Kesehatan

7 Makanan Penurun Asam Urat Tinggi Terbukti Ampuh

Novriadi.com – Asam urat yang tinggi menjadi salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, bisa menyerang anak muda ataupun yang sudah tua, bisa menyerang laki-laki ataupun perempuan. Penyakit asam urat seringnya menyerang persendian bahkan menyebabkan pembengkakan pada sendi. Asam urat yang tinggi akan berbahaya bagi tubuh jika tidak segera ditangani. Bahkan penyakit ini bisa menyerang wanita yang sedang hamil. Untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil, kamu disarankan untuk menghindari minuman serta makanan yang memiliki kadar zat purin tinggi dan lebih memperbanyak mengonsumsi makanan penurun kadar asam urat.

7 Makanan Penurun Asam Urat

Bahkan untuk kamu yang tidak memiliki riwayat penyakit asam urat, entah sedang hamil ataupun tidak, apalagi jika kamu di diagnosis mengalami penyakit asam urat, lebih baik menghindari makanan tinggi zat purin. Untuk penderita asam urat yang terlanjur kronis, diharuskan menjaga pola makan agar kadar asam urat selalu stabil dan normal dengan rutin mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan asam urat didalam tubuh. Penasaran kan makanan apa saja yang bisa menurunkkan kadar asam urat?

Baca juga : Obat Tradisional Asam Urat

Rutin Minum Teh

7 Makanan Penurun Asam Urat
Makanan Penurun Asam Urat Tinggi

Jika kamu mempunyai masalah kadar asam urat yang seringkali naik. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa cara guna menurunkan serta mengurangi kadar asam urat dalam tubuhmu, salah satunya adalah dengan mengonsumsi berbagai teh khusus seeperti berikut.

Teh hijau

Teh hijau
Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau dengan rutin ternyata bisa mengontrol hyperuricemia/ kadar asam urat serta menurunkan resiko kamu terkena asam urat. Teh hijau terbukti bisa membersihkan darah yang terakumalasi asam urat menumpuk. Dengan minum teh hijau kamu bisa mengurangi proses peradangan yang terjadi akibat asam urat yang tinggi. Teh hijau juga akan meluruhkan kristal asam urat dan batu dalam ginjalmu.

Teh dandelion

Teh dandelion
Teh Dandelion

Teh dandelion terkenal karena sifat pembersihannya serta diuretik. Ini yang membuat teh ini  sering digunakan sebagai penurun tingkat asam urat. Bahkan teh dandelion meempunyai efek menguntungkan untuk fungsi hati dan ganjil.

Teh Artichoke

Teh Artichoke
Teh Artichoke

Teh artichoke termasuk salah satu tanaman sayuran serta sering menjadi bahan makanan, tapi tanaman ini masih tidak begitu dikenal. Tapi jangan pernah meremehkan khasiatnya, jika kamu merebus tanaman ini serta mengonsumsinya dengan rutin, radang akibat asam urat akan berkurang bahkan teh artichoke bisa membantu mencegah kanker.

Beras Merah

Beras Merah
Beras Merah

Beras merah mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya adalah sebagai karbohidrat tinggi, tapi dengan kadar glukosa dan kalori yang tergolong rendah. Tidak hanya cocok untuk diet, beras merah menjadi salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat tinggi dan menambah energi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit asam urat.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai banyak sekali manfaat, tidak cuma baik buat kesehatan wajah saja, minyak zaitun sangat baik buat kesehatan tubuh serta mencegah kadar asam urat tinggi. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh

Baca juga : Pola Hidup Terhindar Dari Asam Urat

Konsumsi secara langsung

Cara terbaik menggunakan minyak zaitun adalah dengan mengonsumsinya secara langsung, kamu bisa meminumnya secara rutin di pagi serta malam hari. Serta mengonsumsinya saat makan untuk menetralisir zat purin dalam tubuh.

Mencampurkan dengan makanan

Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Kamu juga bisa mengonsumsi minyak zaitun dan mencampurkannya ke dalam makanan, seperti roti, sereal serta makanan lainnya.

Pengganti minyak goreng

Terakhir kamu bisa mengganti minyak goreng menggunakan minyak zaitun untuk mencegah peningkatan asam urat. Hal ini juga bisa membuat kadar asam urat menurun secara perlahan. Bahkan kolesterol dalam tubuh juga akan ikut menurun secara perlahan.

Minyak zaitun mengandung banyak antioksidan, anti inflamasi, serta kaya asam lemak tak jenuh yang sangat membantu dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Tapi ingat untuk mengonsumsi minyak zaitun sewajarnya, tidak boleh berlebihan.

Ikan

Ikan
Ikan

Beberapa jenis ikan diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita asam urat mulai dari salmon, carp/ mas serta makarel. Ikan salmon ini sangat kaya akan kandungan omega 3, bahkan menjadi salah satu ikan yang mempunyai kadar purin rendah serta aman untuk penderita asam urat. Ikan salmon juga kaya akan lemak tak jenuh, hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan penderita asam urat

Selain itu masih ada ikan lainnya yang dianjurkan untuk penderita asam urat yaitu ikan Makerel. Ikan laut ini juga sering disebut ikan kembung ataupun ikan tenggiri. Ikan makarel juga kaya akan Omega 3 sama seperti ikan salmon, bahkan ikan makarel memiliki kandungan purin yang rendah. Kamu bisa mengolahnya berbagai ikan ini dengan cara dikukus ataupun digoreng. Walaupun aman untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Air Jeruk Nipis

Air Jeruk Nipis
Air Jeruk Nipis

Air perasan jeruk nipis bukanlah sesuatu yang sulit kamu temukan, siapa sangka minuman ini menjadi salah satu yang bisa menurunkan kadar asam urat. Dengan meminum air jeruk nipis kamu bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan mudahnya. Kamu cukup meminum sebanyak dua kali sehari secara rutin. Jeruk nipis yang sangat kaya akan vitamin C ternyata sangat baik dalam menurunkan asam urat  tinggi. Bahkan jeruk nipis juga kaya akan asam sitrat yang dipercaya bisa membantu melarutkan asam urat dengan alami.

Mengkonsumsi Sayur

Sayur
Mengkonsumsi Sayur

Mengonsumsi sayur sangat baik dilakukan baik oleh penderita asam urat maupun tidak. Dengan rajin mengonsumsi sayir,  kesehatan tubuh akan terjaga terutama penderita asam urat. Bagi penderita disarankan untuk mengonsumsi seperti brokoli, kentang, terong, seledri, wortel, tomat dan mentimun untuk meenurunkan kadar asam urat. Tapi ternyata, tidak semua sayuran baik dikonsumsi penderita asam urat. Beberapa jenis sayur ini justru dilarang bagi penderita seperti kangkung, asparagus, tauge, dan sebagainya yang tinggi akan purin.

Air Putih

Air Putih
Air Putih

Mengonsumsi air putih merupakan cara yang sangat aman dan paling dianjurkan bagi penderita asam urat. Air putih juga dianjurkan untuk penderita penyakit lainnya bahkan untuk orang normal sekalipun. Air putih sangat membantu dalam proses mengeluarkan racun termasuk asam urat berlebih dalam tubuh. Kamu dianjurkan minum air putih kurang lebih 8-12 gelas setiap harinya dan rutinlah minum saat pagi sebelum sarapan sehingga perut dalam keadaan kosong. Jika kamu rutin mengonsumsi air putih proses detoksifikasi dalam tubuh akan terjaga serta menjaga kadar urine tetap encer agar asam urat tidak menumpuk dalam tubuh serta lebih mudah larut.

Itulah 7 makanan yang direkomendasikan buat dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat. Sangat disarankan kamu mengkonsumsi makanannya secara rutin serta teratur jika ingin hasil yang maksimal. Mulai saat ini, ubahlah pola hidup agar lebih sehat mulai melakukan aktivitas serta mengonsumsi makanan sehat agar kamu terhindar dari penyakit asam urat dan penyakit lainnya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close