umum

Jenis Jenis Komputer dan Fungsinya

Komputer saat ini menjadi satu jenis perangkat atau peralatan yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari penggunaan berdasarkan fungsinya karena kebutuhan tugas, kerjaan ataupun hanya sebagai hiburan saja. Jenis jenis Komputer juga semakin banyak jenisnya yang bisa dibedakan berdasarkan kriteria tertentu.

komputer sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa latin “computare” yang memiliki arti menghitung, kemudian untuk bahasa inggrisnya sendiri memiliki nama to compute yang memiliki arti menghitung.

Baca Juga : Aplikasi PowerDirector untuk Video Editing

komputer adalah alat elektronik yang memiliki kemampuan kerja secara terpadu. Komputer banyak digunakan untuk menerima data atau disebut input dan untuk mengolah data dan menghasilkan data keluar dengan sebutan output.

Jenis jenis Komputer  dengan berbagai latar belakang dan fungsinya kemudian bisa menjadi satu alat yang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Berikut ini berbagai jenis komputer untuk bisa Anda gunakan sebagai komputer untuk membantu segala pekerjaan Anda.

Komputer Analog

Jenis komputer pertama adalah komputer Analog. Jenis komputer analog, berfungsi untuk melangsungkan pengecekan data bukan dalam bentuk angka, sebab data yang di peroleh adalah data yang bersifat gelombang.

Jenis jenis Komputer

Jenis komputer yang satu ini sering di fungsikan untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu. Contoh dari penggunaan untuk jenis komputer ini alah contohnya adalah untuk melakukan pengecekan suhu, penghitungan pada aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan berbagai fungsi lainnya. Komputer ini lebih banyak digunakan sebagai komputer pada kegiatan ilmiah.

Komputer analog memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-cirinya Jenis jenis Komputer adalah data merupakan data kualitatif, bekerja dengan continue dan paralel, tidak menggunakan bahasa perantara, dan pengolahan data hanya dalam bentuk fisik saja.

Komputer analog juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya seperti, selalu akurat dan cocok dalam pengukuran, pengolahan data yang sangat cepat. Sedangkan untuk kekurangannya adalah terkadang data yang di proses tidak tepat dan kurang terstruktur.

Komputer Digital

Jenis jenis Komputer berikutnya adalah Komputer Digital. Anda pasti sudah tidak lagi asing dengan istilah komputer digital yang satu ini sebab jenis komputer yang satu ini sudah bisa disamakan dengan penggunaan jenis – jenis perangkat komputer yang memang sudah sering Anda gunakan dan operasikan saat ini.

Komputer yang satu ini ini juga memiliki karakteristik yang dirancang supaya bisa beroperasi dan digunakan pada dua state. Dua state itu yaitu bit 0 Data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s.

Tujuan umum pembuatan komputer digital ini merupakan komputer dengan sistem yang lebih modern. Sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai fungsi seperti pengolahan data tertentu sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya dipakai untuk kebutuhan sehari – hari.

Komputer Hybrid

Komputer ini digunakan untuk menerima dan mengolah data baik itu kuantitatif ataupun kualitatif. Komputer hybrid juga sering disebut sebagai komputer gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer ini merupakan komputer yang digunakan di rumah sakit dan berfungsi sebagai komputer untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.

Workstation Computer / Komputer Kantoran

Workstation computer merupakan jenis komputer yang menggunakan jaringan dalam menghubungkan komputer tersebut satu dengan yang komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer berada pada suatu ruangan ini juga sering disebut sebagai komputer public atau biasanya kerja atau suatu perkantoran.

Baca Juga : Pengertian Virus Corona dan dengan Hal Pentingnya

Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama. Komputer ini sering digunakan pada perusahaan untuk menjaring informasi se efektif mungkin. Selanjutnya ditambahkan dengan tenaga karyawan yang andal untuk dalam melakukan olah informasi pada komputer.

Jenis jenis Komputer Computer Portable (Laptop / Netbook)

Portabel komputer merupakan komputer dengan ukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi yang terdapat komputer ini merupakan teknologi pemadatan dari komponen – komponen komputer hingga menjadi ukuran sangat kecil.

Sekian pembahasan tentang jenis-jenis komputer. Nantikan beragam informasi lainya hanya di novriadi.com.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close