wisata

√ 7 Wisata Kuliner Khas Blangpidie Aceh

Sejak zaman dahulu kota Blangpidie menjadi salah satu ibukota Aceh Barat Daya merupakan salah satu kawasan pusat Perdagangan terbesar di Aceh. Hal ini terbukti sampai saat ini kota Blangpidie sudah menjadi kawasan yang dengan julukan sebagai ikon dagang.

Khususnya pada saat menjelang lebaran, Kota ini dipenuhi ratusan manusia yang berlalu lalang dengan tujuan untuk membeli kebutuhan saat lebaran. Bagi para pengunjung atau wisatawan yang datang, alangkah baiknya jika mampir tidak hanya berwisata namun juga mencicipi ragam kuliner khas dari Blangpidie yang lezat dan nikmati. Simak

1. Mie Kocok Khas Aceh Barat Daya

√ 7 Tempat Wisata Kuliner Khas Blangpidie Aceh
Mie Kocok Khas Aceh Barat Daya

Sebagian besar masyarakat Aceh Barat Daya sudah pernah menikmati sajian Mie Kocok Ala Abdya ini. Sedikit unik dengan cara penyajian Mie Kocok ini, Mie putih yang dimasak menggunakan adonan berupa gayung dari aluminium bertangkai kayu. Dan, dikocok-kocok selama beberapa detik dalam air mendidih sebelum dihidangkan dengan irisan Acar bawang dan campuran daging ayam cincang yang sudah dibumbui.

Kelezatan Mie kocok yang akan terasa nikmat jika disantap pada saat pagi hari dengan ditemani teh panas. Tidak terlalu sulit untuk menemukan warung yang menjual Mie khas Aceh Barat Daya ini, cukup datang ke Aceh Barat Daya saja dengan merogoh kocek terjangkau, maka kita bisa menikmati Mie Kocok khas Abdya.

Baca juga : Destinasi Kuliner Aceh

2. Mie Aceh

Mie Aceh
Mie Aceh

Alasan Mie Aceh menjadi makanan favorit sangat sederhana karena rasanya yang enak. Menu satu ini memang menjadi incaran banyak orang khususnya wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Rasanya yang khas dibalut dengan bumbu super nikmat membuat mie Aceh menjadi idola.

Dan Mie Aceh adalah mie yang menempati deretan teratas dalam daftar mie ternikmat versi selera makan. Memang bahan-bahannya langsung dari daerah asalnya yang jelas Mie Aceh yang dimakan langsung di Aceh sama seperti ketika menyantap nasi padang di tanah Padang.

Ada banyak topping Mie Aceh yang bisa dipilih di beberapa warung Mie Aceh di Aceh Barat Daya, mulai dari telur, udang, cumi, sampai kepiting. Namun, yang paling enak yaitu topping dengan telur yang sudah diorak-arik dan dicampur langsung dengan mie-nya.

Ada sensasi yang bisa membuat kita langsung lupa diri ketika menyeruput mie yang sudah bercampur dengan orak-arik telur itu. Sederhana, namun mewah. Kita bisa langsung merasakan kebersahajaan dan kemewahan di saat bersamaan saat menyantapnya.

Baca juga : Wisata Kuliner Kota Semarang

3. Gulai Durian

Gulai Durian
Gulai Durian

Makanan yang satu ini hanya tersedia di bulan-bulan November–Januari, masa-masa musim durian. Nama lain dari makanan ini yaitu gulai durian atau gulai asam durian. Karena berbahan dasar makanan ini yaitu durian. Durian yang digulai.

Jika kamu merasa aneh dengan durian yang digulai, tenang saja, kamu tidak perlu kuatir akan rasanya. Karena menu satu ini terbilang nikmat dan juga lezat. Sehingga kamu tidak akan menyesal mencobanya.

Untuk isian kuah diisi oleh udang, buah melinjo (emping), dan beberapa jenis sayur-sayuran. Mulai dari durian, santan, udang, sampai melinjo semua dicampur menjadi satu. Jadi untuk kamu yang memiliki timbunan kolesterol, maka siapkan obat penurun kolesterol setelah menyantap makanan ini. Atau cukup memesan air jeruk panas.

Baca juga : Wisata Kuliner Medan

4. Ikan Keurling

Ikan Keurling
Ikan Keurling

Jenis ikan Keurling memang hanya hidup di perairan wilayah Aceh bagian selatan dan hanya hidup di perairan dengan arus deras. Itulah mengapa akhirnya ikan ini menjadi makanan khas daerah-daerah di bagian selatan tanah Aceh. Dan harganya pun terbilang cukup mahal.

Satu ekornya bisa mencapai 80-100 ribu. Namun ketika dijual di warung-warung, ikan ini sudah dalam kondisi dipotong-potong, sehingga tidak terlalu mahal ketika sudah menjadi porsi makanan di rumah-rumah makan.

Pada umumnya, ikan ini dimasak dengan cara digulai. Dengan racikan berbagai bumbu yang berlimpah, ikan keurling sangat potensial untuk berdiri di posisi primadona pada barisan masakan jenis ikan di nusantara.

Di rumah makan Warung Babah Rot juga disediakan olahan jengkol yang dimasak dengan bumbu kelapa seperti rendang. Hanya saja, menu satu ini masih berwarna kecoklatan. Tidak terlalu pekat seperti menu rendang umumnya.

Baca juga : Wisata Kuliner Jogja

5. Nasi Goreng Ayam Pop

Nasi Goreng Ayam Pop
Nasi Goreng Ayam Pop

Bagaimanapun tampilan menu ayam yang jelas ketika tahu dalam bentuk yang sudah dipotong dan digoreng. Menu ayam satu ini yaitu ayam pop berbeda dengan ayam kampung dan ayam potong pada umumnya. Dagingnya lebih empuk dan sintal. Begitu menggigitnya, maka akan terasa di mulut langsung termanjakan seketika. Tekstur serat-serat dagingnya sangat lembut. Secara keseluruhan, ayam pop ini langsung mengingatkan pada tekstur ayam KFC original, namun jelas setingkat lebih tinggi dari itu.

Menu andalan nasi goreng yang tidak hanya terletak pada olahan nasinya. Namun juga campuran bahan lain pun sungguh aduhai. Apalagi kalau bukan ayam pop, yang sekaligus tercantum sebagai menu nama makanan ini. Usut punya usut ternyata menu ini adalah ayam yang hanya banyak ditemui di tanah Sumatera.

6. Gulai Bebek

Gulai Bebek
Gulai Bebek

Jika orang selain di Aceh menyebutnya dengan hanya “Nasi Bebek”. Namun, karena tampilannya berbeda dengan nasi bebek yang sering dijumpai. Maka menu ini lebih mengarah kepada sebutan gulai bebek. Ya, biasanya nasi bebek itu ya disajikan hanya dengan sambal dan lalapan. namun di Aceh Barat Daya, Nasi Bebeknya dimasak gulai dengan cita rasa yang istimewa.

Kuahnya yang sangat pekat. Daging bebeknya juga tebal dan terasa sangat empuk untuk dimakan. Dengan campuran bumbu berlimpah ala gulai. Kalau biasanya di Jawa hanya terbiasa makan gulai kambing, maka di Aceh Barat daya bahwa gulai tidak selamanya dimonopoli oleh daging kambing. Daging bebek juga tidak kalah mantap jika diberi kesempatan untuk digulai.

7. Es Buah

Es Buah
Es Buah

Jika mendengar nama Es Buah, pasti langsung terbayang dalam benak kita adalah sebuah gelas besar berisi minuman segar yang di dalamnya beragam macam-macam buah yang nikmat. Namun, berbeda jika di Aceh Barat melihat tampilannya, buah-buah yang tidak disajikan di gelas, namun dalam piring dengan pecahan-pecahan es batu yang ditaburi di atasnya.

Adapun cara menyantap sajian ini yaitu dengan dimakan, bukan diminum. Kalau boleh dibilang, santapan ini lebih mirip seperti rujak buah daripada Es Buah pada umumnya. Namun penamaan Es Buah tidak sepenuhnya salah, karena memang buah-buah itu tetap diberi Es dan juga campuran air.

Namun, konon Es Buah ini terdiri dari dua versi. Versi yang pertama adalah yang tampak seperti rujak. Sedangkan versi yang ke dua yaitu yang layaknya es buah pada umumnya. Buah-buah segar yang dipotong kecil-kecil dan direbus dicampur dengan gula. Dan cara menyantapnya pun dengan diminum.

Dengan demikian jelas bukan?, mengenai 7 Wisata Kuliner Nikmat Di Blangpidie Aceh yang patut kamu cicipi. Jadi saat berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk mencoba menu makanan di atas, selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close