Teknologi

Apa Itu Pengertian Cloud Server : Fungsi, Kelebihan [Lengkap]

Dalam dunia program komputer pasti dikenal adanya istilah cloud server. Dimana istilah tersebut memiliki peranan dan fungsi penting untuk menjalankan sebuah sistem dalam komputer itu sendiri. Mungkin sebagian orang awam yang tidak mengenal istilah itu akan bingung, karena hanya tahu secara umum tentang komputer.

Namun, itu berbeda dan untuk mengetahui mengenai apa itu cloud server, berikut ini penjelasan yang bisa kamu ketahui:

Pengertian Cloud Server

Pengertian Cloud Server
Pengertian Cloud Server

Pengertian Cloud server yaitu sebuah layanan teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan jaringan yang berbasis pada internet. Sehingga teknologi ini memanfaatkan media internet sebagai pusat server untuk pengelolaan datanya. Sehingga data-data yang diperlukan dapat dengan mudah kita akses dan tidak perlu lagi menyimpan data melalui alat penyimpanan seperti Flashdisk, CD dan juga DVD.

Tentu hal ini akan sangat mempermudah untuk seseorang memiliki data yang tersimpan dalam suatu perangkat penyimpanan dan jika perangkat itu hilang, maka data yang tersimpan pasti akan ikut hilang.

Baca juga : Apa Itu DNS ?

Dengan adanya cloud server atau cloud computing data yang ada dapat diakses kapan saja dapat mempermudah pekerjaan. Jika kamu ingin menggunakan jasa dari penyedia layanan maka kita biasanya akan dimintai untuk mendaftarkan email guna membuat akun sehingga jika sewaktu-waktu akan menyimpan atau membuka file yang telah disimpan akan dimintai akun dan passwordnya.

Fungsi Cloud Server

Fungsi Cloud Server
Fungsi Cloud Server

Pengertian Cloud Server memiliki fungsi cloud server sebagai alat atau media dalam penyimpanan data. Cloud server mulai banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan, karena data yang disimpan bisa diakses kapan saja dengan syarat perangkat tersebut terkoneksi dengan internet. Namun hal itu juga menjadi kekurangan jika suatu akun yang dicuri ataupun server yang sedang terganggu karena banyaknya pengguna yang sedang mengakses server tersebut.

Baca juga : Apa Itu FTP ?

Cloud server memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu mencapai 10TB. Hal ini mempermudah untuk kita yang ingin menyimpan data penting yang diperlukan sehingga data tersebut dapat tersimpan selama bertahun – tahun selama server tersebut masih aktif.

Kelebihan Cloud Server

Kelebihan Cloud Server
Kelebihan Cloud Server

Adapun kelebihan Cloud server yaitu :

  • Sangat efisien bagi penggunanya.
  • Bisa menghemat biaya.
  • Bisa mengakses data yang disimpan dimana saja dan kapan saja.
  • Dapat memberikan kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk perawatan dari komputer yang difungsikan sebagai penyimpan data.
  • Kita juga bisa mengakses software dari cloud server tersebut.

Baca juga : Apa Itu XML ?

Kelemahan Cloud Server

Kelemahan Cloud Server
Kelemahan Cloud Server

Cloud server juga mempunyai kelemahan yaitu :

  • Jika sewaktu-waktu server yang digunakan oleh penyedia cloud server sedang bermasalah maka kita tidak bisa membuka data yang kita simpan sebelumnya.
  • Data akan rentan untuk dicuri karena saat kita mengakses data tersebut kita akan dimintai untuk login . Disitulah letak kelemahan dari segi keamanannya.
  • Jika tidak ada internet maka kita tidak bisa membuka data yang kita simpan.
  • Saat kita akan mengambil data maka kita akan membutuhkan koneksi yang cepat jika file yang akan kita ambil besar ukurannya.

Baca juga : Apa Itu Osi Layer ?

Kelebihan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya

Kelebihan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya
Kelebihan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya

Menggunakan cloud server sangat menguntungkan sekali bagi penggunanya. Dimana para pengguna cloud server merasa puas ketika memakai cloud server ini, sehingga memang patut untuk mencobanya. Untuk mengetahui kelebihannya terlebih dahulu berikut ini merupakan kelebihan dari web hosting cloud server yang patut diketahui.

1. Biaya terjangkau

Cloud server biasanya bisa dibeli atau juga disewa. Harga pembelian cloud server tergolong begitu terjangkau, dan harganya lebih murah dari penyimpanan perangkat keras seperti hardisk. Dari harga yang ditawarkan, pengguna cloud server sama sekali tidak rugi karena bisa menyimpan data sebanyak mungkin tanpa adanya keterbatasan.

2. Tidak akan kehilangan data

Data yang tersimpan pada cloud server pastinya akan jauh lebih aman. Bila ada kerusakan server maka, data tetap ada dan hanya ada kemungkinan kecil saja akan mengalami kehilangan data. Sejauh ini para pengguna cloud server merasa aman karena datanya tidak pernah hilang. Dan cloud server ini juga mampu meminimalisir kerusakan data corrupt.

3. Kapasitas penyimpanan tidak terbatas

Pada perangkat keras seperti hardisk juga flashdisk kapasitas penyimpanan datanya sangat terbatas. Maksimal perangkat keras dapat menyimpan data sampai 2 TB. Berbeda dengan cloud server, dengan kapasitas penyimpanan datanya tidak terbatas.

Sebanyak apapun data yang ingin disimpan pada cloud server pasti semua bisa ditampung. Dan cloud server ini dapat membuat kita lebih hemat karena tidak perlu lagi melakukan pembelian flashdisk juga hardisk baru. Cukup menyimpannya saja di cloud server.

4. Fleksibel

Web hosting cloud server juga sangat fleksibel sekali, karena kita bisa mengakses data dengan mudah. Saat akan mengambil data, kita bisa menggunakan komputer satu dengan lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cloud server dalam penyimpanan datanya di jaringan internet, jadi selama ada jaringan internet maka kita dapat mengakses data di komputer mana saja.

Kekurangan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya

Kekurangan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya
Kekurangan Web Hosting Cloud Server Dan Penjelasannya

Melihat kelebihan dari cloud server membuat kamu dapat mengambil kesimpulan jika cloud server sangat berkualitas. Namun tidak serta merta cloud server tidak memiliki kelemahan. Berikut ini merupakan kekurangan yang ada pada layanan hosting cloud server yang bisa kita ketahui:

Baca juga : Apa Itu SSL ?

1. Pelayanan kurang sepenuhnya

Pelayanan yang kurang sepenuhnya itu tergantung pada service. Kita pasti tahu kalau cloud server bisa dibeli pada jasa layanan web hosting, jadi jasa akan memberikan cloud server dengan kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum membeli cloud server, kita tentu harus bertanya terlebih dahulu secara details. Karena jika tidak maka siap – siap kita akan kecewa dengan kondisi yang tidak berkualitas.

2. Penyesuaian yang kurang

Dengan menggunakan cloud server pada web hosting harus lebih memperhatikan pada regulasi bisnis. Biasanya penyimpanan cloud service provider ini tidak boleh asal, kita harus dapat menyamakan level serta menyesuaikan dengan penyimpanan data yang berada pada cloud. Memang cloud server ini masih sangat awal dalam bidang teknologi, sehingga setiap pengguna cloud server harus hati-hati dalam melakukan penyesuaian dan penyimpanan data.

3. Tidak ada perlindungan privasi

Tempat penyimpanan cloud server sistemnya dalam bentuk terpusat, jadi siapa saja yang menggunakan cloud server maka datanya akan disimpan menjadi satu pada penyimpan cloud server di pusat. Nama dari penyimpanan pusat yaitu cloud provider. Semua orang dapat mengakses seluruh data dan dari cloud provider tanpa sepengetahuan dan izin penggunanya. Hal ini membuat cloud server menurun kualitasnya sebagai hosting terbaik saat ini.

Walau dilihat dari kekurangan cloud server yang tergolong sangat banyak namun, pengguna cloud server juga makin banyak. Dimana kekurangan tidak menjadikan alasan untuk tidak menggunakan aplikasi ini. Karena para pengguna sudah siap menerima kekurangan dari cloud server, sehingga mereka tetap untuk menggunakannya. Nah, demikianlah penjelasan mengenai apa itu cloud server dan semoga bisa digunakan dalam praktik dunia komputer.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close