Kesehatan

5 Tips Puasa Saat Hamil Wajib Dilakukan

Apakah anda sudah melakukan beberapa tips puasa saat hamil? Tips tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda dan juga sang bayi. Berpuasa saat sedang mengandung berbeda dengan ketika anda masih lajang. Anda harus tetap memperhatikan asupan nutrisi unuk janin yang berada di dalam perut anda. Tidak sedikit pula ibu hamil yang harus berhenti puasa karena kehamilannya melemah.

Baca Juga : Game Google Doodle Game Populer saat Ini

Namun anda jangan khawatir, jika memang kandungan anda dinyatakan sehat oleh dokter maka anda bisa melaksanakan ibdah puasa ini. Namun tetaplah memperhatikan konsumsi nutria untuk bayi ya. Anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini agar bayi anda sehat selalu walaupun sang ibu sedang berpuasa.

Konsumsi Makanan Sehat Dan Bergizi

Tips puasa saat hamil yang pertama ialah anda harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Perbanyaklah makan makanan yang bergizi dan memiliki banyak kandungan vitamin. Pastikan asupan karbohidrat anda terpenuhi, bisa dari mengkonsumsi nasi atau produk berbahan dasar tepung. Selain itu, anda juga perlu mengonsumsi protein dari daging serta vitamin dari sayur dan buah-buahan.

Penuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh Anda

Bila pada orang biasa yang tidak sedang mengandung saja tetap harus memenuhi kebutuhan cairan yang ada pada tubuhnya, maka anda sebagai ibu hamil juga haus melakukan hal tersebut. Untuk wanita hamil, anda memerlukan 10 hingga 12 gelas air dalam kurun waktu sehari.

10 atau 12 gelas tersebut tentunya bisa dibagi menjadi beberapa kali minum yaitu 3 atau 4 gelas saat sahur, 4 atau 5 gelas saat berbuka puasa, dan 2 atau 3 gelas saat sebelum tidur. Dengan begitu, cairan dalam tubuh anda akan terpenuhi dengan baik dan sang baik serta ibunya tidak akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Olahraga Dengan Cara Yang Tepat

Tips puasa saat hamil

Walaupun berpuasa jangan lupa untuk tetap berolahraga. Tips puasa saat hamil yang satu ini berguna untuk membantu stamina anda agar tetap fit dan siap untuk melahirkan. Pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat dan menghasilkan keringat. Anda bisa melakukan senam ringan atau yoga dan lakukanlah aktivitas ini di sore hari menjelangg waktu berbuka puasa.

Tips puasa saat hamil Jaga Pola Tidur

Menjaga pola tidur sangat dibutuhkan untuk anda yang sedang hamil. Terlebih lagi anda harus bangun pada saat dini hari untuk melaksanakan sahur. Perbanyaklah istirahat dan kurangi aktivitas yang berat-berat. Anda dan bayi anda membutuhkan istirahat yang banyak. Tidak hanya pada malam hari, anda bisa beristirahat pada siang hari dan kembali beraktivitas pada sore hari.

Hindari Makanan Pedas Dan Berminyak

Salah satu pantangan yang harus dipatuhi oleh ibu hamil ialah tidak boleh mengonsumsi makanan yang berminyak dan memiliki cita rasa pedas. Tips puasa saat hamil kali ini memang harus dilakukan karena makanan pedas dapat memicu asam lambung. Tidak hanya asam lambung namun juga dapat memicu diare serta morning sickness. Tentunya anda tidak ingin hal-hal tersebut terjadi selama anda mengandung di bulan puasa, kan?

Baca Juga : 7 Fitur Baru yang Seri di PUBG Season 13

Makanan yang berminyak pun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan akan terjadi penumpukan lemak jahat yang sangat tidak baik bagi kesehatan anda dalam jangka waktu panjang.

Itulah beberapa tips puasa saat hamil yang bisa anda lakukan. Tetaplah jaga kesehatan anda dan sang bayi agar kehamilannya lancar. Jangan lupa untuk terus rajin berolahraga ya, aktivitas tersebut akan memudahkan anda dalam persalinan. Nah, jangan lupa untuk terus ikuti novriadi.com untuk informasi menarik lainnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close