Teknologi

Manfaat E-learning Dalam Proses Belajar Mengajar

Pesatnya kemajuan teknologi merambah ke berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan melalui metode belajar Elektronik Learning atau e-learning. Manfaat e-learning pun langsung bisa dirasakan, karena revolusi sistem pembelajaran dari metode konvensional ke metode digital lebih banyak memberikan pengaruh positif dibandingkan pengaruh negatif.

Inilah beberapa manfaat e-learning dalam proses belajar mengajar:

  • Efisien dan Praktis

Manfaat e-learning yang pertama adalah membuat aktifitas belajar – mengajar menjadi efisien dan praktis. Sebagai contoh, media pembelajaran yang dibuat secara manual cenderung mudah rusak dan tidak bertahan lama. Berbeda dengan media pembelajaran yang menggunakan media elektronik, karena disimpan dalam bentuk file dan dapat digandakan dalam jumlah yang tidak terbatas membuatnya awet dan kalaupun rusak atau terhapus, tinggal menggantinya dengan copy file.

model pembelajaran e-learning
model pembelajaran e-learning

Media pembelajaran tersebut juga sangat mudah ditampilkan bersama materi ajar di hadapan para siswa, karena cukup dengan menyalakan komputer atau laptop serta menghubungkannya dengan proyektor.

  • Kontekstual dan Lebih Realistis

Menjadikan pembelajaran lebih realistis dan kontekstual, itulah manfaat e-learning bagi siswa saat guru memanfaatkan video sebagai media pembelajaran. Dengan melihat secara langsung lewat tayangan video, materi ajar tidak hanya dipahami dalam konsep abstrak oleh siswa, melainkan dalam bentuk yang nyata dan kontekstual.

  • Hemat Biaya

Dalam proses pembelajaran manfaat e-learning dapat menghemat biaya operasional karena guru tidak perlu bersusah payah membuat media pembelajaran, sebab berbagai bentuk media pembelajaran digital dapat diunduh di internet. Jadi yang dilakukan guru hanya sebatas searching pada mesin pencari untuk berburu media pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar yang akan disampaikan.

Baca juga ini :

  1. Perkembangan teknologi informasi
  2. Manfaat Teknologi Digital
  •  Siswa Lebih Peka Teknologi

Menggunakan komputer, laptop dan smartphone yang terkoneksi dengan internet merupakan aktifitas wajib bagi siswa dalam metode e-learning. Karena hampir setiap waktu bersentuhan dengan teknologi maka tingkat kepekaan terhadap teknologipun semakin terasah. Sehingga siswa tidak hanya terhindar dari gaptek (gagap teknologi) tapi bahkan terus tergelitik untuk mengetahui perkembangan teknologi terkini. Disitulah manfaat e-learning terkait kepekaan siswa terhadap teknologi.

  • Pembelajaran Lebih Menyenangkan

Suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, itulah manfaat e-learning berikutnya karena aktifitas belajar mengajar tidak hanya dilakukan lewat tatap muka, melainkan juga lewat penggunaan media pembelajaran yang disajikan dengan model penyampaian yang mudah dipahami ditambah ilustrasi foto dan gambar penunjang serta video yang memiliki relevansi dengan materi ajar.

E-learning Dalam Proses Belajar

Bila perlu, akfititas belajar – mengajar juga diselingi dengan pemutaran film bertema pendidikan yang memuat pesan-pesan positif atau mengandung unsur yang erat kaitannya dengan materi pembelajaran. Penggunaan audio visual tersebut selain menciptakan suasana belajar lebih menyenangkan juga membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan guru.

  • Pembelajaran Lebih Konkrit

Metode ceramah cenderung mengajak siswa berpikir abstrak sehingga sulit untuk dapat memahami materi yang diajarkan. Manfaat e-learning membuat konkrit sesuatu yang abstrak dengan memaparkan teori yang disertai gambar serta video penunjang. Cara ini lebih efektif karena siswa akan memperoleh pengalaman belajar yang lebih berkesan, lebih variatif dan lebih mudah dipahami.

  • Mempermudah Pelaksanaan Ujian

Manfaat e-learning yang terakhir adalah mempermudah, mempercepat dan meminimalisir kecurangan pada pelaksanaan ujian. Maksud dari ujian bisa ulangan harian, ujian semester sampai dengan ujian nasional. Sebagai contoh adalah pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang sudah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan dilaksanakannya UNBK, biaya pelaksanaan ujian nasional bisa lebih hemat, kecurangan selama pelaksanaan ujian bisa diminimalisir, dan pemeriksaan hasil ujian menjadi lebih singkat dan dengan hasil yang akurat. Membuat Teks Akar Coreldraw

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close