Teknologi

Apa Itu Pengertian Email Hosting : Manfaat Email Hosting [Lengkap]

Email hosting sangat cocok untuk perusahaan yang ingin memiliki email pribadi dengan domain sendiri tentunya. Dengan memiliki email sendiri secara otomatis akan menaikan citra perusahaan karena tidak menggunakan domain orang lain atau gratisan seperti yahoo, gmail atau layanan email lainnya. Dengan layanan tersebut kamu bisa memiliki alamat email. Hal ini sangat penting untuk membuktikan keseriusan perusahaan Anda. Email hosting yang disediakan bisa mensupport beberapa fitur email umum seperti webmail, pop3 dan SMPT, IMAP, dan push mail untuk Blackberry dan sebagainya.

Berikut ini ada beberapa contoh dan juga Pengertian Email Hosting yang bisa diketahui.

Baca juga : Apa Itu Web Hosting ?

Pengertian Email Hosting

Pengertian Email Hosting

Email Hosting yaitu layanan server hosting yang mengkhususkan pada layanan Email. Pengertian Email hosting berbeda dengan Web Hosting, mail hosting biasanya tidak mengikutsertakan web hosting pada layanannya, maksudnya yaitu kamu tidak dapat mempublikasikan website pada layanan hosting email, tapi hanya bisa digunakan untuk layanan Email Server saja.

Untuk menggunakan layanan email hosting kamu membutuhkan nama domain. Pada suatu kesempatan ada hal lucu, yaitu ada pelanggan yang membeli paket email ditempat kami.

Kemudian pelanggan tersebut bertanya tentang bagaimana cara mengirim email. Dan setelah kami cek, ternyata domain yang dimasukkan belum aktif atau belum di beli.

Sehingga kami menginformasikan ke yang bersangkutan, agar email dapat bekerja dan berjalan maka harus membeli domain dahulu.

Baca juga : Web Hosting Gratis

Bagaimana Cara Akses Emailnya?

Bagaimana cara akses emailnya?

Biasanya akses email langsung membuka pada alamat seperti gmail.com dan login kemudian baca email.

Hampir di semua provider email hosting menyediakan aplikasi yang disebut webmail atau web based email.

Aplikasi tersebut sama seperti gmail namun dengan tampilan yang lebih sederhana.

Meski sederhana, fitur yang didapatkan sama seperti halnya fitur email di gmail. Terdapat inbox, spam, filter, autoresponder, forwarding, signature dan lain sebagainya.

Berapa banyak bisa membuat alamat email tersebut.

Tergantung paket email yang dibeli. Ada provider hosting Indonesia yang membuat paket unlimited akun email dengan perhitungan kuota spacenya lebih kecil. Ada pula provider hosting indonesia yang membuat paket kuota space emailnya besar tapi dihitung per satu alamat email.

Sebagai contoh jika di pusathosting terdapat 3 jenis paket, yaitu :

  1. Paket email big space, yaitu paket email yang kuota spacenya besar.
  2. Paket unlimited email account, yaitu paket email dimana kamu bisa membuat alamat email unlimited.
  3. Paket vps email, yaitu server vps yang difungsikan khusus untuk melayani email. Kuota space sangat besar dan limit akun tidak terbatas.

Manfaat Email Hosting

Manfaat Email Hosting

Layanan hosting email sangat cocok digunakan oleh usaha kecil dan menengah yang mengandalkan email sebagai media komunikasi pada pelanggannya. Dengan memiliki email hosting pelanggan bisa memiliki email custom dengan nama domain sendiri seperti nama@namaperusahaan.com sehingga dapat menaikkan citra bisnis dari pandangan client dan calon client.

Baca juga : Domain Gratis

Mengapa tidak menggunakan layanan Email gratis saja ?

Memiliki email bisnis dengan merk sendiri menjadi sangat penting untuk bisnis kamu terlepas dari besar kecilnya bisnis yang dijalankan. Pikirkan tentang hal ini, kamu akan menuliskan email dengan nama perusahaan pada Kop surat dan komunikasi dengan pelanggan, bukankah hal ini secara tidak langsung dapat menaikkan citra bisnis dan merupakan kebanggan bagi bisnis atau pribadi yang memiliki email dengan nama domain sendiri.

Bagaimana cara mendapatkan Email Hosting?

Banyak perusahaan penyedia layanan Email Hosting dilengkapi dengan beragam pilihan paket Email Hosting dan fitur terbaru dan terbaik yang ada saat ini. Kamu dapat mengelola email account dengan leluasa, mendukung teknologi POP3/SMTP/IMAP4 dan WebMail sehingga dapat dengan mudah mengakses email menggunakan email client seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, Windows Mail, Eudora, dan Thunderbird. Fitur webmail memungkinkan kamu dapat juga mengakses email dari mana saja dan kapan saja ketika kamu tidak berada di depan komputer. Dilengkapi proteksi Anti-spam dan Anti-virus.

Mendukung Multi Platform

Mendukung Multi Platform

Kamu dapat dengan mudah mengakses Email dalam ragam aktivitas karena email hosting mendukung multi platform seperti Windows, Linux, iOS, dan Android. Lebih flexible untuk akses komunikasi email melalui mobile dan desktop darimana saja dan kapan saja selama dapat terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga : Layanan Hosting dan Domain Murah Berkualitas

Kelebihan email hosting :

  • Karena Hosting tersebut khusus untuk email saja, maka akan sangat lancer untuk email.
  • Untuk pengiriman email tidak dibatasi atau unlimited (selama email tersebut bukan spam)

Kekurangan email hosting :

  • Tidak dapat membuat dan menyimpan website.
  • Tidak dapat addon domain, sub domain dan park domain.
  • Account email hanya dengan domain utama.

Baca juga : Apa Itu SSL ?

Demikian contoh dan ulasan mengenai Pengertian Email Hosting. Semoga bisa menjadi manfaat bagi para pembaca sekalian.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close