Teknologi

Aplikasi Edit Video Terbaik, Wajib Dimiliki

Anda sedang bingung mencari software yang dikhususkan untuk mengedit video pada PC atau laptop yang cocok untuk kebutuhan Anda?. Ada banyak pilihan software yang bisa dipilih, baik itu melalui google ataukah Anda membeli langsung software yang sudah berizin.

Agar tampilan video kamu semakin apik dan terkesan bagus, berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk PC Anda. Untuk itu simak beberapa jenis pilihan aplikasi yang bisa Anda unduh atau beli. Namun, sebelumnya untuk hasil yang maksimal, Anda disarankan untuk mengedit video di PC terlebih dahulu.

Aplikasi Edit Video Terbaik, Wajib Dimiliki

Penasaran apa saja jenis software atau aplikasi edit video terbaik yang ada berikut daftar lengkapnya:

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro yaitu sebuah aplikasi edit video yang sering digunakan oleh tingkatan profesional. Program video editing ini sendiri dikembangkan oleh Adobe. Adobe Premiere Pro banyak digunakan sebagai software edit video untuk Youtuber terkenal, namun Anda juga bisa mencobanya. Hal ini karena bukan hanya mudah digunakan namun juga memiliki fitur yang cukup lengkap.

Dengan menguasai Adobe Premiere Pro, Anda akan bisa menyusun video event seperti video pernikahan, musik video klip, film, video profil, dan lainnya secara profesional dan hasilnya bagus. Edit video Adobe Premiere Pro ini sangat cocok untuk digunakan untuk Anda yang menjalani pekerjaan profesional sebagai video editor.

Baca juga : Headset Gaming

Namun untuk menggunakan Adobe Premiere Pro versi terbaru Anda mesti melakukan biaya berlangganan per bulan yang terbilang cukup lumayan. Tapi untuk Anda yang menginginkan versi gratis, Anda bisa mencoba Adobe Premiere Pro CS2 yang disediakan secara gratis langsung dari Adobe.

Kelebihan:

  • Fitur pengeditan lengkap bagi kalangan profesional.
  • Sudah teruji di kalangan YouTuber, filmmaker, dan penggiat video.

Kekurangan:

  • Biaya subscription per bulan yang terbilang cukup mahal.
  • Untuk pemula butuh beberapa waktu untuk melakukan penyesuaian pada aplikasi ini.

2. Sony Vegas Pro 13

Aplikasi Edit Video Terbaik, Wajib Dimiliki
Sony Vegas Pro 13

Selanjutnya yaitu Sony Vegas yang merupakan salah satu software edit video terbaik di PC. Software buatan Sony ini tidak usah diragukan lagi kiprahnya dalam hal pembuatan video maupun musik. Sony Vegas Pro 13 memiliki fitur yang beragam layaknya software edit video kelas profesional, dan juga memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya.

Sony menjadi salah satu saingan Adobe Premiere Pro dan Apple Final Cut Pro X yang membidik kelas profesional, dan Sony masih ingin software-nya tetap nyaman digunakan untuk kalangan pemula juga profesional.

Baca juga : Game Battle Royale

Dengan timeline yang simpel yang terbagi menjadi video dan sound. Anda sudah bisa menumpuk beberapa video dan audio langsung di track yang berbeda, jadi lebih mudah dan cepat tentunya.

Kelebihan:

  • Fitur pengeditan ditujukan ke berbagai kalangan, baik profesional dan juga pemula.
  • Pengoperasian mudah dengan user interface yang tergolong friendly.

Kekurangan:

  • Fitur belum sekompleks jika dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro yang ada saat ini.

3. Cyberlink PowerDirector 17

Cyberlink PowerDirector 17

Berikutnya yaitu Cyberlink PowerDirector 17 yang merupakan aplikasi edit video PC ringan milik perusahaan Cyberlink. Penggunaannya cukup mudah dan fitur sangat lengkap. Selain bisa melakukan editing video secara manual, Anda juga dapat mengedit dengan menggunakan fitur Express Video Creation yang memungkinkan mengedit secara cepat dan bagus.

Anda juga dapat menggunakan Cyberlink PowerDirector 17 untuk kebutuhan profesional, fitur seperti 360 untuk video editing, motion tracking, chroma key, sampai color adjustment. Aplikasi edit video PC jenis ini termasuk ringan dan hanya butuh minimal RAM 2 GB untuk dapat menggunakannya.

Baca juga : Vpn Terbaik

Kelebihan:

  • Cukup ringan dan bisa digunakan di PC dengan spesifik sangat terbatas.
  • Fitur lengkap, seperti motion tracking, chroma key, dan color adjustment.

Kekurangan:

  • Hasil video belum sebagus pengedit video profesional seperti Premiere atau Vegas Pro.
  • Kurang cocok untuk kalangan profesional dan kebutuhan industri.

4. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker
Windows Movie Maker

Windows Movie Maker merupakan satu jenis aplikasi edit video PC untuk pemula yang dikembangkan oleh Microsoft dan dibuat secara eksklusif untuk pengguna PC atau laptop berbasis Windows. Software edit video gratis ini tergolong memiliki fitur yang sangat dasar dalam hal editing video dengan fitur yang bisa dibilang terbatas.

Namun, aplikasi ini sangat cocok buntukuat pemula yang sedang mencoba untuk belajar editing tingkat dasar. Karena cukup praktis dan mudah dalam pengenalan fiturnya.

Baca juga : situs berita

Kelebihan:

  • Gratis dan disediakan langsung dalam sistem operasi Windows.
  • Fitur sangat basic dengan fungsi yang bisa langsung digunakan oleh para pemula.

Kekurangan:

  • Teknologi yang sangat terbatas untuk kebutuhan pengeditan dibanding yang lebih advance.
  • Tampilan sangat sederhana dan kurang cocok untuk kalangan profesional juga industri.

5. Avidemux Video Editor

Avidemux Video Editor
Avidemux Video Editor

Avidemux yaitu jenis software editing terbaik yang dirancang sederhana untuk memotong video, memberi filter, menyisipkan juga pengaturan lagu, serta berbagai fungsi lainnya. Avidemux Video Editor sangat mendukung banyak jenis format file, seperti di dalamnya yaitu AVI, DVD file MPEG yang kompatibel, MP4, dan ASF, dan berbagai codec dan sebagainya.

Aplikasi edit video Windows 7 ini sangat cocok untuk Anda yang memulai karir sebagai Youtuber.

Baca juga : Tiket Pesawat Online

Kelebihan:

  • Bersifat open-source sehingga dapat dimodifikasi oleh siapapun.
  • Dapat mendukung berbagai format file video dan audio.

Kekurangan:

  • Fitur yang tergolong sangat sederhana dan hanya cocok untuk para pemula.

6. AVS Video Editor

AVS Video Editor
AVS Video Editor

Software edit video selanjutnya adalah AVS Video Editor. Aplikasi ini memiliki tampilan yang interaktif, serta mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Aplikasi ini memiliki ukuran file yang cukup kecil, namun, fitur yang dihadirkannya tidak kalah lengkap apabila dibandingkan dengan para kompetitornya.

Salah satu keunggulan dari aplikasi edit video PC gratis ini yaitu penggunaan teknologi video cachese sampai pada proses penyuntingan video Full HD dapat berjalan lebih lancar dan sangat cepat.

Baca juga : Asuransi Pendidikan

Untuk melakukan editing video, AVS Video Editor juga menyediakan opsi timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, efek, teks, dan juga audio.

Kelebihan:

  • Cocok untuk pengguna PC atau laptop dengan spesifikasi yang rendah.
  • Fitur yang beragam dengan video cache untuk pengeditan video lebih cepat.

Kekurangan:

  • User interface sangat sederhana dan kurang cocok untuk kalangan profesional.

7. Corel Video Studio X7

Corel Video Studio X7
Corel Video Studio X7

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Corel VideoStudio, yaitu sebuah software edit video terbaik yang dikembangkan oleh perusahaan Corel. Perusahaan ini sudah berkecimpung cukup lama dalam dunia industri perangkat lunak, mereka juga merupakan pelopor dalam semua jenis software yang dibuat, termasuk salah satunya adalah VideoStudio Pro.

Corel Video Studio sendiri adalah software editing video bersifat ringan untuk digunakan sehari – hari. Walaupun demikian, fitur yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap dan cocok untuk yang pemula.

Baca juga : Teknologi 5G

Kelebihan:

  • Sudah teruji oleh developer aplikasi multimedia paling terkenal di dunia.
  • Software ringan digunakan untuk PC dengan spesifikasi yang terbatas.

Kekurangan:

  • Color adjustment terbilang sederhana dan fitur musik terbatas.

Nah, demikian beberapa jenis aplikasi software edit video untuk PC atau laptop khusus bagi Anda yang sedang mencoba dunia teknologi. Semoga menjadi manfaat dan pilihan Anda.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close