Pemasaran Online

Cara Iklan Instagram paling Mudah

Cara Iklan Instagram memang sangat beragam. Mungkin saat ini Anda sedang bingung menentukan iklan yang seperti apa dan harus mulai dari mana untuk melakukannya. Beriklan adalah bagian dari stratefi marketing yang sangat penting untuk dilakukan, yakni untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Sebagus apapun produk Anda, jika marketing buruk, tentu tidak akan membawa keuntungan.

Tak bisa dipungkiri, metode promosi yang paling ampuh di era digital saat ini adalah dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya Instagram. Tentu, beriklan di Instagram akan sangat menguntungkan dan memang menjadi target pengusaha dari yang kelas mikro hingga multinasional, dikarenakan platform Instagram memiliki pengguna aktif mencapai 500 juta tiap bulannya.

Baca Juga : Untung dengan 5 Ide Bisnis Puasa Berikut Ini

Untuk beriklan di Instagram, Anda bisa mengunggah informasi usaha Anda ke feed atau story Anda seperti biasa. Namun cara konvensional ini kurang bisa menjangkau calon konsumen dengan lebih banyak. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan fitur berbayar Instagram Ads. Bagaimana caranya?

Di bawah ini adalah tahap-tahap cara iklan Instagram yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis atau usaha:

1. Cara Iklan Instagram Buka laman Facebook Ads Manager

Cara Iklan Instagram

Pertama, Anda harus login ke akun Facebook Anda, karena memang platform iklan Facebook dan Instagram sudah resmi bergabung sejak 2012.

2. Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan

Setelah membuka menu “Kampanye” dan pilih “Buat Iklan”, pilih “Pembuatan Iklan Terpandu”. Opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat iklan secara spesifik.

3. Tentukan tujuan iklan yang ingin Anda capai

Ada kategori-kategori berbeda yang disediakan oleh Facebook, seperti “Kesadaran”, “Pertimbangan”, dan “Konversi”. Dalam tahap ini, Anda harus mempertimbangkan tujuan iklan yang paling cocok untuk bisnis Anda. Setelah itu, klik tujuannya.

4. Pilih jenis iklan yang diinginkan

Ada 2 opsi yang diberikan oleh Facebook, yaitu “Uji Split” dan “Pengoptimalan Anggaran”. Anda hanya bisa memilih satu opsi.

5. Tulis nama iklan dan tentukan tujuan trafik

Ini ditujukan agar Anda bisa mengecek iklan-iklan di Instagram Ads. Selanjutnya, pilih tujuan trafik, yaitu kemana calon konsumen Anda bisa diarahkan. Misal, ke website, aplikasi, atau Whatsapp.

6. Centang pilihan promo untuk ditampilkan

7. Pastikan target audience

Selanjutnya, tentukan spesifikasi audience berdasarkan faktor-faktor yang disediakan di dalam form.

Baca Juga : Peluang Usaha saat Corona yang Jelas Menguntungkan

8. Tentukan penempatan iklan

Pada bagian ini Anda bisa memilih di mana iklan Anda akan dimunculkan. Jika Anda memilih opsi otomatis, iklan Anda akan ditampilkan di semua aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.

9. Tentukan jadwal iklan

Tentukan berapa lama iklan Anda ditampilkan.

10. Hubungkan dengan akun IG Anda

11. Pilih format iklan

Akan ada 5 jenis format iklan yang bisa Anda plih.

12. Tulis teks yang Anda inginkan dalam iklan

Di sini, Anda bisa menuliskan deskripsi semenarik mungkin untuk menarik minat konsumen.

13. Pilih gambar, judul, dan masukkan tautan

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi Anda.

14. Lakukan pembayaran                                              

Setelah semua langkah di atas sudah Anda lakukan, saatnya Anda masuk ke menu pembayaran, yaitu via kartu kredit atau kartu debit. Setelah lolos review dari Facebook, iklan Anda akan ditayangkan.

Demikian tadi, adalah pembahasan mengenai cara iklan Instagram yang bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Setelah berkutat dengan produk yang ingin Anda tawarkan ke konsumen, langkah penting selanjutnya adalah memikirkan dengan matang bagaimana promosi produk tersebut harus dilakukan. Instagram, adalah salah satu media yang bisa membawa bisnis Anda menuju kesuksesan apabila dikelola dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close