Teknologi

Kriteria Smartphone Cocok Untuk Bermain Game

Semakin canggihnya tekhnologi yang dimiliki ponsel, membuat fungsi dari gawai yang satu ini tidak lagi hanya sebatas alat komunikasi, tapi telah mengalami perluasan fungsi salah satu diantaranya dengan menjadikan smartphone untuk bermain game. Hal itulah yang membuat angka penjualan console game dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Perluasan fungsi dengan menjadikan smartphone untuk bermain game tersebut menjadi semakin berkembang pesat karena munculnya vendor-vendor yang menciptakan game-game khusus untuk dimainkan di perangkat ponsel.

Tidak heran jika ada sebagian orang yang dengan sengaja membeli lebih dari satu ponsel, satu digunakan sebagai sarana komunikasi sedang ponsel yang satunya lagi khusus untuk bermain game.

Kenapa harus menggunakan ponsel yang berbeda? Pertama, agar saat bermain game tidak terhenti karena harus menerima telepon. Kedua, agar bisa bermain game dengan nyaman, karena pada kenyataannya memang tidak semua ponsel dapat digunakan untuk bermain game dengan sempurna.

Jika kenyamanan saat bermain game yang menjadi alasan utama, maka jangan asal comot saat membeli ponsel. Pilihlah, smartphone untuk bermain game dengan spesifikasi sebagaimana tersebut di bawah ini:

  • CPU atau Prosessor

CPU memiliki fungsi yang sama dengan otak manusia. Semakin cerdas otak seseorang, maka semakin banyak data yang mampu disimpan dan semakin banyak persoalan yang dapat dipecahkan.

Begitu juga dengan CPU, semakin canggih prosesor yang ditanamkan, maka akan semakin lengkap jenis data yang bisa disimpan sekaligus diaplikasikan. Karena itu, agar bisa memainkan berbagai jenis game, bahkan yang berkualitas HD, pilihlah smartphone dengan prosessor yang handal.

Baca ini juga :

  1. Memilih Smartphone sesuai kebutuhan
  2. Memilih Smartphone Bekas

Smartphone untuk bermain game setidaknya harus ditunjang oleh dapur pacu dengan processor minmal Quad Core atau yang memiliki 4 inti (4 prosessor dalam satu chip). Menjadi lebih baik lagi jika processor yang disematkan lebih besar seperti Octa Core atau Deca Core.

  •  RAM

Kualitas game untuk smartphone saat ini sudah banyak yang hampir menyamai game konsol, sehingga butuh memory yang besar untuk memainkannya. Jika kapasitas RAM pada smartphone terlalu kecil, game dengan ukuran yang besar tersebut tidak dapat dimainkan, atau kalaupun dapat dimainkan, jalannya akan lambat atau terjadi lag. Untuk itu, pilihlah smartphone untuk bermain game dengan kapasitas memory atau RAM di atas 2 GB.

  • GPU

Smartphone untuk bermain game tentunya harus mampu menghadirkan tampilan grafis yang tidak kalah kualitasnya dari monitor/LCD CPU. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan GPU dengan kualitas yang setara dengan kartu grafis pada CPU.

Agar tampilan grafis sesuai dengan yang diharapkan, pilihlah smartphone untuk bermain game yang dilengkapi GPU yang dikenal handal dan memiliki kualitas yang bagus dalam menampilkan grafis, seperti Mali, PowerVR atau Adreno. 

  • Layar

Kenyamanan dalam memainkan game sangat dipengaruhi oleh keberadaan layar, baik dari sisi ketajaman maupun ukurannya. Layar yang tajam membuat detail gambar tersaji dengan sempurna, sementara ukuran layar yang besar membuat jari-jemari lebih leluasa saat memencet tombol virtual.

Karena itu, dalam memilih smartphone untuk bermain game sebaiknya memilih layar yang memiliki bentang tidak kurang dari 5 inch, dan dengan resolusi minimal full HD, dan game akan telihat semakin sempurna jika kualitas layar berkapasitas Quad HD atau Ultra HD.

Selaoin itu, hindari smartphone yang memiliki bobot terlalu berat, agar tangan dan jemari tidak mudah lelah saat memainkannya.

  • Storage

Storage atau ruang penyimpanan yang luas pada smartphone memungkinkan pengguna untuk mengoleksi berbagai macam game dengan ukuran yang berat. Karena itu pilihlah smartphone untuk bermain game yang memiliki ROM tidak kurang dari 16 GB, dan abaikan penambahan kapasitas memory menggunakan microSD. Kenapa demikian? Karena banyak game yang butuh untuk diinstal sebelum dapat dimainkan, sehingga mau tidak mau akan memakan kapasitas internal memory.

Demikian beberapa spesifikasi yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli smartphone untuk bermain game. Aplikasi edit foto ala selegram(*)

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close