Teknologi

Model dan Spesifikasi Mesin Tusuk Sate | Proses Pembuatan

Mesin Tusuk Sate yaitu sebuah mesin yang berfungsi untuk membuat tusuk sate. Dimana dirancang untuk proses pembuatan tusuk sate yaitu memotong bambu lonjoran sampai proses akhir pembuatan tusuk sate yaitu memoles tusuk sate.

Jika Sate disajikan tanpa tusukan, maka apalah jadinya. Yang pasti akan susah dalam pemanggangannya atau pembakarannya. Bahkan bisa disebut bukan sate, serta akan membuat rasa sate ada yang kurang pas.

Kebanyakan para penjual sate membuat tusuk sate secara tradisional yaitu menggunakan cara manual untuk membuat tusuk sate. Sehingga akan sangat lama prosesnya, lelah pengerjaanya, banyak tenaga kerjanya, serta sedikit hasilnya alias tidak efektif dan juga tidak efisien.

Model dan Spesifikasi Mesin Tusuk Sate Rumah

Saat ini ada banyak yang menyediakan Mesin Tusuk Sate yang akan membantu mempermudah dalam pembuatan Tusuk Sate. Dengan memakai Mesin Tusuk Sate maka akan sangat terbantu dalam membuat tusuk sate.

Mesin Tusuk Sate dirancang serta dibuat oleh tenaga ahli dan berkualitas. Serta menggunakan bahan material yang berkualitas dan bermutu tinggi. Sehingga sangatlah cocok untuk memulai merintis dan mengembangkan usaha tusuk sate. Berikut ini contoh dari spek mesin tusuk sate yang ada.

1. Mesin Pemotong Bambu

Mesin Pemotong Bambu

Mesin Pemotong Bambu yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memotong bambu lonjoran menjadi potongan bambu yang siap untuk dibelah-dibelah.

Spesifikasi Mesin Pemotong Bambu :

ø Gergaji : 10 Inch.
Daya ( Power ) : 1 HP.
Tipe Penggerak : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 V ( AC 1 Phase ).
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Rangka : Besi Siku.
Dimensi Mesin : 625 mm x 420 mm x 600 mm.

Aplikasi dan Penggunaan yaitu untuk memotong bambu lonjoran menjadi potongan bambu.

2. Mesin Irat Bambu

Mesin Irat Bambu

Mesin Irat Bambu yaitu sebuah alat yang digunakan untuk membelah potongan bambu menjadi iratan tipis . Yang kemudian akan digunakan untuk bahan baku kerajinan.

Dengan menggunakan Mesin Irat Bambu dapat mempercepat proses pekerjaan penipisan bambu. Mesin Irat Bambu dilengkapi dengan roll pendorong dan roll pengarah. Yang akan mengarahkan bambu ke arah pisau pembelah serta mengarahkan bambu ke arah pengeluaran.

Spesifikasi Teknis Mesin Irat Bambu :

Kapasitas total : ± 1500 meter/jam
Dimensi : 750 mm x 750 mm x 1050 mm.
Rangka : Besi Kanal UNP 65.
Lebar Bambu Maksimal : 20 mm ( 2 cm ).
Jumlah Pisau : 1 Buah.
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Daya ( Power ) : 1 hp.
Tipe Penggerak : Motor Listrik
Jumlah Roll Penarik : 3 Buah.
Jumlah Roll Pendorong : 3 Buah.
Ketebalan iratan minimal : 1 mm
Panjang maksimal bambu : 70 cm
Aplikasi / Penggunaan : Untuk mengirat atau menipiskan bambu yang telah melalui proses pemotongan atau pembelahan.

Kegunaan Mesin Tusuk Sate

Kegunaan Mesin Tusuk Sate

Mesin tusuk sate berguna bagi para pembuat tusuk sate dan para pedagang sate itu sendiri. Mesin Tusuk sate akan membantu mempermudah pekerjaan para pembuat tusuk sate.

Dengan menggunakan mesin tusuk sate, maka produksi tusuk sate akan semakin cepat, banyak, hemat, dan tentunya sangat efektif juga sangat efisien.

Peluang Usaha Tusuk Sate

Sate menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang tentunya sangat populer di masyarakat. Hampir di semua wilayah Indonesia selalu ada penjual yang menawarkan menu sate. Tentu sangat berpeluang untuk memulai bisnis tusuk sate ini.

Terlepas dari banyaknya penjual sate. Beberapa waktu tertentu masyarakat Indonesia juga merayakan hari besar seperti Idul Adha yang tentunya penjualan tusuk sate akan meningkat.

Perlu untuk diketahui bahwa tusuk sate sangat dicari pedagang sate sebagai salah satu alat pendukung usaha satenya. Secara kualitas mesin tusuk sate elah lolos uji coba dan dipakai oleh para pengusaha tusuk sate.

Bahan Baku Pembuatan Tusuk Sate

Peluang Usaha Tusuk Sate

Untuk bahan baku membuat tusuk sate sebenarnya ada dua jenis yaitu metal dan non-metal. Sedangkan tusuk sate yang sering beredar adalah yang berbahan baku non-material.

Bahan-bahan non-metal tersebut seperti kayu, bambu, lidi, dan masih ada bahan yang lainnya.

Cara Membuat Tusuk Sate

Cara Membuat Tusuk Sate

Membuat tusuk sate memiliki tekniknya. Sehingga tusuk sate yang dihasilkan mempunyai kualitas maksimal dan bernilai jual. Selain itu proses pembuatan tusuk sate juga lebih cepat. Berikut contoh tahapan-tahapan pembuatan tusuk sate dengan mesin tusuk sate.

  • Pemotongan Bambu

    Tahap pertama yaitu pemotongan bambu menurut ukuran tusuk sate yang akan dibuat. Pemotongan bambu dapat dilakukan menggunakan gergaji biasa dan menggunakan mesin pemotong bambu.
  • Pembelahan Bambu

    Setelah bambu dipotong menjadi potongan yang sudah diukur sesuai yang dikehendaki. Potongan bambu di belah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, yaitu bambu yang mempunyai lebar 3-4 cm. Pembelahan dapat dilakukan dengan menggunakan golok ataupun mesin perajang atau mesin pembelah bambu.
  • Pengiratan

    Proses berikutnya adalah proses pengiratan. Belahan bambu yang mempunyai lebar antara 3-4 cm tadi dimasukan ke mesin irat. Sehingga menjadi iratan bambu dengan panjang 15 cm atau ukuran panjang tusuk sate yang dikehendaki dengan lebar tetap antara 3-4 cm namun dengan tebal hanya antara 3 mm – 3,5 mm.
  • Penyerutan

    Setelah bambu diirat menjadi iratan tipis dengan menggunakan Mesin Irat Bambu. Proses lain yaitu penyerutan bambu. Penyerutan dimaksudkan untuk membulatkan hasil iratan bambu menjadi bulat seperti tusuk sate. Serta menghilangkan ruas bambu jika masih ada. Penyerutan lebih baik dilakukan menggunakan mesin serut bambu.
  • Peruncingan

    Tahap terakhir yaitu proses dimana bambu yang hampir berbentuk tusuk sate diruncingkan. Peruncingan dapat dilakukan menggunakan pisau. Namun lebih baik jika menggunakan Mesin Peruncing Tusuk Sate agar lebih cepat dan aman.

Target Pasar Tusuk Sate

Target Pasar Tusuk Sate

Target Pemasaran tusuk sate cenderung ke pedagang sate dan para pemborong. Namun ada kemungkinan bisa dipasarkan di pasar-pasar dan warung atau toko kelontong. Karena tetap ada masyarakat yang membutuhkan tusuk sate.

Banyaknya penjual sate di Indonesia, jika dikhususkan di wilayah-wilayah. Maka tusuk sate ini akan laris. Jika di setiap desa pasti ada penjual sate. Pastinya tusuk sate menjadi barang yang dicari banyak pelaku usaha sate.

Belum lagi jika memasarkan di daerah yang mempunyai makanan khas seperti sate padang atau sate ambal tentu akan meningkat penjualannya.

Baca juga : Jenis Usaha Waralaba

Saat idul Adha juga menjadi waktu yang pas untuk kebutuhan tusuk sate. Hampir seluruh muslim memasak daging kurban dengan masakan sate yang tentunya menjadi peluang untuk usaha. Semoga ulasan mengenai mesin tusuk sate ini menjadi pilihan dalam pengetahuan pembaca.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close