wisata

√ 11 Tempat Wisata Kuliner Malam di Aceh

Mencicipi makanan khas daerah sepertinya sudah menjadi hukum yang wajib dan harus dicoba jika bertandang ke suatu daerah. Jika kita mengabaikannya, kunjungan kita jadi serasa tidak sah. Jadi, kita sampai mengabaikan makanan khas daerah menjadi sebuah keputusan yang kurang bijaksana. Paling tidak sekedar mencicipi walau tidak semua makanan khas daerah tersebut.

Contohnya pada saat kamu berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mencoba salah satu atau keseluruhan dari santapan di bawah ini. Menu tersebut mudah ditemui di tempat makan yang ada di sana. Kamu patut berkunjung dan nikmatilah. Atau kamu akan menyesal selama perjalanan di Aceh dan menjadi tidak sempurna. Karena kurang afdol, berikut ini 12 Tempat Wisata Kuliner Malam di Aceh yang patut dicoba:

1. Nasi Goreng Daus Khas Aceh

√ 11 Tempat Wisata Kuliner Malam di Aceh
Nasi Goreng Daus Khas Aceh

Tempat makan keluarga nasi goreng daus khas aceh menjadi tempat makan yang sudah terkenal di kalangan masyarakat Aceh. Tentu saja karena menu yang ditawarkan khasnya yaitu mie aceh seperti ada mie goreng, dan mie kuah. Kamu bisa menikmati nasi goreng daus khas aceh di Jalan Panglima Polen No. 87-89 Peunanyong Banda Aceh.

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Blangpidie

2. Warung Sate Matang

Warung Sate Matang
Warung Sate Matang

Warung sate matang menjadi tempat makan keluarga di Aceh yang tepatnya beralamatkan di Kota Matang Geuleumpang Dua Kabupaten Bireuen Banda Aceh dan konon tempat ini menjadi asal usul sate matang berasal. Keunikan yang dimiliki oleh sate matang ini yaitu daging dipotong-potong berukuran kecil yang ditusuk pada tusukan dan direndam dengan bumbu dari ragam rempah. Rasanya yang enak dan khas menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

3. Tempat Makan Ayam Pramugari

Tempat Makan Ayam Pramugari
Tempat Makan Ayam Pramugari

Tempat makan keluarga yang satu ini juga terkenal nikmat di Aceh, namanya yaitu tempat makan ayam pramugari. Tempat yang terletak di Jalan Blang Bintang Lima Banda Aceh. Namanya yang unik menjadi daya tarik sendiri dan disebut sebut nama itu muncul karena sebelumnya banyak pramugari yang sering berkunjung makan di tempat tersebut. Menu utamanya adalah ayam tangkap yang rasanya gurih dan enak, ada juga menu gulai kambing dan gulai ayam.

4. Restoran Banda Seafood

Restoran Banda Seafood
Restoran Banda Seafood

Tempat makan keluarga di Aceh yang sudah sangat terkenal dan menjadi incaran wisatawan selanjutnya yaitu restoran banda aceh. Restoran Aceh yang terletak di Jalan Panglima Polim sangat mudah ditemukan. Banyak masyarakat yang mengatakan jika restoran banda seafood menjadi restoran yang menyediakan berbagai macam menu seafood terenak di Banda Aceh. Menu yang ditawarkan banda seafood juga sangat beragam dan tentu akan menggugah selera seperti kepiting, ikan, udang, cumi, dan seafood lainnya. Dan yang terkenal adalah menu kepiting soka yang sangat lezat.

5. Restoran Mie Razali

Restoran Mie Razali
Restoran Mie Razali

Restoran mie razali juga cocok sebagai tempat makan keluarga. Menu utama yang ditawarkan seperti mie Aceh yang memiliki rasa yang sangat khas sehingga tidak heran jika restoran mie razali sangat dikenal di Aceh. Menu andalan mie Aceh yang ditawarkan yaitu mie goreng basah, mie goreng kering, ada juga mie kuah yang bisa anda nikmati dengan harga mulai sepuluh ribu rupiah saja. Anda bisa menemukan restoran ini di jalan T. P. Polem Peunanyong Banda Aceh.

6. Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan
Rumah Makan Hasan

Rumah makan keluarga di Aceh menjadi incaran wisatawan salah satunya adalah rumah makan hasan. Tempat wisata kuliner yang terletak di Jalan Muhammad Hasan No 2324 Banda Aceh yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Rumah makan Hasan memiliki beberapa menu andalan yang menjadi favorit dan incaran para wisatawan seperti kari kambing, ayam tangkap, dan banyak lagi menu lain yang akan memanjakan lidah pengunjungnya. Rumah makan hasan mematok harga lima belas ribu rupiah sampai dua puluh lima ribu rupiah. Harga tersebut relatif sangat murah dengan rasa yang dijamin enak. Jika kamu tidak ingin menunggu lama saat berkunjung ke rumah makan Hasan yang dipenuhi antrian, jangan berkunjung di waktu makan siang karena akan sangat ramai.

7. Restoran Ayam Penyet Pak Ulis

Restoran Ayam Penyet Pak Ulis
Restoran Ayam Penyet Pak Ulis

Tempat makan keluarga di Aceh lainnya yang juga banyak dicari wisatawan yaitu restoran ayam penyet pak ulis. Tempat yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Aceh. Tempatnya yang mudah dijangkau terletak di Jalan T. Nyak Arief Lamnyong atau Jalan Ahmad Yani No. 117. Menu andalan yang dimiliki restoran ayam penyet pak Ulis yaitu ayam penyet. Ayam penyet mungkin dikenal sebagai makanan yang sangat populer, namun yang membedakan penyet di tempat ini yaitu ayam penyet dengan sambal khas yang dibuat dari bumbu rahasia sehingga rasa yang dihasilkan tidak akan mudah dilupakan oleh para pengunjungnya.

8. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung Nasi Kambing Lem Bakrie
Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung nasi kambing lem bakrie juga dapat dijadikan sebagai tempat makan keluarga malam di Aceh. Letaknya yang mudah dijangkau yaitu di Jalan Nyak Makam Lantemen Banda Aceh ini menyajikan jenis menu yang dapat menggugah selera. Sesuai namanya tentu menu utamanya yaitu nasi kambing dengan bumbu kari yang memiliki cita rasa khas perpaduan India Dan Arab. Dan tempat ini buka sampai malam hari.

9. Rumah Makan Spesifik Aceh

Rumah Makan Spesifik Aceh
Rumah Makan Spesifik Aceh

Rumah makan keluarga yang terletak di Jalan P. Nyak Makan Lampineung Banda Aceh tepatnya di depan kantor badan pemeriksa keluarga ini bernama rumah makan spesifik Aceh. Menu andalannya yaitu ayam tangkap yang lezat, sedikit manis dan juga gurih. Ayam tangkap yang memiliki cita rasa yang sangat menggoda inilah yang juga membuat Aceh dikenal luas oleh para wisatawan.

10. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen
Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Rumah makan keluarga di Aceh yang juga dapat dikunjungi yaitu rumah makan sie itek bireuen. Rumah makan yang terletak di Jalan Teuku Umar Banda Aceh dan sangat mudah untuk dikunjungi. Bu Sie Itek Bireuen sendiri merupakan nasi gule bebek, sehingga sudah sangat jelas menu utama di rumah makan ini yaitu nasi gule bebek. Nasi gule bebek di tempat ini sungguh berbeda dengan nasi gule bebek yang ada di tempat lain karena daging bebeknya yang lembut dan rasanya yang khas dari ragam bumbu nusantara.

11. Warung Kopi Aceh

Warung Kopi Aceh
Warung Kopi Aceh

Banda Aceh telah lebih dulu dikenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi, hal ini di latar belakangi dengan selalu meningkatnya jumlah warung kopi yang menghidangkan kopi khas Aceh dimana – mana. Namun warung kopi yang dijadikan kopi Arabica sebagai product paling utama belumlah jadi hal yang umum di kota ini.  Orang-orang kota Banda Aceh yang lebih dulu memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi Robusta olahan membuat mereka tidak familiar dengan kopi Arabica yang menjadi komoditi unggulan Aceh.

Akhirnya jelas mengenai 12 Tempat Wisata Kuliner Malam di Aceh yang bisa kamu kunjungi dan coba tentunya saat berlibur ke sana.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close