umum

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang unik

Sudah melamar kerja kesana – kemari tapi masih belum juga diterima? Cobalah tips sederhana ini, yaitu membuat Daftar Riwayat Hidup anti mainstream yang unik dan menarik sebagaimana contoh riwayat hidup yang disertakan dalam tulisan di bawah ini.

Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang ditolak saat melamar pekerjaan, salah satu diantaranya adalah berkas Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) yang disertakan.

Bukan karena CV tersebut salah dalam penulisan melainkan karena memang tidak dibaca oleh HRD atau pimpinan perusahaan atau tim seleksi calon tenaga kerja baru.

Karena CV tidak dibaca, maka otomatis berkas-berkas lain yang disertakan juga tidak diperiksa. Ujung-ujungnya adalah lamaran Anda ditolak!

Lantas kenapa CV yang sudah ditulis dengan benar tidak dibaca oleh perusahaan? Jawabannya adalah faktor kemanusiaan.

Di tengah sempitnya lowongan pekerjaan ditambah jumlah pengangguran yang terus meningkat, membuat setiap peluang akan diperebutkan beramai-ramai, tidak terkecuali lowongan pekerjaan.

Jadi tidak perlu heran jika setiap kali ada perusahaan yang membuka lowongan kerja, jumlah pendaftar mencapai ratusan bahkan ribuan. Terlebih jika yang membuka lowongan kerja adalah perusahaan nasional yang menyebarkan informasi tersebut di berbagai media di seluruh penjuru tanah air.

Banyaknya jumlah pendaftar ditambah tenggat waktu untuk dapat sesegera mungkin mendapatkan tenaga kerja baru, membuat HRD perusahaan mencari cara yang paling singkat dan efektif yaitu dengan terlebih dahulu melihat CV dari pelamar pekerjaan.

CV yang dibuat dalam bentuk standard ada kemungkinan hanya dilihat sepintas lalu karena sebagian besar pelamar juga melakukan hal yang sama sehingga memungkinkan munculnya perasaan jenuh saat melihat CV yang bentuknya hampir sama.

Disinilah CV yang dibuat unik sebagaimana contoh riwayat hidup yang ada di bawah tulisan ini akan menarik perhatian HRD untuk membacanya dengan lebih detail sebelum akhirnya memeriksa berkas-berkas yang lain.

Sehingga mempelajari dan mempraktikkan contoh riwayat hidup yang unik bisa Anda coba untuk menyiasati kegagalan Anda dalam melamar pekerjaan.

Kenapa Harus Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Unik?

Dengan mempelajari dan mempraktikkan contoh riwayat hidup yang unik, ibarat mencuri perhatian pada pandangan pertama. Tatkala HRD dibuat jenuh oleh ratusan atau bahkan ribuan CV yang bentuknya sama, maka rasa tertarik akan muncul tatkala menjumpai CV dalam bentuk yang berbeda.

Alasan mendasar yang membuat HRD memberikan perhatian khusus adalah si pelamar kerja menunjukkan keseriusannya untuk  bisa diterima dengan membuat Daftar Riwayat Hidup yang unik.

Baca ini juga : Contoh Daftar Riwayat Hidup Melamar Kerja

Sementara pelamar lain dimungkinkan hanya beradu keuntungan dengan melayangkan banyak lamaran ke banyak perusahaan sehingga dalam membuat Daftar Riwayat Hidup terkesan asal-asalan.

Daftar Riwayat Hidup yang unik juga akan membangun citra positif bagi diri si pelamar kerja karena akan membangun asumsi bahwa si pelamar kerja adalah pribadi yang kreatif dan memiliki kemampuan mengoperasionalkan komputer utamanya desain grafis. Hal tersebut tentunya memberikan nilai tambah tersendiri.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang unik

Pada dasarnya membuat Daftar Riwayat Hidup anti mainstream sama saja dengan CV standard pada umumnya karena intinya adalah memberikan informasi yang singkat dan jelas seputar riwayat hidup seseorang.

Bedanya, seperti yang dapat dilihat pada contoh riwayat hidup dalam tulisan ini, hanya terletak pada sisi desain yang berbeda dari  CV pada umumnya. Sehingga pada saat HRD membuka CV tersebut seolah membaca brosur atau selebaran yang tidak hanya memberikan informasi tapi juga sedap untuk dipandang.

Baca juga ini : Contoh surat pengunduran diri organisasi

Namun demikian, karena curriculum vitae sifatnya formal, maka desain grafis dari CV tersebut seharusnya juga memberikan kesan formal dan tidak terlalu meriah dengan berbagai macam warna.

Untuk membuatnya, contoh riwayat hidup pada tulisan ini dapat dijadikan rujukan meskipun tidak harus sama persis dan sebaiknya memang dimodifikasi terlebih dahulu.

Bagaimana jika tidak menguasai desain grafis?

Ada tiga jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut. Pertama meminta bantuan kepada teman, ke warnet atau ke percetakan untuk meminta bantuan dibuatkan CV sebagaimana contoh riwayat hidup pada tulisan ini.

Kedua dengan browsing di internet dan mendownload file-file Daftar Riwayat Hidup anti mainstream. Selanjutnya ubah data yang ada pada file CV tersebut dengan data pribadi Anda.

Ketiga dengan memanfaatkan situs-situs online yang menyediakan berbagai macam template Daftar Riwayat Hidup yang menarik dan pengguna tinggal mengisi template tersebut dengan data pribadinya.

Tidak sulit untuk mencari situs online yang menyediakan template Daftar Riwayat Hidup yang menarik, beberapa diantaranya adalah https://www.LiveCareer.com dan https://www.CVMaker.com.

Ingin tahu seperti apa CV yang unik dan menarik? Berikut 5 contoh riwayat hidup anti mainsteam.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang unik
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang unik
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
riwayat hidup
Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close