melanggar etiket dan tidak boleh dilakukan. Akan tetapi ketika jika perbuatan tersebut dilakukan ketika sedang sendirian dan tidak ada saksi mata maka cara makan yang demikian itu tidaklah melanggar etiket dan boleh dilakukan.
  • Buang angin ketika sedang bersama orang lain meski tidak bersuara dan tidak berbau merupakan perbuatan yang tidak sopan, tetapi jika buang angin meskipun mengeluarkan suara dan berbau akan tetapi pada saat itu tidak sedang bersama orang lain, maka hal itu tidaklah melanggar etiket.

2). Sedangkan Etiket bersifat relative, artinya sesuatu yang menurut suatu budaya dianggap sebagai hal yang tidak sopan, tetapi belum tentu budaya lain memiliki anggapan yang sama. Bisa saja hal itu dianggap sebagai hal yang wajar atau hal yang sopan.

Contohnya seseorang yang memiliki kebiasaan makan tanpa menggunakan sendok dan garpu alias makan dengan menggunakan tangan, bagi sebagian kalangan dianggap sebagai hal yang wajar dan tidak apa-apa dilakukan. Akan tetapi bagi sebagian kalangan lain menganggap hal itu sebagai perbuatan yang tidak sopan.

3). Sedangkan Etiket berkaitan dengan tata cara dari suatu perbuatan yang harus dilakukan oleh manusia. Contoh ketika menyerahkan sesuatu kepada orang lain, hendaknya perbuatan itu dilakukan dengan menggunakan tangan kanan. Dan jika perbuatan tersebut dilakukan dengan tangan kiri, maka dianggap telah melanggar etika.

4). Lain halnya dengan etiket, di mana etiket memandang seseorang dari segi luarnya secara lahiriyah, artinya meski seseorang selalu berpegang pada etiket, akan tetapi ia bisa saja bersifat munafik.

Contoh :

  • Banyak sekali serigala berbulu domba, di luar tampak baik, akan tetapi di dalam hatinya menyimpan berbagai macam niat buruk.
  • Dan, banyak sekali orang yang memiliki penampilan serta tutur kata yang baik, akan tetapi ternyata hal itu digunakan untuk mengelabui orang lain agar niat dan tindak kejahatan bisa berhasil.

Aturan dasar etiket cukup sederhana. Hal ini ada pada budaya berbicara, sopan santun, penampilan rapi, dan kontrol atas emosi Anda. Menurut artikel yang dilansir dari Brightside ada 25 etiket penting yang seharusnya dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Apa Itu Norma ?

Berikut Ini Contoh Etiket Penting

Berikut Ini Contoh Etiket Penting

1. Jika Anda mengatakan, ‘Saya mengundang Anda,’ berarti Anda akan membayar. Jika Anda berkata, ‘Mari kita pergi ke restoran’ maka dalam hal ini, semua orang membayar untuk diri mereka sendiri. Jika seorang pria menawarkan untuk membayar seorang wanita, maka wanita tersebut boleh setuju dan atau boleh tidak setuju.

2. Jangan pernah berkunjung tanpa menelepon terlebih dahulu. Jika seseorang datang untuk berkunjung tanpa peringatan, maka Anda bisa saja sedang mengenakan jubah mandi dan sedang mengeringkan rambut.

3. Jangan meletakkan ponsel di atas meja di depan umum. Jika Anda melakukan hal ini, maka Anda menunjukkan betapa pentingnya peran gawai dalam hidup Anda.

4. Jangan mengundang seorang gadis berkencan jika hanya akan memegang gawai Anda sepanjang malam.

5.  Seorang pria tidak pernah membawa tas tangan wanita. Namun, ia boleh mengambil mantelnya untuk membawanya ke tempat untuk menggantung jas.

6. Jika Anda sedang berjalan bersama dengan seseorang dan teman Anda menyapa orang yang Anda tidak tahu, Anda juga harus menyapa mereka.

7. Kebanyakan orang percaya bahwa satu-satunya cara yang tepat makan sushi adalah dengan menggunakan sumpit. Namun, hal ini benar-benar tergantung. Pria, tidak seperti wanita, bisa makan sushi dengan tangan mereka.

8. Sepatu harus selalu bersih.

9. Jangan melakukan percakapan penting di telepon. Jika Anda membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, lebih baik untuk bertemu dengan mereka secara pribadi atau langsung.

10. Jika seseorang menyinggung, Anda tidak harus membalas atau menaikkan suara terhadap orang yang menghina Anda. Jangan rendahkan diri namun usahakan untuk tersenyum dan tinggalkan orang tersebut dengan sopan.

11. Seorang pria harus selalu berjalan di sebelah kiri wanita. Orang militer menjadi satu-satunya pengecualian, karena mereka harus selalu siap untuk memberi hormat.

12. Para pengendara harus mengingat bahwa menyetir di genangan air sampai mengenai pejalan kaki adalah perilaku amoral.

13. Sembilan hal yang harus dirahasiakan yaitu umur, kekayaan, pertengkaran keluarga, agama, masalah medis, urusan cinta, hadiah, kehormatan, aib dan hal pribadi lainnya.

14. Saat hendak menuju tempat duduk di bioskop, teater, atau aula konser, Anda harus berjalan menghadap orang-orang yang sudah terlebih dahulu duduk. Pria berjalan di depan wanita.

15. Pria tidak boleh menyentuh wanita tanpa permisi. Ini berarti bahwa Anda tidak diperbolehkan untuk memegang tangan seorang wanita, menyentuhnya selama percakapan, dan mendorongnya atau mengambil tangannya di atas siku, kecuali untuk membantu dia untuk masuk ke dalam atau keluar dari mobil, atau menyeberang jalan raya.

16. Jika seseorang memanggil Anda dengan tidak sopan, Anda boleh tidak menjawab. Jadilah contoh perilaku beretiket dengan perilaku sosial yang sopan.

17. Pria yang dibesarkan dengan baik akan selalu menunjukkan rasa hormat terhadap wanita.

18. Di hadapan wanita, pria harus selalu meminta izin jika ingin merokok.

19. Siapapun Anda apakah seorang direktur perusahaan, akademisi, seorang wanita tua, atau mahasiswa. Disaat memasuki ruangan, Anda harus menjadi orang pertama untuk menyapa semua orang di sana.

20. Hormati privasi setiap orang. Orang tua seharusnya tidak membaca surat anak-anak mereka. Pasangan harus menunjukkan rasa hormat yang sama satu sama lain. Memeriksa kantong seseorang untuk mencari surat cinta, surat, dan hal-hal lain adalah tindakan yang sangat tidak sopan.

21. Tidak perlu terlalu memaksa diri dalam fashion. Lebih baik memakai pakaian yang sopan dan layak, meski tidak trendi, daripada terlihat tidak cocok dalam berpakaian.

22. Jika Anda dimaafkan setelah meminta maaf, jangan lagi membahas hal tersebut hanya untuk menjelaskan permintaan maaf. Yang penting adalah Anda tidak lagi mengulanginya di masa depan.

23. Hindari tertawa dan berbicara terlalu keras, serta menatap orang yang tidak dikenal.

24. Jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada orang yang Anda cintai, orang tua, kerabat, dan teman-teman. Mereka membantu Anda bukan karena mereka harus, mereka melakukannya karena ingin. Tunjukkan bahwa Anda menghargai mereka, apapun itu.

Baca juga : Apa Itu Nasionalisme ?

Demikian penjelasan singkat mengenai Apa itu etiket beserta contohnya, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close