Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan Tubuhmu

Apa yang kamu makan akan kembali pada tubuh kamu sendiri. Sehingga saat pola makanmu buruk dan tidak sehat tubuhmu juga akan menjadi tidak sehat juga. Sebaliknya jika kamu selalu mengonsumsi makanan sehat tentu saja semua organ tubuh akan selalu sehat. Ini dikarenakan semua nutrisi serta zat dalam makanan masuk ke dalam tubuh melalui darah yang kemudian diedarkan oleh jantung.

Sama halnya dengan buah buahan yang kamu konsumsi akan membuat jantung, paru-paru dan semua organ lainnya tetap sehat. Salah satu buah yang kaya akan manfaatnya adalah buah naga, buah ini sudah sangat terkenal bahkan sering dianggap sebagai buah ajaib. Buah Naga dianggap buah super tropis bahkan sebagai buah obat-obatan dikarena manfaatnya yang banyak. Buah ini juga dikenal sebagai pitaya, uniknya dibeberapa negara menyebutnya sebagai pir stroberi. Buah ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko. Berikut beberapa manfaat buah naga buat menjaga kesehatan tubuhmu.

Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan
Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kadar vitamin C yang tinggi di dalam buah naga sangat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta juga merangsang aktivitas antioksidan dalam tubuhmu. Sehingga buah naga sangat bermanfaat sebagai MPASI untuk bayi. Menurut sebuah beberapa penelitian, daging serta kulit buah naga baik yang putih maupun yang merah mempunyai kandungan polifenol serta flavonoid yang tinggi sehingga sangat membantu untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

Baca juga : Tips Menangani Vertigo

Buah ini juga kaya akan antioksidan juga bekerja untuk meningkatkan jumlah trombosit. Karena itu dapat mengobati demam berdarah dan membantu cepat pulih. Memiliki sistem metabolisme sehat  dan baik sangat penting sekali jika ingin menjaga kesehatan jaantung. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika rutin mengonsumsi buah naga bisa mencegah kerusakan oksidatif, menstabilkan kadar kolesterol agar selalu normal serta mencegah berbagai efek akibat sistem metabolisme tidak sehat terutama pada wanita.

Tinggi Serat

Buah naga sangat kaya akan oligosakarida, membantu dalam meningkatkan pertumbuhan bakteri pada usus seperti bifidobacteria dan lactobacilli. Bahkan beberapa penelitian tentang prebiotik menunjukkan jika buah ini sangat membantu dalam peningkatkan flora usus sehat, paling penting adalah membuat pencernaan lancar. Buah naga jugaa tinggi akan serat dan sangat baik untuk memperlancar pencernaan. Sehingga buah ini bisa membantu mencegah sindrom iritasi usus, sembelit serta kanker kolorektal.

Baca juga : Makanan Penurun Asam Urat

Membuat jantung bekerja baik

Ada banyak sekali penyakit jantung yang lebih baik kamu cegah. Tapi semua penyakit sangat mudah kamu alami saat tubuh sedang kurang sehat, kamu tidak akan bisa menjaga kesehatan jantung jika pola hidupmu selama ini sangatlah buruk. Buah naga ternyata sangat penting dalam mendukung kerja jantung agar tetap sehat. Ini dikarenakkan buah naga kaya akan kandungan fitonutrien serta flavonoid. Senyawa alami ini sangat penting dalam menjaga aliran darah agar tetap sehat serta memberikan efek jantung lebih normal.

Menurunkan kadar gula

Penderita diabetes tentu sangat penting menjaga asupan serta agar kadar gula dalam tubuh. Sebab kalau terlalu sering mengalami kelonjakan kadar gula darah. Bisa berakibat mengalamuI komplikasi buat jantung. Efek paling buruk jika terus mengalami kondisi ini yaitu memicu kematian akibat serangan jantung mendadak. Dengan mengonsumsi buah naga akan sangat baik dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Dan sangat baik dalam menjaga kondisi jantung agar selalu sehat.

Baca juga : Obat Tradisional asam Urat

Membuatmu terlihat awet muda

awet muda
awet muda

Buah naga merah sangat kaya akan vitamin C sehingga mampu membantumu terlihat awet muda serta menjaga kesehatan kulit dan tubuhmu. Buah naga juga seringkali dimanfaatkan menjadi bahan untuk perawatan tubuh dengan mengolahnya sebagai krim lulur serta sebagainya. Buah ini juga kaya akan beta-karoten yang mampu membantumu merawat kesehatan mata dan membuat penglihatan menjadi sangat baik.

Aliran darah yang lancar

Salah satu syarat mencegag terjadinya serangan jantung yaitu kinerja jantung harus bisa lancar dalam mengedarkan darah sehingga tekanan darah selalu stabil. Dengan peredaran darah yang lancar ini membuat aliran oksigen juga menjadi lebih lancar. Hal inilah yang membuat jantung selalu terjaga dan sehat. Buah naga yang kaya akan kandungan kalium dianggap memiliki peran penting dalam membantu proses peredaran darah. Demi memperlancar peredaran darah makanlah buah naga secara rutin setiap harinya.

Menurunkan tingkat stress

Menurunkan tingkat stress
Menurunkan tingkat stress

Salah satu penyebab terjadinya masalah pada jantung yaitu tingkat stres yang tinggi serta pikiran yang tertekan. Efek ini bisa dikarenakan pekerjaan ataupun masalah lain yang sedang dihadapi. Siapa sangka jika buah naga sangatlah baik dalam menurunkan hormon stres. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang bisa melawan radikal bebas serta menjaga tekanan darah agar selalu stabil. Sehingga mampu meredakan amarah serta membuat pikiran jadi lebih segar. Efek ini juga dapat kamu peroleh jika rutin mengonsumsi strawberry.

Baca juga : Pola Hidup Sehat

Menurunkan berat badan

Buah naga sangat kaya akan kandungan serat, kedua bahan juga bisa menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Obesitas sendiri merupakan pemicu yang sering meembuat jantung tersumbat serta menimbulkan penyakit jantung koroner. Sehingga sangatlah penting bagi orang yang kelebihan berat badan segera menurunkan berat badan, salah satu caranya adalah dengan diet buah ataupun diet sehat lainnya. Buah naga juga dapat membantu jantung lebih sehat serta berat badan yang ideal.

Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan

Pencernaan yang sehat akan mempercepat penurunan berat badan karenaa bisa membantu proses mengasimilasi serta penyerapan nutrisi dengan benar. Selain itu, kamu jadi lebih mudah menghilangkan racun dari tubuh secara efisien. Sehingga membantu meningkatkan metabolisme, dan membuat tubuh membakar kalori secara benar.

Meningkatkan kekuatan jantung

Buah naga yang kaya akan bahan antioksidan juga sangat baik dalam menjaga kesehatan serta kekuatan otot jantung. Peran dari otot jantung sangatlah besar apalagi buat kesehatan jantung keseluruhan. Ini dikarenakan jika terjadinya masalah di otot jantung akan berpengaruh besar pada kekuatan jantung serta memperlemah otot jantung, penyumbatan pada jantung serta gangguan irama jantung. Jadi sangat penting sekali menjaga otot jantung dengan mengonsumsi buah naga.

Mencegah terkena stroke

Hubungan antara penyakit jantung dengab stroke memang sangatlah kuat. Siapa sangka jika rutin makan buah naga ternyata bisa membantu mencegah stroke. Kondisi ini karena kandungan senyawa fitonutrien pada buah naga yang berperan penting dalam menghambat terjadinya plak, serta menjaga otot jantung agar sehat bahkan membantu mengurangi risiko terjadinya penumpukan kolesterol.

Buah Naga
Buah Naga

Berbagai manfaat terkandung didalam buah naga baik yang putih maupun yang merah dapat dirasakan langsung oleh tubuh sangat banyak. Sehingga buah ini sangat baik jika dijadikan sebagai makanan yang kamu  konsumsi sehari-hari. Buah naga juga terbukti ampuh menjaga kesehatan tubuh bahkan sangat bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Dengan memperbanyak konsumsi buah naga serta menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga kesehatan tubuh dan jantung dijamin mampu mengurangi resiko terkena beragam penyakit.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close