umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik dan Benar Secara Lengkap

Sudahkah Anda mengirim surat lamaran kerja dan juga Curriculum Vitae, tetapi belum menerima undangan lagi untuk wawancara? Jika Anda mengalami kondisi ini, mungkin ada yang salah dengan membuat surat lamaran kerja! Bisa juga, Anda melakukannya dengan contoh surat lamaran kerja yang salah. Ini adalah contoh surat lamaran kerja yang sesuai untuk Anda.

Hanya untuk diingat, hanya beberapa kesalahan saat menulis surat lamaran dan CV dapat mempengaruhi evaluasi perekrut. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Baca juga : Contoh riwayat hidup

Tampaknya surat pengantar ini memiliki peran, ya? Tentu saja, keberadaan surat ini tidak berkontribusi sedikit dalam hal lamaran pekerjaan.

Jika demikian, seberapa pentingkah surat pengantar diperlukan dalam setiap aplikasi pekerjaan? Untuk menjawab pertanyaan itu, Penulis telah membuat ulasan untuk Anda. Mari kita lihat contoh surat lamaran pekerjaan berikut:

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik dan Benar Secara Lengkap

Rupanya, surat lamaran memiliki peran yang cukup diperhitungkan karena masih banyak perekrut yang menjadikan surat lamaran sebagai pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Selain itu, banyak perekrut menginginkan surat ini dikirim dalam aplikasi. Menurut sebuah studi oleh CareerBuilder, 49 persen manajer melihat surat lamaran kerja yang baik dan benar sebagai hal yang disukai.

contoh surat lamaran kerja
contoh surat lamaran kerja

5 poin penting mengapa surat ini diperlukan

Ada seorang profesional komunikasi, percaya bahwa surat lamaran adalah kesan pertama seorang pelamar.

Baca juga : Pengerian resume

Buat garis besar lima poin cara penulisan lamaran kerja dalam posting Linkedin mengapa surat pengantar penting.

  • Surat pengantar atau surat pengantar yang dilakukan dengan benar dan benar dapat meyakinkan perekrut jika konten CV atau kurikulum yang Anda buat sudah benar.
  • Dimasukkannya surat pengantar menunjukkan bahwa pelamar dapat mengikuti instruksi sederhana yang terkandung dalam prosedur lamaran kerja.
  • Menulis surat pengantar tidak sama dengan berkomunikasi dengan perekrut jika pengalaman atau keterampilan pelamar relevan dengan posisi yang diminta.
  • Menulis surat pengantar yang baik dan benar mencerminkan keterampilan komunikasi pelamar yang baik.
  • Surat pengantar adalah bukti keseriusan pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan.

Sejauh ini, sudah jelas sekarang, mengapa Anda masih melamar surat lamaran kerja yang baik dan benar? Karena itu, mulai sekarang jangan abaikan peran surat lamaran jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan.

Untuk memenuhi harapan perekrut, ada sejumlah poin yang harus dimasukkan dalam surat lamaran. Apa yang Anda lakukan Lihat ulasan berikut:

Poin yang harus dapat diketahui untuk cara penulisan lamaran kerja

Masih ada pelamar yang melihat sisi surat lamaran. Itu sebabnya tidak sedikit pelamar yang sembarangan membuat surat lamaran.

Di sini Anda harus mengetahui poin-poin penting yang harus ada dalam setiap surat lamaran kerja. Dikutip dari The Balance Careers, berikut adalah poinnya:

Informasi pribadi atau informasi kontak

Poin ini jelas suatu keharusan. Bagaimana perekrut dapat mengetahui surat permintaan ini dari siapa jika informasi pribadi tidak tersedia? Pada titik ini, ada beberapa hal yang harus dimuat.

  • Nama
  • Alamat
  • Telepon atau nomor ponsel
  • alamat email
  • Alamat Linkedin (jika ada)

Letakkan informasi pribadi Anda di tengah surat lamaran kerja Anda dan pastikan alamat email yang dimasukkan masih profesional.

Kemudian, masukkan informasi pesta yang dikirim ke surat lamaran. Dari nama, posisi, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan. Masukkan informasi ini di bawah informasi pribadi Anda dengan posisi di tingkat kiri.

Pengantar/ salam

Setelah menulis informasi pribadi, tulis di bawah ini dalam surat lamaran. Di sini Anda harus tahu kepada siapa salam ini dikirim.

Baca juga : Surat pengunduran diri

Biasanya, ketika Anda melamar pekerjaan online di situs pekerjaan, Anda akan dihubungi atau email akan dikirim ke siapa pun yang lebih baru.

Lengkapi surat pengantar

Pastikan perekrut tahu posisi apa yang dia lamar dan mengapa itu pilihan yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis pengantar ini.

  • Paragraf pertama berisi alasan mengapa Anda menulis surat pengantar dan memberikan informasi spesifik untuk dipertimbangkan oleh perekrut perekrut.
  • Paragraf kedua berisi penawaran Anda kepada perekrut atau perusahaan yang terkait dengan posisi yang Anda lamar. Ucapkan keterampilan Anda dengan singkat dan jelas. Karena itu, isi paragraf ini sangat efektif dalam menarik perhatian perekrut.
  • Paragraf ketiga berisi terima kasih atas kesediaan perekrut untuk membaca surat lamaran dan merekomendasikan agar perekrut menghubungi Anda di kontak yang Anda berikan.

Buat surat lamaran kerja yang baik dan benar, jangan lupa tambahkan bagian penutup

Setelah menunjukkan isi surat pengantar, jangan lupa untuk menulis catatan penutup. Lengkapi sampul dalam bentuk salam dan kemudian nama lengkap Anda. Gunakan salam formal dan hindari salam informal.

Contoh surat lamaran kerja yang salah

Jakarta, 2 April 2019

Hal: Lamaran Kerja

Kepada Yth

Bos PT Tomorrow masih buka

Jakarta

Hormat saya,

Seperti informasi yang saya dapatkan dari PT Tomorrow Still Open, ada tawaran pekerjaan. Saya memiliki keinginan untuk melamar dan mengisi pekerjaan di perusahaan. Bagian yang ingin saya tempati adalah staf produksi PT Tomorrow Still Open.

Izinkan saya memperkenalkan diri pada data berikut:

Nama: Novriadi

Alamat: Jl Serong Kiri Kanan No. 69

Tempat dan tempat. Lahir: Jakarta, 29 Februari 1996

Pendidikan terakhir: menengah

Telp .: 081 234 567 869

Sekarang saya dalam kesehatan yang baik tanpa rasa sakit, kondisi saya sempurna dan gesit di tempat kerja, tentu saja memiliki prinsip kerja yang kuat dan keras. Saya juga menguasai Microsoft Office dengan sangat baik.

Lampiran berikut untuk dipertimbangkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Final Diploma FC yang telah dilegalisir asli
  3. Transkripsi FC Nilai resmi yang dilegalisasi
  4. Kartu Keluarga FC
  5. Sertifikat FC
  6. Surat pengalaman kerja
  7. Ukuran foto 4X6 terbaru

Karena itu, surat lamaran pekerjaan yang saya lakukan ini, saya hargai perhatian dari pimpinan Bapak / Ibu.

Hormat saya

(Novriadi)

Surat lamaran pekerjaan yang baru saja Anda baca adalah contoh surat lamaran yang salah. Surat lamaran model tidak lagi relevan dengan situasi saat ini.

Itu sudah ketinggalan zaman! Karena itu, jangan mencoba melamar pekerjaan dengan surat yang begitu kaya.

Contoh lamaran kerja yang benar

Mas har

Bintaro Raya No. 69, Jakarta – 0812 3333 2222 – mas.har@email.com

2 April 2019

Budi ok

Perekrut

PT Tomorrow Terbit

Jalan Agung, Jakarta 12560

Bapak Budi yang terhormat

Sebagai informasi di situs kerja PenginKerja.com, saya menulis surat ini dengan maksud melamar posisi Content Writer di PT Tomorrow Terbit atau Tomorrow Terbit.id. Saya menyertakan CV dan dokumen lain yang dapat Anda tinjau untuk dipertimbangkan.

Sebagai informasi, saya memiliki pengalaman dan kemampuan untuk menghasilkan konten kreatif untuk media digital atau cetak. Saat ini saya masih bekerja di BeritaBaru.com sebagai jurnalis.

Sementara di BeritaBaru.com saya menghasilkan banyak berita dan melakukan wawancara dengan berbagai sumber. Sekarang saya terbuka untuk menerima peluang yang lebih besar yang kemudian dapat berkontribusi pada perusahaan dan saya sendiri.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya akan menunggu kabar baik dari Pak Budi dengan mengirimkannya ke 0812 3333 2222 dan ke alamat email mas.har@email.com.

Salam

Mas har

Contoh surat permintaan yang baru saja Anda baca ditulis berdasarkan poin-poin yang disajikan di atas. Dalam surat tersebut setiap bagiannya dapat melihat bagaimana isinya mencoba meyakinkan perekrut jika pelamar adalah orang yang tepat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close