umum

Contoh proposal kewirausahaan, Tujuan, Rumusan Masalah, Utilitas Dan Analisis

Proposal kewirausahaan adalah dokumen desain kewirausahaan yang resmi dan memiliki manfaat besar untuk kelangsungan bisnis Anda saat ini dan di masa depan. Untuk alasan ini, sebagai wirausahawan yang cerdas, Anda harus membuat proposal sebaik mungkin termasuk semua elemen proposal, yaitu:

Contoh proposal kewirausahaan untuk makanan ringan

Judul:

Usaha membuat Delicious Meatball Pomacea canaliculata sebagai upaya diversifikasi makanan yang terbuat dari bekicot mentah (Pomacea canaliculata)

A. Pendahuluan

Latar belakang dan motivasi berbisnis

Contoh proposal kewirausahaan, Tujuan, Rumusan Masalah, Utilitas Dan Analisis
Contoh proposal kewirausahaan, Tujuan, Rumusan Masalah, Utilitas Dan Analisis

Siput emas (Pomacea canaliculata) adalah salah satu hama utama, terutama di sawah irigasi. Tingkat hama keong emas cukup tinggi. Serangan yang lebih kuat biasanya terjadi di pembibitan sampai tanaman di bawah 4 MST. Tentu saja, ini menyebabkan kerugian bagi petani karena kerusakan tanaman padi yang menyebabkan hilangnya panen.

Baca juga : Contoh Proposal Kegiatan

Siput emas menyukai lingkungan yang jernih, memiliki suhu air antara 10 dan 35 Ā° C. Oleh karena itu, siput emas mudah ditemukan di sawah, waduk, kolam, rawa, dan perairan yang tergenang. Siput emas adalah herbivora yang memakan segalanya dan sangat rakus, tanaman yang disukai adalah tanaman muda dan lunak seperti biji padi, tanaman sayuran dan eceng gondok.

Baca juga : Contoh Proposal Bisnis

Hingga saat ini, pengendalian hama keong emas oleh petani adalah penggunaan pestisida. Tetapi penggunaan pestisida yang tidak benar sebenarnya menyebabkan banyak efek berbahaya pada lingkungan dan bahkan munculnya kebangkitan dalam sistem ekologi. Penggunaan pestisida, tentu saja, juga akan meningkatkan biaya petani. Meskipun kulitnya berwarna keemasan

Apabila  dikelola dengan baik, ini merupakan produk potensial untuk meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan gizi masyarakat. Siput emas juga dapat digunakan sebagai makanan untuk hewan, ikan, udang, sumber makanan dengan kandungan protein tinggi untuk masyarakat, obat-obatan dan sebagai pengendali inang untuk parasit trematoda yang gatal. Dengan potensi ini, keong emas harus dikelola untuk digunakan dan dibudidayakan.

Peluang bisnis berbasis produk

proposal kewirausahaan
proposal kewirausahaan

Kabupaten A adalah salah satu daerah yang menjadi lumbung padi di Indonesia, di mana ia memiliki area persawahan yang cukup besar. Banyak keong emas ditemukan di areal persawahan, yang merupakan masalah bagi petani. Kondisi ini tidak bisa digunakan oleh masyarakat di A. Meskipun keong emas memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, akan sangat tepat jika keong emas dapat digunakan sebagai makanan olahan yang bergizi tinggi.

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri

Penggunaan siput emas sebagai bahan makanan, selama ini hanya diproses dalam sate siput. Pemilihan pengolahan kunyah bekicot menjadi bakso karena bakso disukai masyarakat. Pengolahan keong emas dalam bakso dapat menjadi bahan makanan alternatif sehubungan dengan bisnis diversifikasi makanan untuk meningkatkan nilai penjualan keong emas, serta perusahaan produktif yang dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu, dapat menjadi upaya untuk mengendalikan hama yang tidak merusak lingkungan.

Perumusan masalah

Pemilihan dalam usaha pembuatan produkĀ bakso Pomacea canaliculata didasarkan pada seringnya terjadi hama keong emas di areal persawahan di sekitar Kabupaten A. Sayangnya, hewan moluska ini belum diproses secara optimal. Meskipun keong emas memiliki kandungan protein tinggi untuk dijadikan makanan bergizi olahan.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Tentunya dengan seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan makanan dan perubahan selera konsumen, perlu adanya terobosan untuk membuat makanan olahan yang terbuat dari siput emas tetapi dengan bentuk yang lebih bervariasi, rasa yang enak, nilai gizi yang tinggi, harga yang kompetitif dibandingkan dengan produk pesaing, tanpa bahan pengawet, dan tidak mengurangi kandungan nutrisi dari keong emas itu sendiri.

Dengan asumsi ini, bisnis membuat bakso keong emas diharapkan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tujuan Program

Tujuan dari program ini meliputi:

  1. Buat unit bisnis yang menghasilkan laba.
  2. Mengembangkan siput emas sebagai produk makanan olahan yang menarik dan berkualitas tinggi.
  3. Buat diversifikasi makanan baru dalam bentuk bakso yang terbuat dari keong emas.
  4. Meningkatkan terhadap nilai ekonomi siput emas sebagai makanan.
  5. Mengembangkan dalam pengendalian hama keong emas ekologis.
  6. Meningkatkan kreativitas siswa dalam suatu kegiatan bisnis dan meningkatkan kepekaan terhadap keberadaan peluang bisnis.

Pembenaran untuk memilih Objek Bisnis

Pembenaran untuk memilih Objek Bisnis
Pembenaran untuk memilih Objek Bisnis
  1. Ini adalah hewan yang dikenal oleh semua orang dan dapat ditemukan di beberapa sawah.
  2. Siput emas adalah hewan yang memiliki nilai gizi tinggi sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan.
  3. Siswa pada umumnya menguasai penggunaan teknologi yang digunakan untuk membuat produk bakso keong emas.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Produk bakso siput emas yang memiliki kualitas dan menarik konsumen.
  2. Membuat kemajuan baru dalam produk makanan berbasis hama yang memiliki rasa lezat dan bergizi dengan harga terjangkau untuk masyarakat umum dan didukung oleh sistem pemasaran yang efektif.
  3. Buat unit bisnis bakso yang terbuat dari siput emas.
  4. Pembentukan kemitraan dengan unit bisnis bakso keong emas dengan petani.

Utilitas program.

  1. Penggunaan hama keong emas dalam bentuk makanan olahan bergizi tinggi.
  2. Meningkatkan nilai ekonomi siput emas.
  3. Mengurangi jumlah hama keong emas dalam budidaya tanaman pertanian.
  4. Menumbuhkan semangat kewirausahaan pada siswa yang sejalan dengan kreativitas dan keterampilan mereka dalam bentuk pengusaha bakso.

B. Analisis produk

Jenis dan nama produk, karakteristik produk

  • Jenis: makanan olahan yang kaya protein
  • Nama produk: Delicious Meatball Pomacea canaliculata
  • Fitur :: Ini adalah produk makanan olahan yang terbuat dari bahan baku.

Dari wabah keong emas, di mana keong emas memiliki kandungan protein tinggi, menjadikannya makanan dengan gizi bagi kesehatan.

Itulah beberapa gaya penulisan proposal kewirausahaan yang mungkin bisa menjadi referensi anda untuk menulis sebuah hasil yang baru dengan usaha yang anda berikan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close