umum

Pengertian Wawasan Nusantara : Prinsip, Implementasi, Tujuan, Aspek Dan Fungsi

Apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara? Definisi dari wawasan nusantara adalah perspektif dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri mereka sendiri dan bentuk geografis mereka berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menghormati dan memprioritaskan keanekaragaman dalam mencapai tujuan nasional.

Secara etimologis sendiri memang kata wawasan nusantara sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu Wawas, Nusa dan Antara. Sedangkan arti kata wawas ialah pandangan, tinjauan, penglihatan indrawi. Kata Nusa sendiri yang mengartikan pulau atau satuan pulau, sedangkan Antara sendiri mengartikan sebagai dua benua dan dua samudera.

Baca juga : Pengertian Negara

Jadi pengertian wawasan nusantara ialah perspektif bangsa Indonesia tentang kesatuan pulau yang terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) dan 2 samudera (pasifik dan samudera Hindia).

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara sendiri mempunyai dasar hukum yang sudah diterima sebagai konsepsi politik kewarganegaraan sehingga tercantum pada:

  1. Tap MPR. No IV / MPR / 1973 pada 22 Maret 1973
  2. Tap MPR. No. IV / 1978/22 / Maret / 1978 / tentang GBHN
  3. Tap MPR. No II / MPR / 1983/12 / Maret / 1983

Definisi persepsi tentang wawasan nusantara menurut para ahli

Untuk anda dapat lebih paham makna wawasan nusantara, kita bisa berkonsultasi dengan pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pemahaman tentang wawasan nusantara menurut para ahli:

1. Prof. Wan Usman

Menurut Prof. Wan Usman, memahami wawasan nusantara adalah perspektif bangsa Indonesia pada diri mereka sendiri dan tanah air mereka sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam.

2. Samsul Wahidin

Menurut Samsul Wahidin, pengertian wawasan nusantara adalah cara melihat, bagaimana memahami, bagaimana hidup, bagaimana berperilaku, bertindak, berpikir dan berperilaku untuk bangsa Indonesia sebagai hasil dari interaksi proses psikologis dan sosiokultural dalam arti luas dengan aspek-aspek tanduk yang menyenangkan.

Fungsi wawasan nusantara

Merujuk pada pengertian wawasan nusantara sebelumnya, fungsi utamanya adalah sebagai panduan, panduan, referensi bagi bangsa Indonesia di negara tersebut. Fungsi wawasan nusantara bisa anda kelompokkan menjadi  4 kategori, yaitu:

Baca juga : Pengertian Demokrasi

1. Sebagai visi pembangunan

Persepsi wawasan nusantara memiliki peran dalam pembangunan Indonesia. Beberapa elemen termasuk kebijakan sosial, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan nasional dan ekonomi dan sosial ekonomi.

2. Sebagai konsep ketahanan nasional

Memahami wawasan nusantara berfungsi sebagai konsep jaminan sosial yang memainkan peran penting dalam perencanaan pembangunan, pertahanan keamanan regional dan nasional.

3. Sebagai visi pertahanan dan keamanan

Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional yang mengarah ke visi geopolitik Negara Indonesia. Pandangan ini mencakup tanah air dan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Sebagai wawasan kewilayahan

Pengetahuan tentang negara kepulauan berfungsi untuk memahami pengetahuan teritorial Indonesia, termasuk batas teritorial Indonesia untuk menghindari kemungkinan perselisihan dengan negara lain.

Tujuan dari wawasan nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara
Pengertian Wawasan Nusantara

Setelah memahami gagasan tentang visi nusantara dan fungsinya, tentu saja, kita juga ingin tahu apa tujuannya. Secara umum, tujuan dari wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan cinta nasional dari semua aspek kehidupan Indonesia.

Baca juga : Arti Lambang Pancasila

Tujuan ini diungkapkan oleh tindakan dan perilaku orang Indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan pribadi, kelompok dan kelompok, kepentingan etnis atau regional, dan agama.

Latar belakang dan aspek persepsi wawasan nusantara

Wawasan nusantara dimotivasi oleh beberapa aspek penting yang membentuk sebuah dasar. Berikut ini adalah informasi latar belakang nusantara:

1. Aspek filosofi Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Di Pancasila ada nilai-nilai yang menjadi referensi berdasarkan ide-ide nusantara, yang meliputi:

  • Hak asasi manusia, salah satunya adalah kebebasan bagi masyarakat untuk merangkul dan menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinan mereka.
  • Kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau kelompok.
  • Melakukan musyawarah untuk mencapai konsensus.

2. Aspek regional Nusantara

Lokasi geografis Indonesia adalah aspek regional kepulauan yang terkait erat dengan kekayaan sumber daya alam, kelompok etnis dan keanekaragaman budaya di Indonesia.

3. Aspek sejarah Indonesia.

Pembentukan Negara Kesatuan Indonesia telah melalui proses yang panjang dan pahit. Rakyat Indonesia tentu tidak ingin pengalaman sejarah itu diulang dan mengakibatkan perpecahan.

Baca juga : Pengertian Pancasila

Dengan begitu, kemerdekaan yang kita miliki sekarang harus dijaga dan seluruh masyarakat harus melindungi wilayahnya.

4. Aspek sosial budaya

Indonesia mempunyai ratusan kelompok etnis dengan budaya, bahasa, adat istiadat, dan agama yang berbeda. Keragaman ini berpotensi menimbulkan konflik dalam interaksi masyarakat. Itulah sebabnya masyarakat harus memahami gagasan visi nusantara dan mengubahnya menjadi panduan dalam hubungan interaksi di masyarakat.

Hakikat wawasan nusantara

Dalam hal ini memang hakikat wawasan nusantara adalah integritas nusantara dalam arti bahwa perspektifnya selalu integral dalam nusantara demi kepentingan bangsa dan negara. Semua orang Indonesia, baik pejabat pemerintah dan warga negara, harus berpikir, berperilaku dan bertindak untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia. Semua produk yang diproduksi oleh lembaga negara berada dalam ruang lingkup dan kepentingan Indonesia tanpa membatalkan kepentingan daerah, kelompok dan individu.

Jadi, hakikat wawasan nusantara adalah integritas dan kesatuan wilayah nasional, atau kesatuan bangsa dan wilayah. Poin-poin Skema Kebijakan Negara (GBHN) juga menyatakan bahwa sifat visi nusantara dimanifestasikan dalam deklarasi bahwa nusantara adalah entitas ekonomi, politik, sosial budaya dan keamanan pertahanan.

Prinsip/asas tentang wawasan nusantara

Prinsip wawasan nusantara adalah aturan atau kondisi dasar yang harus dihormati, dijalankan, dan dipertahankan oleh semua elemen masyarakat untuk menjaga perdamaian dan keseimbangan di Indonesia secara keseluruhan.

Apa prinsip-prinsip wawasan nusantara? Berikut penjelasannya:

1. Tujuan dan minat yang sama

Orang Indonesia memiliki tujuan dan minat yang sama di negara ini. Sebuah contoh dapat dilihat ketika semua orang Indonesia menginginkan kemerdekaan dan berperang melawan penjajah bersama.

2. Keadilan

Semua elemen masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan rasa keadilan dalam keragaman aspek berkehidupan negara, baik itu secara hukum, ekonomi, politik maupun sosial.

3. Kejujuran

Kebenaran dan kejujuran saat berpikir dan bertindak adalah prinsip dasar mengenai wawasan nusantara memang terasa sangat penting. Keberanian untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan fakta dan kenyataan sesuai dengan ketentuan yang dilakukan demi kemajuan.

4. Solidaritas

Sikap solidaritas adalah bentuk kepedulian terhadap orang lain, mau berbagi dan berkorban untuk kepentingan yang lebih besar. Sikap ini harus dilakukan oleh masyarakat Indonesia tanpa menghilangkan karakteristik dan karakter masing-masing budaya.

5. Kerjasama

Pengetahuan tentang tujuan dan kepentingan bersama akan mengarah pada kerja sama dan koordinasi antara unsur-unsur masyarakat. Kolaborasi dan koordinasi ini didasarkan pada kesetaraan untuk meningkatkan efektivitas pencapaian tujuan bersama.

6. Kesetiaan

Kesetiaan adalah awal dari visi nusantara, yang merupakan tonggak penting dalam penciptaan persatuan dan kesatuan suatu negara. Loyalitas dapat dicapai dengan mengimplementasikan berbagai kegiatan sesuai dengan aturan dan dengan tujuan kemajuan bangsa dan negara.

Implementasi dalam wawasan nusantara

Kita bisa melihat implementasi atau penerapan wawasan nusantara dalam masyarakat dan kehidupan bernegara di Indonesia. Berikut ini adalah implementasi dari ide-ide nusantara:

Baca juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

1. Bidang politik

Implementasi ide-ide nusantara di bidang politik meliputi:

  • Implementasi kehidupan politik (membaca: pemahaman politik) di Indonesia telah diatur dalam UU, misalnya UU tentang Partai Politik, UU PEMILU dan lainnya. Contoh implementasi ide-ide nusantara di bidang politik adalah pelaksanaan Pemilihan Umum yang melaksanakan demokrasi dan keadilan.
  • Hukum yang berlaku di Indonesia adalah panduan dalam implementasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Mempertahankan dan mengembangkan sikap pluralisme dan hak asasi manusia untuk menyatukan keragaman di Indonesia.
  • Melaksanakan komitmen politik di lembaga pemerintah dan partai politik untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan nasional.
  • Partisipasi Indonesia dalam kebijakan luar negeri, serta penguatan korps diplomatik untuk melindungi seluruh wilayah Indonesia.

2. Ekonomi

Implementasi ide-ide nusantara di bidang ekonomi meliputi:

  • Orientasi bidang ekonomi ini adalah di sektor pemerintah, industri, dan pertanian.
  • Pembangunan ekonomi seimbang dan adil di seluruh wilayah Indonesia sehingga kemiskinan tidak terjadi (baca: pahami kemiskinan) di wilayah tertentu. Otonomi daerah diharapkan dapat menciptakan beberapa upaya keadilan ekonomi.
  • Partisipasi semua orang Indonesia sangat signifikan untuk pembangunan ekonomi. Ini dapat didukung oleh penyediaan layanan kredit mikro untuk mengembangkan usaha kecil.

3. Sosial

Implementasi ide-ide nusantara di bidang ekonomi meliputi:

  • Upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia dan menjadikan budaya tujuan wisata yang menyediakan sumber pendapatan daerah atau nasional.
  • Menjaga keragaman Indonesia, baik dari segi budaya, bahasa dan status sosial, dan mengembangkan harmoni dalam kehidupan masyarakat.

4. Bidang pertahanan dan keamanan.

Implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dan keamanan adalah:

  • Meningkatkan disiplin diri, menjaga lingkungan sekitar dan memberi tahu pihak berwenang tentang beberapa hal yang mengganggu keamanan.
  • Meningkatkan rasa persatuan dan solidaritas pada anggota masyarakat, baik di dalam suatu daerah maupun di berbagai daerah.
  • Pembangunan sarana dan prasarana untuk kegiatan keamanan di wilayah Indonesia

Demikian adalah definisi lebih detail dari wawasan nusantara yang bisa menjadi bahan referensi anda terima kasih semoga dapat bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close