Kesehatan

7 Tips Pola Hidup Agar Terhindar Penyakit Asam Urat

Novriadi.com – Mungkin banyak diantara kamu yang belum paham betul tentang penyakit asam urat? Biasanya, asam urat tidak akan menunjukkan gejala ataupun tanda-tanda apapun. Gejala baru akan muncul setelah penyakit asam urat sudah kronis. Banyak yang beranggapan jika penyakit asam urat merupakan penyakit turunan yang sulit sembuh, saat seseorang sudah terkena penyakit ini selamanya kamu akan hidup dengan penyakit ini. Tentu saja ini menakutkan penderita asam urat terutama orang dewasa berusia 40 tahun ke atas.

Tapi, saat ini cukup banyak anak muda yang berusia 20 tahun ke atas telah meenderita penyakit asam urat. Biasanya penyakit asam urat pada usia 20 tahun akibat pola hidup yang kurang sehat terutama pola makan yang tidak baik serta aktivitas-aktivitas buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuhnya.

Pola Hidup Agar Terhindar Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat memang susah sembuh, tentu kamu tidak ingin terkena penyakit ini bukan? Demi menghindarinya, kamu bisa mencegah dengan mengubah pola hidup dengan mulai gaya hidup yang sehat sedini mungkin. Berikut beberapa tips pola hidup agar kamu terhindar penyakit asam urat:

Minum Banyak Air

Air putih
Minum Banyak Air

Air putih memegang peranan yang penting jika ingin hidup sehat, terutama untuk mencegah penyakit asam urat. Tapi, selain minum air putih yang banyak, minuman yang disarankan buat mencegah penyakit asam urat yaitu dengan minuman ber-ion serta mengandung mineral. Disarankan untuk setiap hari minum air putih sebanyak 2 liter ataupun 8-12 gelas. Bagi penderita asam urat hindarilah mengkonsumsi minuman bersoda, selain tidak sehat minuman ini mengandung banyak garam sehingga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Membatasi mengkonsumsi makanan yang tinggi purin dan kolestrol

Ikan
Ikan

Asam urat  yang tinggi seringkali disebabkan oleh kinerja ginjal yang tak mampu menyaring dengan baik asam urat. Hal ini dapat dipicu beberapa hal, seperti diabetes, obesitas berkepanjangan, alkohol, obat jenis diuretik, mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi purin. Berikut beberapa daftar makanan serta minuman tinggi purin yang perlu kamu hindari.

Baca juga : Makanan Penurut Asam Urat

  • Aneka keroan, seperti otak, hati, ginjal, dan organ tubuh hewan lainnya yang dapat kamu temukan dalam berbagai olahan.
  • Daging, mulai dari domba, kambing, sapi, serta aging lainnya yang dikonsumsi dalam jumlah besar.
  • Ikan sarden, teri, makarel/ikan kembung, haring, serta kerang.
  • Mengkonsumsi kuah daging kental secara berrlebihan
  • Bir serta minuman beralkohol

Penelitian menyatakan jika makanan tinggi purin, apalagi yang berasal dari hewan, akan meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Jadi kurangilah mengkonsumsi makanan agar kamu terhindar dari penyakit asam urat.

Memperbanyak konsumsi buah

Tips Pola Hidup Agar Terhindar Penyakit Asam Urat
Memperbanyak konsumsi buah

Salah satu cara mencegah tkadar asam urat dalam tubuh yang tinggi adalah mengkonsumsi buah yang sangat kaya akan nutrissi seperti buah strawberry, ceri, kersen, duku, beelimbing, pisang, lemon, jeruk nipis, apel, buah naga, dan sebagainya. Dengan rutin mengkonsumsi buah tersebut kamu bisa terhindar penyakit asam urat. Untuk kamu yangvsudah terlalu kena, kamu bisa rutin mengkonsumsi buah ceri yang bisa menurunkan kadar asam urat  yang tinggi dalam tubuh. Ini dikarenakan buah ceri memiliki  zat anti inflamasi serta zat antosianin tinggi, buah ceri baik dikonsumsi setiap hari sebanyak 200 gr.

Memperbanyak konsumsi sayur

Sayur
Sayur

Selain mengkonsumsi buah-buahan, untuk mencegah asam urat sangat disarankan untuk memperbanyak  sayuran hijau. Tentu saja kamu harus memilih jenis sayuran sehat yang tidak tinggi purin. Bahkan ada beberapa sayuran yang baik dikonsumsi penderita asam urat seperti  timun, seledri, sawi hijau, wortel, jamur, bayam, brokoli, kangkung dan sebagainya.

Sedangkan sayuran yang  dipercaya mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh ada banyak. Salah satunya daun seledri yang kaya akan kandungan quercetin dan asam fenolik yang mampu melindungi persendian agar tidak terjadi pembengkakan. Selain itu kamu bisa mengkonsumsi kentang yang rendah purin serta kaya vitamin C, yang mampu mengurangi kadar asam urat tinggi dalam tubuh dan masih banyak sayuran lainnya.

Berolahraga

Berolahraga
Berolahraga

Berolahraga bisa menjadi salah satu cara merhindar penyakit-penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh salah satunya adalah penyakit asam urat. Dengan berolahraga kamu bisa mencegah serta menghambat kambuhnya asam urat. Kamu disarankan berolahraga dengan teratur dan rutin sebanyak 3-4 kali seminggu. Akan lebih baik pada pagi hari sekitar pukul 06.00 sampai 08.00 karena akan membakar lebih banyak kalori serta membuat tubuh lebih terasa segara. Berikut beberapa olahraga yang cocok kamu coba untuk mencegah terkena penyakit asam urat.

Senam ringan

Senam ringan
Senam ringan

Senam ringan akan menjaga sendi sehingga tetap fleksibel serta mudah bergerak guna mengurangi kekakuan. Caranyaa pun cukup simpel, kamu cukup melakukan beberapa gerakan seperti memutar kepala dan leher, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.

Yoga

Yoga
Yoga

Yoga selain menjaga kelenturan tubuh, olahraga ini juga bermanfaat mencegah asam urat. Gerakan yoga akan meningkatkan kekuatan otot serta menjaga kelenturan tubuh. Tidak hanya itu, yoga bisa membuat pikiran jauh lebih tenang serta memungkinkan kamu bisa tidur lebih nyenyak serta akan merasa bersemangat.

Taichi

Taichi
Taichi

Siapa yang tidak mengenal olahraga ini, olahraga taici merupakan salah satu cara untuk meningkatkan serta mempertahankan kekuatan otot. Olahraga ini tergolong ringan karena kamu tidak memerlukan penggunaan beban. Otot yang kuat bisa membantu menghilangkan tekanan sendiserta menguatkan tulang.

Tapi perlu diingat untuk memilih jenis olahraga sesuai  kondisi atau kemampuanmu agar tidak menyulitkan saat sedang erolahraga.

Memperbanyak minum susu

minum susu
minum susu

Cara lainnya mencegah penyakit asam urat adalah dengan memperbanyak minum susu. Susu terbukti ampuh menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Tapi disarankan untuk menghindari susu kedelai. Karena beberapa enelitan menyatakan jika susu kedelai justru akan meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Apalagi untuk untuk orang-orang yang telah mengalami penyakit asam urat. Bagi penderita asam uraat yang ingin menurunkan kadar asam urat disarankan untuk minum segelas susu setiap harinya.

Mengendalikan Stress

Mengendalikan Stress
Mengendalikan Stress

Stress berlebihan ternyata bisa memicu timbulnya penyakit asam urat. Jadi untuk penderita asam urat, kamu harus pintar-pintar mengendalikan diri, usahakan agar tidak terlalu stress secara berkepanjangan.

Asam urat tinggi seringkali tidak selalu diserta gejala, jadi salah satu langkah tepat yang dapat di lakukan yaitu mencegahnya. Kamu harus lebih bijaksana dalam memilih serta mengonsumsi makanan setiap harinya.

Jangan terlalu sering mengkonumsi makanan tinggi purin, karena penyakit asam urat dappat terpicu. Selain itu ada beberapa faktor seperti keturunan serta  gangguan kesehatan lainnya, seperti penyakit psoriasis. Jika kamu merasakan beberapa gejala asam urat, dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter guna mengetahui penyebab tingginya asam urat serta mendapatkan penanganan yang sesuai.

Itulah 7 tips pola hidup untuk menghidari penyakit asam urat. Walaupun mmasih muda, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat. Karena pola hidup sehat akan memberikan keuntungan lainnya yang sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidupmu.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close