bisnis

Pengertian Oem : Perbedaan Produk Original Dan Kw

Apakah kamu pernah membeli barang atau produk tertentu, tapi barang tersebut bukan barang asli alias KW. Banyak orang yang membeli barang KW dengan alasan karena barang asli harganya sangat mahal. Hal ini bisa karena rasa prestise ataukah memang kebutuhan saja.

Kemungkinan sebagian dari orang mungkin masih kurang begitu familiar dengan istilah mana asli dan mana yang KW. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa itu OEM dan perbedaan antara produk original, OEM dan juga KW, sehingga kamu dapat menentukan produk mana yang sebaiknya dibeli.

Pengertian Oem : Perbedaan Produk Original Dan Kw

Saat membahas tentang produk OEM pada seperti komponen otomotif, maka OEM merujuk pada perusahaan komponen asli, yang mana komponennya tersebut dipasang dan digunakan pada proses pembuatan mobil baru. Namun pada artikel berikut hanya akan lebih fokus dalam membahas produk OEM, sehingga kamu bisa tahu bedanya di mana:

Pengertian OEM, KW dan Original

Pengertian Oem : Perbedaan Produk Original Dan Kw

Original Equipment Manufacturer atau biasa disingkat OEM adalah sebuah barang atau produk yang diproduksi dari sebuah perusahaan yang kemudian dijual kembali oleh perusahaan atau retail yang lainnya dengan menggunakan nama atau brand mereka sendiri. Sehingga jelas keaslian dan juga pemilik barang tersebut.

Baca juga : Pengertian Leasing

Umumnya produk OEM ditujukan untuk perusahaan OEM, yaitu perusahaan yang membangun sebuah sistem komputer contohnya seperti perusahaan Acer, HP, Toshiba, Dell dan sebagainya. Namun pembelian secara individu juga dapat dilakukan, baik untuk tujuan penggunaan secara pribadi maupun untuk dijual kembali. Ketika membahas produk OEM untuk contohnya produk software, perusahaan microsoft merupakan contoh yang paling populer. Microsoft merupakan perusahaan yang menyediakan produk OEM untuk sistem operasi pada aplikasi Windowsnya.

Kamu bisa melihat salah satu contoh diatas, dua produk tersebut adalah sistem operasi windows dengan versi yang sama dengan harga yang sangat jauh berbeda. Bahwa product keys untuk barang OEM lebih murah dibandingkan harga barang original yang dijualkan.

Hal tersebut dikarenakan produk OEM umumnya dikemas dengan menggunakan packing box atau pembungkus yang biasa, tidak seperti pada kemasan original yang dijual pada umumnya. Hal lain yang membuat produk OEM lebih murah karena produk OEM biasanya tidak dilengkapi dengan perangkat tambahan ataupun surat – surat pendukung, sebetulnya hal itu dianggap sangat penting untuk produk tersebut.

Baca juga : Game Battle Royale

Ketika kamu akan membeli sebuah perangkat OEM, jangan heran jika tidak dilengkapi dengan kabel konektor atau pun adapter, instruksi penginstalan, kartu garansi, dan bahkan paket software yang digunakan untuk menjalankan perangkat tersebut. Kamu hanya akan mendapatkan perangkat yang dipesan saja dengan packingan yang biasa. Hal itu bertujuan untuk mengurangi biaya lain dari toko tersebut, sehingga produk yang dijual bisa berbiaya lebih murah. Sudah  tentu hal itu menjadi incaran buat orang yang sedang mencari produk dengan harga murah.

Perbedaan Produk Original, OEM dan KW

Perbedaan Produk Original, OEM dan KW
Perbedaan Produk Original, OEM dan KW

Umumnya terdapat tiga jenis kualitas produk yang dijual dipasaran, seperti produk original, OEM, dan juga KW. Tentu saja ketiga jenis produk tersebut memiliki latar belakang yang sangat berbeda – beda. Produk original merupakan produk yang dijual langsung oleh produsen atau pembuatnya, sesuai dengan standarisasi dari perusahaannya sendiri.

Produk OEM juga merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan produk originalnya namun memiliki standarisasi yang berbeda. Sedangkan produk KW atau biasa disebut replika merupakan produk yang dibuat semirip mungkin dengan produk originalnya namun dengan kualitas dan harga yang berbeda.

Baca juga : Headset Gaming

Apabila ditinjau dari segi kualitasnya barang original memiliki kualitas yang sama dengan OEM. Berbeda jauh dengan produk dengan kualitas KW atau replika. Barang dengan jenis KW lebih mengutamakan bentuk fisik yang hampir mirip dengan produk aslinya walau dengan kualitas yang jauh berbeda dari original.

Perbedaan Produk Original, OEM dan KW
Perbedaan Produk Original, OEM dan KW

Bila ditinjau dari segi harga, tentu barang original yang paling mahal, karena barang original dilengkapi dengan servis jaminan dan dukungan yang lengkap dari perusahaannya. Barang OEM memiliki harga yang sedikit lebih murah, karena barang OEM memiliki jaminan dan dukungan yang terbatas. Dan untuk barang KW atau replika jauh lebih murah dibandingkan harga original, karena barang dengan jenis ini adalah replika fisik dari sebuah barang original.

Berikut ini pembagian jenis produk berdasarkan klasifikasinya:

  1. Original yaitu produk yang dijual langsung oleh suatu produsen atau pembuatnya dengan standarisasi tertentu dari perusahaan.
  2. OEM yaitu produk yang kualitasnya sama seperti produk originalnya namun memiliki standarisasi yang berbeda.
  3. KW yaitu produk replika yang fisiknya dibuat mirip seperti produk originalnya namun kualitas serta fungsinya lebih rendah dibandingkan produk original dan juga OEM.

Pada dasarnya setiap produk original dan produk OEM memiliki kualitas yang serupa. Berbeda dengan produk KW atau replika yang lebih mengedepankan pada tampilan bentuk fisik yang mirip seperti produk original, namun biasanya kualitasnya lebih rendah dari produk asli.

jenis produk oem
jenis produk oem

Dari segi harga, justru produk original umumnya lebih mahal dibandingkan dengan produk OEM dan produk KW. Karena, barang original dilengkapi dengan garansi, jaminan servis, dan juga dukungan lainnya dari perusahaan retailnya.

Baca juga : Tenologi 5G

Sedangkan untuk produk OEM cenderung lebih murah dari produk original karena biasanya terdapat batasan dalam hal garansi juga dukungan terhadap konsumen. Sedangkan produk KW atau replika harganya jauh lebih murah karena lebih mengedepankan tampilan fisik ketimbang fungsi utama dari barang tersebut.

Banyak orang yang menganggap kalau barang OEM kualitasnya tidak sebagus barang original. Ada juga yang beranggapan jika barang OEM merupakan barang ilegal yang dijual dari black market karena harganya yang lebih murah dari barang original. Namun sayangnya anggapan tersebut keliru.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, produk OEM memiliki kualitas yang sama seperti produk originalnya. Namun, produk OEM tersebut tidak dilengkapi dengan fasilitas, fitur, dan layanan seperti produk original.

Produk OEM banyak dijumpai pada produk seperti gadget, perangkat komputer, komponen otomotif, dan berbagai jenis produk lainnya. Contohnya pada perangkat komputer, perusahaan – perusahaan yang membangun sistem komputer seperti Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan lainnya yang merupakan perusahaan retail produk OEM.

Baca juga : Teknologi Ramah Lingkungan

Pada software seperti komputer, Microsoft merupakan salah satu contoh produk dari OEM yang populer. Dalam hal ini, Microsoft merupakan perusahaan produsen produk OEM untuk sistem Operasi komputer Windows, sedangkan Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan perusahaan lainnya merupakan perusahaan retailnya.

Jadi OEM merupakan sebuah produk original tanpa adanya kemasan mewah. Namun yang harus diperhatikan dalam membeli produk OEM yaitu ketelitian karena banyak sekali produk palsu yang mengaku sebagai produk original.

Jika OEM mau dikemas sebagai retail, maka di kemasan tersebut harus dicantumkan indikasi SKU Stock – Keeping Unit dari produk original tersebut baik tipe, model dan pengkodean seperti SKN, ASY, HDW, barcode dan sebagainya yang menentukan secara spesifik setiap produk secara unik, bukannya satu kode yang sama untuk semua tipe dan warna.

Nah, dengan demikian cukup jelas mengenai perbedaan dan pengertian OEM yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close