wisata

√ 8 Destinasi Wisata Puncak di Sumatera Barat yang Menarik

Untuk kamu yang menyukai suasana alam atau sekedar ingin menikmati indahnya pegunungan, maka ada beberapa tempat wisata di bawah ini yang cocok banget buat kamu kunjungi. Sumatera Barat yang selama ini terkenal dengan kulinernya ternyata juga memiliki alam yang indah juga mempesona.

Ada banyak puncak yang bisa dijadikan objek wisata oleh pemerintah setempat. Tidak hanya menawarkan suasana alamnya, namun juga beberapa objek wisatanya juga memiliki taman yang instagramable. Berikut ini contoh 8 Destinasi Wisata Puncak di Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi.

1. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan

Untuk kamu yang ingin menikmati wisata alam dan juga menguji adrenalin maka Puncak Gagoan adalah tempat yang pas. Puncak yang dihiasi dengan ilalang dan tebing bebatuan yang kemiringannya cukup curam. Jalurnya yang ekstrim karena harus mendaki dan menurun untuk sampai ke Puncaknya.

Namun setelah kamu tiba maka akan disuguhkan dengan pemandangan dan berbagai spot alam yang fotogenik. Dari sini kamu bisa menikmati indahnya Danau Singkarak dan hamparan padang ilalang yang indah. Puncak yang menarik ini berada di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

2. Puncak Gobah

Puncak Gobah

Bersantai di rumah pohon menjadi tawaran utama yang bisa kamu nikmati di Puncak Gobah. Ada beberapa rumah pohon dengan ketinggian sekitar 10 meter dari tanah. Selain itu kamu juga bisa menikmati wahana flying fox, motor cross dan paralayang.

Ada beberapa spot menarik yang bisa kamu jadikan untuk kamu berselfie ria atau berfoto bareng teman dan pasangan. Kamu juga disuguhkan dengan pemandangan Danau Singkarak yang indah. Puncak Gobah yang terletak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Baca juga : Wisata di Painan

3. Puncak Langkisau

Puncak Langkisau

Jika kamu mencari arena paralayang selain Puncak Lawang, maka Puncak Langkisau menjadi pilihan lainnya. Bahkan di sini kamu akan ditawarkan dengan pemandangan yang tidak kalah indah dan mempesona. Kamu bisa melihat pulau kecil yang berjejer di depannya, luasnya Samudera Hindia termasuk menikmati warna keemasan matahari yang terbenam.

Selain itu Puncak Langkisau juga memiliki arena flying-fox, outbound serta taman kecil dengan beberapa gazebo untuk bersantai. Puncak Langkisau yang berada di Nagari Salido, IV Jurai, Pesisir Selatan.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

4. Puncak Aua Sarumpun

Puncak Aua Sarumpun

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Danau Singkarak yaitu di Puncak Aua Sarumpun. Puncak yang masih sangat alami. Jalan untuk sampai ke sini saja masih berupa tanah merah dan berbatu. Karenanya kamu harus melihat kondisi cuaca sebelum memutuskan untuk menikmati keindahan alam di Puncak Aua Sarumpun, karena jika hari hujan, jalanan akan becek dan licin.

Biasanya pengunjung lebih memilih untuk datang pada sore hari. Karena kemilau emas matahari yang tenggelam dan kuningnya ilalang menghasilkan perpaduan suasana yang menawan. Puncak Aua Sarumpun berada di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

5. Puncak Anai

Puncak Anai

Selain menawarkan udara yang segar dan pemandangan yang menarik, Puncak Anai memiliki lapangan golfnya, penginapan serta camping ground yang bisa menampung ratusan tenda buat kamu yang ingin bermalam atau mengadakan acara di tempat ini. Selain itu disini juga terdapat pemandian alam untuk anak dan dewasa yang nyaman.

Beberapa sarana sudah dibangun dengan menggunakan bebatuan alam untuk mempertahankan nuansa yang alami. Puncak Anai yang terletak di Bukit Kandang Ampek, Kanagarian Guguk,  Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga : Wisata di Kota Pariaman

6. Puncak Cemara

Puncak Cemara

Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan wisata sejarahnya, yaitu Sawahlunto juga memiliki wisata alam yang tidak kalah indah. Puncak Cemara inilah salah satu contohnya. Di Puncak Cemara Kamu bisa menikmati keindahan alam Sawahlunto yang mempesona.

Di tempat ini terdapat gazebo, playground, wahana Ayunan Cacaga, hammock serta monumen kesetiaan yang jadi maskot Puncak Cemara. Kamu juga bisa melihat monyet ekor panjang yang bermain atau lalu lalang di tempat wisata ini.

Baca juga : Wisata di Lubuk Basung

7. Puncak Mandeh

Puncak Mandeh

Banyak orang yang mengenal kawasan Mandeh sebagai Raja Empatnya Sumatera Barat. Daerah yang memiliki gugusan pulau yang indah. Dari Puncak Mandeh kamu bisa melihat Pulau Traju, Pulau Setan Kecil dan beberapa pulau lainnya. Perpaduan dari birunya air laut dan hijaunya pulau tersebut akan membuat kamu terpukau dan kagum.

Untuk sampai ke kawasan ini kamu bisa melalui jalur laut dan juga darat. Kamu juga bisa menikmati wahana Cliff jump, diving atau sekedar menikmati pesona sunset yang ada.

8. Puncak Lawang

Puncak Lawang

Puncak lawang yaitu sebuah puncak yang paling terkenal di Sumatera Barat. Puncak yang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam memiliki ketinggian 1.210 mdpl. Daerah yang menjadi tempat yang tepat untuk kamu menikmati keindahan Danau Maninjau dari ketinggian.

Selain pemandangan alam, Puncak Lawang juga menawarkan berbagai arena game yang akan memanjakan pengunjungnya. Kamu juga bisa menikmati Flying Fox dan Paralayang di sini. Karena tempatnya menarik dan indah untuk dikunjungi.

Sekian contoh dari 8 Destinasi Wisata Puncak di Sumatera Barat yang bisa kamu sambangi saat berlibur di kota Padang.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close