umum

Definisi dan contoh laporan kegiatan yang benar

Nah, karena membutuhkan ketelitian, laporan kegiatan bukanlah naskah yang bisa ditulis sepele, walaupun Anda bisa menganggapnya mudah, tetapi itu tidak berarti bahwa konten menghilangkan semua elemen dalam kegiatan yang Anda lakukan dengan panitia.

Laporan kegiatan nyata tidak sesulit yang kita bayangkan jika benar-benar membuatnya. Hanya saja, ketepatan dalam setiap sub-bab dari pembahasannya menjadi sebuah pembeda dalam hal ini. Laporan aktivitas atau sering disebut juga sebagai activity report biasa ditulis oleh orang yang bekerja di lembaga atau yang aktif dalam organisasi.

Baca juga : contoh cover makalah

Mengapa? Karena laporan kegiatan adalah laporan yang lebih formal. Bentuknya sebenarnya bisa dibuat kreatif. Tetapi kecenderungan untuk menyingkat jumlah kata atau sub bab biasanya tidak sepenting laporan perjalanan, misalnya. Karena itu, katakan bahwa laporan kegiatan lebih formal dan berat (sebenarnya).

Tapi percayalah, ada tips dan trik tertentu yang bisa diterapkan untuk memudahkan penyusunan laporan kegiatan. Dan satu hal lagi, laporan kegiatan bukanlah tesis. Hehehe, tentu saja, berbeda walaupun tampaknya sama-sama formal.

Baca juga : contoh surat permohonan

Laporan kegiatan umumnya dapat diterapkan, baik itu acara, kegiatan, program, bahkan sebagai program magang atau kesepakatan PKL hampir bisa dikatakan sama. Sehingga siapa pun bisa melakukannya, selama data dan keakuratan penulisan benar-benar bisa dibenarkan.

Itulah sebabnya laporan aktivitas memerlukan informasi mendalam, juga dikenal sebagai informasi mendalam. Seperti laporan keuangan, laporan kegiatan memiliki hal-hal yang jika ada sesuatu yang aneh tentang laporan itu, ini bukan hanya tentang anggota lain. Tetapi juga dengan pihak-pihak yang menjadi promotor atau pendukung acara.

Baca juga : contoh surat lamaran kerja

Ini adalah perbedaan antara laporan perjalanan dan laporan perjalanan. Informasi mendalam dan perasaan serta pengalaman adalah dua hal penting yang membedakan mereka. Kedalaman informasi ditekankan untuk melihat sejauh mana keberhasilan kegiatan dan sejauh mana hambatan dapat diatasi.

contoh laporan kegiatan
contoh laporan kegiatan

Apa yang terjadi jika kegiatan kami gagal dan kurang berhasil dalam implementasi? Tidak ada alasan untuk tidak ditulis. Itu masih harus ditulis dan itu adalah koreksi atas kegagalan kegiatannya. Justru, laporan kegiatan dapat menjadi ilustrasi yang harus dilakukan di masa depan sehingga kegiatan serupa dapat mengatasi semua kondisi dan hambatan.

Definisi dan contoh laporan kegiatan

Ciri paling utama dari laporan kegiatan adalah kedalaman dan detail informasi. Karena itu, jangan kaget jika Anda menemukan laporan kegiatan disusun secara teratur dan tertib. Inilah yang terkadang membuatnya mudah untuk repot menulisnya. Improvisasi dapat ditoleransi kapan pun diperlukan. Komposisi meliputi:

________________________________________

________________________________________

Halaman Judul (sampul)

Halaman Sertifikasi *

Kata pengantar

Daftar Isi

BAB I Pendahuluan

1. Latar belakang masalah

Ini berisi argumen dan alasan, serta pentingnya dasar untuk mengatur suatu peristiwa atau kegiatan. Lengkap dengan tempat dan waktu yang dipilih.

1. Tujuan

2. Mekanisme implementasi

Ini berisi tentang

1. Kalender atau ringkasan acara

BAB II Deskripsi acara / kegiatan

Ini berisi tentang (profil acara, visi dan misi, struktur, bentuk program dan kegiatan, dll.)

BAB III Implementasi acara

1. Kalender implementasi

2. Deskripsi kegiatan yang telah dilakukan.

3. Batasan dan solusi.

4. Anggaran dana / laporan keuangan

BAB IV Penutupan

1. Kesimpulan

2. Saran dan komentar

Lampiran

1. Jurnal kegiatan yang dilakukan *

2. Bukti kegiatan (gambar, tulisan, dll.)

3. Bekerja *

*: Mereka opsional dan kondisional

Laporan kegiatan dengan perjanjian seperti ini biasanya sangat umum di mana-mana. Tetapi beberapa tidak menggunakan format per bab dan langsung pergi ke acara dan anggaran.

Hal-hal seperti itu sah karena komposisi laporan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Terutama jika laporan kegiatan bersifat individual, format ini biasanya cukup dengan penambahan isu-isu lain yang relevan untuk dicatat. Seperti buku harian aktivitas, pekerjaan dan, secara umum, kurang penyusunan dana anggaran.

________________________________________

Contoh laporan aktivitas (organisasi / beberapa peristiwa)

LAPORAN AKHIR ACARA “Kampus Terbaik Di Indonesia “

PROGRAM KERJA:

  1. Pelatihan jurnalisme di kota
  2. Pemutaran film
  3. Pelatihan surat Makhorijul
  4. Akuisisi buku

INTEGRASI INTEGRASI DAN LAYANAN

UNIVERSITAS MIMPI YOGYAKARTA

2019

HALAMAN OTORITAS

Setelah melaksanakan sesi informatif, orientasi, koreksi, dan perbaikan sebagaimana diperlukan dari Laporan Akhir KAMPUS MASUK KEPADA MASYARAKAT 2019, dianggap telah memenuhi persyaratan untuk disajikan sebagai Laporan Program Kerja saudara-saudara yang disebutkan di atas. . Karena itu, kami memberikan otorisasi ini, semoga bisa digunakan sebagai metode.

Yogyakarta, 7 September 2019

Hormat kami

Kanselir Universitas Mimpi Yogyakarta,

Novriadi A.S, M.Kom

PIN 1963101000000 1 002

Demikian adalah pengertian dan contoh laporan kegiatan yang benar semoga dapat bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close