Teknologi

Apa Itu Pengertian iOS : Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangan

Kamu pastinya sering mendengar nama iPhone di setiap iklan atau produk berbasis teknologi, tapi apakah demikian untuk iOS?. Padahal, keduanya sama sekali tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Nah apa itu iOS sebenarnya?. Apakah hubungan di antaranya memang saling berkaitan?. Untuk menjawab pertanyaan itu, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu IOS dan hal yang berkaitan seperti di bawah ini:

Baca juga : iPhone 8

Pengertian iOS

Apa Itu Pengertian iOS : Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangan
Pengertian iOS

Ibarat iOS seperti Windows, hanya saja, kalau Windows diperuntukkan bagi PC dan juga laptop, namun iOS dirancang untuk perangkat  khusus produk iPhone, iPad dan iPod Touch.

Pada dasarnya iOS merupakan sebuah sistem operasi mobile seperti Android, jadi kita bisa juga menganggapnya sebagai adakah nyawa dari perangkat. Secara fungsi keduanya memang mirip, tapi cara kerjanya tentu berbeda. Salah satu contohnya, pada Android ada istilah launcher aplikasi, sedangkan untuk iOS tidak, dimana semua icon aplikasi akan ditampilkan di layar utama  atau homescreen.

Perbedaan keduanya yang cukup mencolok yaitu, Android dikembangkan dengan konsep open-source, sedangkan iOS dikembangkan secara tertutup oleh Apple sendiri, tanpa adanya campur tangan dari luar.

Namun, sejak iOS 9, Apple telah sedikit berubah haluan menjadi lebih ‘terbuka’ bagi para pengembang aplikasi. iOS versi terbaru memperkenalkan fitur widget pada bagian Notification Center. Seperti yang diketahui, widget merupakan salah satu fitur andalan Android selama beberapa tahun belakangan.

Kehadiran fitur widget membuka potensi iOS menjadi lebih luas lagi dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan aplikasi Launch Center Pro contohnya, pengguna iOS pada dasarnya bisa mendapatkan fitur launcher aplikasi pada Notification Center, atau juga akses cepat untuk mengaktifkan fungsi-fungsi tertentu di berbagai aplikasi.

Perbedaan yang ketiga, iOS tidak mengenal istilah tombol “Back”, yang biasa disimbolkan dengan tanda panah ke kiri pada Android, baik dalam wujud tombol fisik atau virtual. Perangkat iOS hanya memiliki satu tombol “Home” saja, yang fungsinya untuk keluar dari aplikasi.

Ada banyak keuntungan dan juga kerugian dari perbedaan-perbedaan tersebut. Karena itu, sangat sulit memperdebatkan mana yang lebih bagus diantaranya karena dari cara kerjanya sudah sangat berbeda.

Baca juga : Apa Itu Android?

Sejarah Perkembangan iOS Dan Versinya

Sejarah Perkembangan iOS Dan Versinya
Sejarah Perkembangan iOS Dan Versinya

Berikut ini adalah sejarah perkembangan iOS dari tahun ke tahun:

1. 2007 Versi Awal iOS Dengan Nama iPhone OS 1

Pada tahun 2007, iOS pertama kali dikenalkan oleh Apple dengan nama iPhone OS dan dengan diperkenalkannya iPhone 3G. Pada saat itu juga, mendiang Steve Jobs menjelaskan bahwa iPhone OS menggunakan basis kode yang sama dengan OS X.

Versi pertama iPhone OS belum dilengkapi dengan adanya toko aplikasi. Semua aplikasi bawaan yang terdapat pada iPhone seperti aplikasi-aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh Apple. Mulai dari aplikasi pemutar musik, browser, sampai kalkulator.

2. 2008 iPhone OS 2

Setahun kemudian, pada 11 Juli 2008, Apple mengupdate iPhone OS menjadi versi 2 untuk iPhone 3G. Pada versi kedua ini iPhone OS sudah dilengkapi dengan toko aplikasi yang dikenal dengan nama App Store sampai sekarang. Dengan versi kedua maka, para pengguna iPhone 3G dapat menambah koleksi aplikasi dengan cara mengunduh langsung dari App Store.

3. 2009 Hadirnya Copy-Paste Dan IAP

iPhone OS terus berevolusi dan pada tahun 2009, hadir iPhone OS 3 yang diperkenalkan bersamaan dengan iPhone 3GS. Pada versi ini juga hadir fitur yang sangat penting bagi iPhone sampai saat ini, seperti dukungan in-app purchase, yaitu fitur pembayaran dalam aplikasi. Pada versi ketiga ini juga terdapat fitur copy-paste yang sangat membantu para pengguna iPhone 3GS.

4. 2010 iPhone OS Berubah Nama Menjadi iOS

Barulah pada tahun 2010, Apple resmi mengumumkan perubahan nama dari iPhone Os menjadi iOS. Tanggal 21 Juni 2010 diperkenalkan iOS 4 dengan beberapa fitur baru. Salah satu fitur terpenting pada versi ini yaitu multitasking, kemampuan untuk menjalankan lebih dari 1 aplikasi dalam waktu bersamaan. iOS juga tidak hanya tersedia pada iPhone saja, namun juga pada iPod Touch yang diperkenalkan pada tahun yang sama.

5. 2011 – Diperkenalkannya Siri Pada iOS 5

Tanggal 21 Juni 2011, tepatnya pada acara Wordlwide Developer Conference, Apple memperkenalkan iOS 5. Banyak sekali fitur baru juga menarik yang ditambahkan dalam versi ini. Tiga fitur baru yang paling populer dan berpengaruh yaitu dukungan iCloud, iMessege dan Siri.

Pada versi kali ini untuk pertama kalinya para pengguna iPhone dapat mengaktivasi iPhone tanpa menggunakan laptop dan komputer.

6. 2012 Diperkenalkannya Apple Maps

Tanggal 11 Juni 2012, Apple kembali memperkenalkan iOS versi terbaru. Kali ini sudah masuk pada versi keenam. Pada iOS 6 terdapat fitur baru yang ditambahkan yaitu Apple Maps. Namun sayangnya respon para pengguna Apple cukup negatif dengan Apple Maps. Versi yang diperkenalkan bersamaan dengan diluncurkannya iPhone 5.

7. 2013 iOS 7 Diperkenalkan

iOS terus merubah demi pembaruan, tepatnya tanggal 10 Juni 2013, iOS 7 diperkenalkan. Pada versi ini banyak perubahan yang dilakukan oleh Apple, terutama dari segi desain. Tampilan ikon dan antarmuka secara keseluruhannya telah berubah menjadi lebih datar. Beberapa fitur tambahan pada versi ini seperti AirDrop, Control Center, serta dukungan Touch ID yang terdapat pada iPhone 5S.

8. 2014 iOS 8 Diperkenalkan Dengan Beragam Fitur Baru

Tanggal 2 Juni 2014, iOS 8 diperkenalkan dengan membawa beberapa fitur baru seperti Family Sharing, Continuity, aplikasi Health dan iCloud Drive. 9. 2015 – iOS 9. Tanggal 8 Juni 2015, iOS 9 dirilis. Versi ini membawa beberapa fitur baru seperti 3D Touch yang dapat digunakan pada iPhone 6S dan juga 6S Plus. Beberapa aplikasi bawaan baru juga diperkenalkan seperti News, dan berubahnya aplikasi Passbook menjadi Wallet.

10. 20166 iOS 10 Diperkenalkan

Pada tahun 2016 iOS 10 mulai diperkenalkan. Dengan membawa beberapa perubahan mulai dari Lock Screen yang didesain ulang, fitur Message baru, dan masih banyak lagi lainnya. Pada versi kali ini Apple memperkenalkan API Siri untuk para pengembang aplikasi.

11. 2017 iOS 11 Diperkenalkan

Selanjutnya adalah versi ke-11 dari iOS yang diperkenalkan pada tanggal 19 September 2017. Versi ini, Notification Center dan Lock Screen menjadi satu sehingga lebih mudah untuk dipantau.

12. 2018 iOS 12 Diperkenalkan

iOS 12 merupakan versi paling baru saat ini dari iOS. Diperkenalkan pada tanggal 17 September 2018 kemarin. Versi ini lebih menitikberatkan pada stabilitas dan juga peningkatan performa.

Baca juga : Apa Itu Bandwidth?

Kelebihan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya

Kelebihan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya
Kelebihan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya

iOS memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan dengan OS Mobile lainnya seperti Android, Symbian dan Windows Phone. Berikut ini adalah beberapa kelebihan iOS yaitu:

  • Lebih stabil karena dikembangkan dengan terintegrasi langsung pada hardware-nya (iPhone).
  • Memiliki toko aplikasi yang solid berisi banyak aplikasi dan juga game.
  • Terintegrasi dengan produk Apple lain seperti MacBook, dan iPad.
  • Secara rutin di update oleh Apple dengan berbagai fitur terbaru.

Kekurangan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya

Kekurangan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya
Kekurangan iOS Dibandingkan OS Mobile Lainnya

Membahas kelebihan iOS saja tanpa membahas kekurangannya tentu menjadi satu hal yang tidak lengkap. Jadi, berikut ini adalah kekurangan iOS jika dibandingkan dengan OS Mobile lainnya:

  • Hanya tersedia di iPhone saja.
  • Lebih banyak aplikasi dan game yang berbayar.
  • Kode sumbernya tertutup sehingga kita tidak bisa ikut mengembangkannya.
  • Terkadang iPhone versi lama tidak mendapatkan update ke iOS dengan versi terbaru.

Demikian pembahasan mengenai apa itu IOS dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close