wisata

10 Objek Wisata di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi

Palembang tidak hanya terkenal dengan jembatan Ampera dan makanan khasnya yaitu pempek dan kerupuknya saja, namun bagi Anda yang menyukai wisata tanah air. Palembang bisa Anda jadikan sebagai destinasi liburan seru dan juga menyenangkan. Karena di Palembang ada banyak tempat wisata yang menawarkan kenyamanan dan juga keunikan.

Nah, selain Anda bisa berwisata di berbagai tempat, Anda juga bisa sambil menikmati menu kuliner khas Palembang yang menggugah selera pengunjungnya. Untuk mengenal dan tahu lebih banyak mengenai tempat wisata asyik di Palembang, berikut ini pilihan yang pas untuk Anda:

10 Objek Wisata di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi

1. Kampong 13 Ulu

10 Objek Wisata di Palembang Yang Wajib Di Kunjungi
Kampong 13 Ulu

Kampong 13 Ulu atau Kampong Arab 13 Ulu merupakan satu tempat wisata unik berciri khas dengan bangunan berarsitektur daerah dan juga tempo dulu. Anda bisa melihat keunikan tersendiri, mulai dari bentuk limas pada rumah, sentuhan gaya Timur Tengah dan Eropa sampai pada ukiran kayu yang indah di bagian atasnya. Keunikan lainnya yaitu penghuninya juga ‘bernuansa’ Arab-Eropa dengan ciri berhidung mancung dengan tubuh tinggi besar.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

Di lokasi ini terdapat juga rumah yang sudah berdiri sejak 250 tahun silam. Meski sudah melebihi dua abad, rumah ini tidak terlihat tua karena catnya yang penuh dengan colorful. Sehingga tetap cantik dan menawan untuk dijadikan sebagai spot menarik dan Instagramable untuk menjadi background selfie Anda.

2. Pasar Sekanak

Pasar Sekanak
Pasar Sekanak

Sebelumnya, kawasan ini merupakan sebuah kawasan yang kumuh dan kotor. Namun, setelah adanya revitalisasi dan dibenahi sedemikian cantik, maka Pasar Sekanak sekarang menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang yang harus wajib Anda kunjungi. Ada banyak spot cantik juga menarik untuk Anda yang suka berfoto dan menikmati keindahan gaya vintage. Selain itu juga tidak jauh dari lokasi wisata Anda bisa menikmati hembusan angin serta pemandangan sungai musi yang cukup menarik di pagi dan senja hari.

Baca juga : Wisata Kota Medan

3. Punti Kayu

Punti Kayu
Punti Kayu

Jika di Jakarta ada Kebun Binatang Ragunan, di Bogor ada Kebun Rayanya, nah untuk di Palembang ada wisata alam dan hutan yang indah dan asri. Namanya yaitu wisata hutan Punti Kayu, di tempat ini ada beberapa jenis tanaman dan juga satwa yang dipelihara untuk bisa Anda lihat bersama keluarga dan juga sahabat. Selain itu juga udara yang asri juga teduh untuk dinikmati di pagi dan senja hari. Membuat tempat ini cukup romantis dan menyenangkan.

Lahan konservasi yang cukup luas ini menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang yang cukup buat Anda terlena. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Palembang menjadikan tempat ini menjadi salah satu alasan mengapa Punti Kayu menjadi destinasi favorit setiap orang. Selain tempatnya yang teduh dan banyak spot berfoto, nuansa yang ditawarkan juga asyik untuk bersantai dan menenangkan pikiran Anda.

Baca juga : Objek Wisata Candi Yogyakarta

4. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro
Pulau Kemaro

Pulau Kemaro juga menjadi salah satu pilihan wisata di Palembang yang ikonik. Bagaimana tidak, pulau ini memiliki daya tarik berupa kisah perburuan harta dibalut percintaan yang melegenda bagi sejarah Pelambang. Pulau ini sejatinya sebuah delta dengan luas sekitar 30 hektar yang memiliki nuansa seperti Anda akan terbawa pada suasana di kawasan Pecinan.

Salah satu daya tarik utama dan landmark pulau ini yaitu bangunan pagoda dengan sembilan lantainya. Selain pagoda, Anda juga akan bisa mengunjungi aneka wisata dari kelenteng sampai kepada hadirnya pohon cinta. Dengan spot foto yang indah dan keren membuat Anda semakin betah berlama – lama di sana.

Baca juga : Objek Wisata Malam Yogyakarta

5. Wisata Religi Al-Quran Al-Akbar, Gambus

Wisata Religi Al-Quran Al-Akbar, Gambus
Wisata Religi Al-Quran Al-Akbar, Gambus

Anda ingin berwisata religi, di Palembang terdapat sebuah Museum Al-Quran Al Akbar namanya dan menjadi destinasi wisata di Palembang yang paling tepat. Di tempat ini banyak menyuguhkan hasil karya seni nan indah dan juga bernilai sejarah tentunya.

Al-Quran setinggi 177 cm dan lebar 140 cm dengan ketebalan 2,5 cm ini dipahat di permukaan kayu tembesu yang tebal dan besar. Total karya ini ada 315 papan kayu untuk menampilkan semua ayat tertulis Al-Quran dalam bentuk pahatan, yang kini terlihat sangat indah dan bernilai religi. Pada saat Anda berkunjung ke tempat ini sepatutnya Anda menjaga sikap dan juga tidak merusak benda yang ada di tempat tersebut.

6. Rumah Apung Sungai Musi

Rumah Apung Sungai Musi
Rumah Apung Sungai Musi

Jika Anda ingin melihat pemandangan properti yang tidak biasa di Palembang, maka pilihan jatuh pada Rumah Apung yang berada di Sungai Musi. Tempat ini bisa menjadi destinasi yang tepat dan juga menyenangkan. Rumah berbentuk rakitan ini cukup banyak tersebar di pinggiran sungai Musi, tidak hanya rumah namun ada juga restoran apung yang menyajikan hidangan nikmat lagi sedap.

Banyak hal yang bisa Anda lihat dan rasakan di tempat ini. Rumah apung Sungai Musi, yang dihuni oleh mayoritas suku Tionghoa, tidak jauh berbeda dengan rumah dan bangunan lainnya, meskipun aktivitas banyak dilakukan di atas air. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang sangat berkesan terkait dengan Rumah Apung.

Anda juga bisa berbelanja di pasar apung mulai menikmati kopi di atas Sungai Musi sampai berburu kuliner nan nikmat. Untuk mendukung aktivitas semua warga di sungai Palembang ini, disediakan stasiun pengisian bahan bakar minyak di atas Sungai Musi untuk perahu atau ketek yang melintas.

7. Amanzi Waterpark Citragrand City

Amanzi Waterpark Citragrand City
Amanzi Waterpark Citragrand City

Siapa yang tidak suka bermain air?. Hampir semua orang pasti menyukainya, nah wahana tempat wisata kali ini menawarkan banyak permainan air yang bisa dinikmati. Tentu Anda tidak akan melewatkan kesempatan bersenang – senang di taman wisata air dengan banyak slide dan wahana permainan lainnya yang ada.

Jenis wahana yang ditawarkan mulai dari River Nille, The Raft, The Falls hingga The Cyclone yang akan membuat Anda meninggalkan lokasi dengan kesan mendalam. Untuk tiket masuk wahana Anda dibandrol harga yang cukup terjangkau. Malahan, Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika mengambil promo yang tersedia.

8. Pempek Pak Raden

Pempek Pak Raden
Pempek Pak Raden

Jika Anda berlibur ke Palembang, tidak lengkap rasanya menikmati beberapa jenis kuliner khas salah satunya yaitu Pempek. Ada banyak penjual pempek khas yang rasanya nikmat dan menggoda, namun tidak salahnya jika Anda berkunjung ke gerai satu ini yaitu Pempek Pak Raden.

Berdiri sejak tahun 1984, pempek Pak Raden menjadi salah satu booth makanan paling terkenal di Palembang dan sampai saat ini sudah membuka banyak cabang di seluruh Indonesia. Namun, kekhasan makan pempek langsung di kota asalnya Palembang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda sudah bisa menikmati berbagai jenis pempek Pak Raden yang tersedia.

9. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera
Jembatan Ampera

Ciri dari kota Palembang memang tidak terlepas dari jembatan Amperanya. Tidak ada yang bisa menggantikan landmark kota Palembang, dengan Jembatan Ampera. Kemegahan dan fungsinya yang yang sangat vital bagi warga membuat jembatan ini menjadi ikon tersendiri bagi kota Palembang.

Banyak cara untuk bisa menikmati kesan terbaik dari Jembatan ini, mulai dari pinggiran sungai Musi yang saat ini sudah indah, menikmati matahari terbenam di kafe di sore hari, sampai berkeliling langsung menggunakan perahu. Menikmati spot indah juga menarik juga bisa Anda nikmati di jembatan ini. Dan lokasi jembatan pas berada di tengah pusat kota sehingga memudahkan Anda untuk mencari berbagai kebutuhan seperti oleh – oleh, pusat kuliner, jajanan dan penginapan.

10. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung

Apabila Anda ingin berwisata ke area yang terbuka dan menikmati keindahan alamnya, maka Anda wajib mengunjungi salah satu tempat wisata bernama air terjun Maung yang ada di Palembang. Di tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena airnya yang jernih dan banyak dinikmati oleh para wisatawan.

Jika Anda ingin mengunjungi dan penasaran dengan tempat ini maka Anda bisa langsung kunjungi Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika Anda sudah sampai ke lokasi air terjun maka di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi dengan pemandangan kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam. Tempat ini memang terbilang cukup jauh dari pusat kota, namun jika dilihat dari panoramanya Anda tentu akan merasakan keindahannya yang luar biasa.

Berlibur dan berwisata memang menjadi kebutuhan psikologis seseorang, dengan berlibur suasana hati dan pikiran akan menjadi lebih segar dan semangat. Karena itu saat berlibur nikmati dengan perasaan bahagia dan ceria, semoga rekomendasi di atas menjadi pilihan Anda berwisata saat berada di Palembang. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close