wisata

√ 9 Destinasi Wisata Danau di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Wisata Danau memang merupakan tujuan wisata yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi saat sedang liburan baik bersama teman dan juga keluarga.

Bagi para penggemar objek wisata Danau yang akan berencana untuk liburan ke Jambi, jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke 5 lokasi wisata ini, dijamin tidak akan kecewa. Jambi tidak hanya mengenai peninggalan Kerajaan Sriwijaya saja. Namun, di sini, ada banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut pilihan 9 Destinasi Wisata Danau di Jambi yang Wajib Dikunjungi.

1. Telaga Biru Tanjung Alam

Telaga Biru Tanjung Alam

Wisata Telaga biru memiliki sumber mata air berbeda dengan Danau Kaco.

Danau Kaco terbentuk karena adanya aliran air dari gunung Kerinci, sementara Telaga Biru dikarenakan sumber mata air dari dalam tanahnya.

Terletak di tengah hutan di desa Tanjung Alam, Merangin, telaga yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi para pecinta camping atau siapa saja yang mempunyai jiwa petualang untuk merasakan tantangan di tempat ini.

Baca juga : Wisata Danau di Sumatera Barat

2. Danau Sipin

Danau Sipin

Tepat di kota Jambi ada pula danau yang tidak kalah indahnya yaitu danau Sipin. Jika ke tempat ini sangat disarankan pada sore hari menjelang terbenamnya matahari, suasananya yang indah dan juga lebih romantis.

3. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh

Masih di sekitar kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tapi kali ini akan beralih ke Gunung Tujuh yang menyimpan danau yang tidak kalah indahnya dibandingkan Danau Kerinci dan Kaco.

Dari danau ini ada jalur tempuh menuju danau terbilang lebih mudah dibandingkan Gunung Kerinci.

Danau yang juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia dengan ketinggiannya berada di 1.950 dpl. Cukup menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi.

Baca juga : Wisata Pantai di Sumatera Barat

4. Danau Kaco

Danau Kaco

Danau yang sebening kaca dan disebut Danau Kaco ini bisa terlihat menyala di malam hari. Cocok buat kamu yang hobi selfie dan danau ini sangat Instagrammable. Lokasi danau yang masih sama dengan Danau Kerinci yaitu di daerah Kerinci yang masih masuk ke dalam area Taman Nasional Kerinci Seblat.

Baca juga : Wisata Puncak di Sumatera Barat

5. Danau Kerinci

Danau Kerinci

Danau yang terletak di balik Gunung Kerinci merupakan danau terbesar di Jambi, dan terbesar kedua setelah Danau Toba.

Setiap tahunnya di area danau ini akan digelar acara Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPDK) yang menampilkan berbagai macam atraksi dan pagelaran kesenian masyarakat khas Jambi.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

6. Danau Lingkat

Danau Lingkat

Menikmati suasana asri serta pemandangan berupa hamparan pepohonan hijau di sekeliling danau, yaitu Danau Lingkat.

Untuk sampai ke lokasi Danau Lingkat tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan dari Desa Wisata Lempur yang jaraknya tidak terlalu jauh. Sesampainya di lokasi wisatawan kamu akan disuguhkan pemandangan danau yang memiliki air berwarna hijau pekat serta panorama indah perbukitan dan pepohonan.

Danau Lingkat yang memiliki luas 12 hektar cukup mempesona karena berada di ketinggian 1.000 MDPL, sehingga membuat hawa di sekitar danau terasa dingin. Warna airnya yang hijau pekat membuat serasi dengan pepohonan rindang yang berada di sekeliling danau ini.

Di danau tersebut, tidak ada perahu. Yang ada hanya rakit bambu. Karena, pengunjung dan masyarakat dilarang menggunakan perahu saat mengarungi danau. Menurut warga setempat, larangan ini bermula dari legenda seorang gadis yang hilang saat berperahu di danau tersebut.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

7. Danau Duo

Danau Duo

Untuk sampai ke Danau Duo ini, pengunjung atau wisatawan bisa menempuh dengan jalan kaki yang memakan waktu sekitar 2 jam. Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda bisa ditempuh selama 45 menit. Danau yang berjarak 8 kilometer dari Lempur dan memiliki jalur yang sulit.

Danau dikelilingi oleh tanaman kulit manis yang ditanam warga setempat. Setiba di lokasi pengunjung bisa menikmati keindahan danau dengan menggunakan rakit. Selain itu di pinggiran danau juga tersedia tempat untuk mendirikan tenda.

Danau Duo memiliki ciri khas, keunikan tersendiri dan berbeda dengan danau lainnya. Permukaan danau akan lebih tinggi pada musim kemarau, dan berkebalikan saat musim penghujan terjadi permukaan danau yang akan menyusut.

Selain itu, danau tersebut tidak memiliki hulu dan juga muara, air di danau tersebut bersumber dari resapan air dari Gunung Batuah. Kelebihan air di danau akan mengalir melalui resapan di bawah tanah dan sampai ke Desa Lempur. Keindahan lain dari danau ini yaitu pinggirannya yang berpasir dan berbatu.

8. Danau Nyalo

Danau Nyalo

Danau yang terletak persis di kaki Gunung Batuah, Lempur. Danau Nyalo tidak terlalu besar, namun memiliki keunikan yang berbeda dari danau lainnya dan memiliki daya tarik memukau.

Nyalo dalam bahasa setempat yaitu menyala. Danau jika dilihat dari dekat warna airnya merah kecoklatan seperti menyala. Sehingga penduduk setempat menyebutnya dengan nama Danau Nyalo.

Untuk sampai ke Danau Nyalo dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Namun untuk sampai langsung ke danau maka pengunjung harus melanjutkan dengan jalan kaki setengah jam dari tempat penitipan motor.

Sesampainya di danau, pengunjung akan disuguhkan dengan kawanan burung belibis. Sebab, danau ini merupakan satu-satunya danau di kawasan Gunung Batuah yang merupakan habitat burung belibis.

Selain itu, danau tersebut juga terdapat tanaman kantong semar. Oleh masyarakat Lempur, tanaman ini bisa gunakan untuk pembungkus kuliner yaitu Lemang Kantong Semar.

9. Danau Kecik

Danau Kecik

Keberadaan Danau Kecik yang merupakan satu dari 5 danau selama ini belum banyak dikenal dibandingkan dengan danau lainnya yang ada di Lempur. Tapi danau ini juga memiliki keistimewaan dan menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi bagi pecinta alam.

Lokasinya yang tersembunyi, pengunjung akan disuguhkan jernihnya air danau. Selain itu, pengunjung juga akan mendengar kicau burung endemik dan hamparan Hutan Adat yang masih terjaga keasliannya.

Demikian daftar dari 9 Destinasi Wisata Danau di Jambi yang Wajib Dikunjungi. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close