wisata

√ 15 Kuliner Khas Bengkulu yang Harus Dicoba

Bengkulu memang dikenal dengan objek wisatanya yang menarik dan unik. Ternyata tidak hanya itu saja, Bengkulu juga memiliki ragam makanan tradisional khas yang juga terkenal akan kenikmatan dan kelezatannya. Penasaran apa saja makanan khas Bengkulu yang terkenal itu?, simak contoh 15 Kuliner Khas Bengkulu Yang Harus di Coba.

1. Lema

Lema

Makanan asal Bengkulu ini  sepintas memang mirip dengan Tempoyak. Namun bedanya, kalau Tempoyak berasal dari fermentasi buah durian, lema diolah dari fermentasi adonan rebung atau bambu muda cincang yang dicampur dengan ikan air tawar.

Cita rasa asam dan aroma kuliner khas Bengkulu yang cukup kuat, membuat Lema menjadi makanan tradisional khas terfavorit dan bisa dijadikan lauk makan nasi dengan lalapan.

2. Gulai Pisang

Gulai Pisang

Masyarakat Bengkulu memang dikenal dengan hidangan kulinernya. Pisang yang biasa diolah sebagai manisan atau langsung disantap begitu saja, oleh masyarakat Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan berupa gulai. Bosan dengan menu olahan pisang yang monoton, maka kamu bisa berkunjung ke Bengkulu dan mencoba rasa manis gurihnya Gulai Pisang kota ini.

Baca juga : Kuliner Khas Sumatera Selatan

3. Lemang

Lemang

Lemang tapai yaiutu makanan tradisional khas Bengkulu yang berbahan dasar beras ketan dan santan. Setelah Lemang matang lalu cara dibakar di atas bara api dalam seruas bambu muda, tapai ketan hitam dibubuhkan sebagai pelengkap penyajian.

Selain dengan tapai, kamu bisa saja mencicipi kuliner tradisional Provinsi Bengkulu ini dengan Durian.  Makanan tradisional khas Bengkulu yang rasanya gurih dan bertekstur legit ini pasti akan membuat siapapun ketagihan.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Jambi

4. Mie Terbang

Mie Terbang

Mie terbang sebenarnya tidak sekhas makanan khas Bengkulu lain dalam daftar, namun makanan mie tek-tek ini cukup populer dari sebuah restoran di Bengkulu. Tepatnya di Tempat Makan Kekinian milik Salman yang beralamat di Jalan Rafflesia, Kota Bengkulu. Dengan harga Rp 15.000, kamu sudah bisa mencicipi mie tek-tek dengan rasa yang nikmat.

Baca juga : Kuliner Khas Sumatera Barat

5. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling

Makanan tradisional khas Bengkulu paling lezat dan digemari yaitu terbuat dari keong hitam dan bambu muda yang biasa disebut rebung. Proses pembuatannya cukup lama dan masih tradisional karena harus direndam selama beberapa hari agar rasa asam dari rebung bisa hilang. Setelah direndam, rebung tersebut akan dimasak bersama liling atau keong hitam yang biasa hidup di sawah. Dan disajikan dengan nasi hangat beserta sambal.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Batam

6. Bagar Hiu

Sesuai dengan namanya makanan tradisional Bengkulu ini terbuat dari Daging Hiu, atau Hiu Tanduk lebih tepatnya. Kamu bisa menyantap karena sudah disajikan nikmat diatas piring dengan bumbu cabai dan rempah lainnya. Sehingga akan terasa lebih nikmat.

7. Tempoyak

Tempoyak

Makanan khas Bengkulu dari olahan buah Durian lainnya adalah Tempoyak. Berbahan dasar fermentasi buah durian, Tempoyak yang terkenal di Bengkulu biasa diolah bersama ikan patin. Rasa unik dan lezat Tempoyak ini harus kamu coba kalau sedang berlibur ke Bengkulu. Kuliner khas Bengkulu ini cukup populer di daerah-daerah Sumatera lainnya seperti Jambi dan Sumatera Selatan. Dan menjadi menu makanan wajib sehari – hari.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Pekanbaru

8. Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang

Gulai Kemba’ang yaitu salah satu makanan tradisional khas Bengkulu yang populer juga, apalagi di Kabupaten Mukomuko.  Gulai yang dibuat dari iga sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bengkulu. Kamu akan menemukan makanan tradisional khas Bengkulu ini di waktu lebaran atau Bulan Ramadhan saja.

9. Pendap

Pendap

Masyarakat Bengkulu sering memasak makanan khas Bengkulus ini saat ada acara besar atau sebagai lauk harian. Pendap adalah makanan tradisional masyarakat Bengkulu berbahan dasar ikan yang dikombinasikan dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Disajikan dengan Daun Talas, dimana kuliner khas Bengkulu ini akan sangat nikmat dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

10. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Berwisata ke Bengkulu, kamu pasti akan banyak menemukan Pohon Durian. Tidak heran jika banyak olahan makanan khas Bengkulu berbahan dasar Durian. Seperti kuliner tradisional Bengkulu satu ini.

Lempuk durian adalah olahan makanan khas Provinsi Bengkulu yang mirip seperti dodol dan berbahan tepung gandum dan juga buah durian. Jika ingin mencicipinya, kamu bisa berkunjung ke Bengkulu di jalan Soekarno Hatta. Di tempat ini kamu akan banyak menemukan toko yang menjual Lempuk, atau makanan khas Bengkulu lainnya.

11. Manisan Terong

Manisan Terong

Makanan ringan khas Bengkulu yang tidak pernah dilewatkan oleh masyarakat Bengkulu yaitu manisan terong. Uniknya makanan ini adalah bahan dasarnya terbuat dari terong dimana biasanya manisan akan terbuat dari buah. Sesuai namanya, manisan terong mempunyai rasa manis dan tekstur yang sangat manis. Manisan terong dijual dengan harga kurang lebih 15 ribu rupiah satu bungkusnya.

12. Lemang Tapai

Lemang Tapai

Makanan selanjutnya yaitu lemang tapai yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan dan diberi garam lalu dibungkus dengan daun pisang. Memasaknya dengan cara dibakar di atas bara api dalam seluas bambu muda. Setelah lemang matang, lemang bisa disantap dengan tapai ketan hitam. Karena dari bahan tersebut, namanya dikenal dengan sebutan lemang tapai.

13. Emping Bengkulu

Emping Bengkulu

Makanan bernama emping Bengkulu yang terbuat dari biji buah melinjo yang direbus lalu ditumbuk dan dimemarkan. Emping bisa dijadikan sebagai cemilan saat sedang bersantai bersama keluarga maupun teman. Cemilan khas Bengkulu ini dijual masih mentah belum digoreng. Harga perkilo memang cukup mahal, bisa mencapai 100 ribu rupiah karena bahan dan proses pembuatannya yang cukup rumit dan lama.

14. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

Buah Durian seringkali dijadikan bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman lezat. Namun, pernahkah kamu mencoba makanan yang diolah dari bahan durian?. Jika belum pernah mencoba dan ingin merasakan, maka harus mencicipi sajian kuliner yang bernama Tempoyak Ikan Patin.

Salah satu makanan khas di Bengkulu yang terkenal karena rasanya yang sangat lezat. Orang Bengkulu, Tempoyak dijadikan bumbu untuk mengolah Ikan Patin. Proses pembuatan dari Tempoyak sendiri adalah dari hasil fermentasi, lalu dicampur dengan Ikan Patin segar agar menciptakan sebuah sajian kuliner yang menyuguhkan citarasa yang nikmat.

15. Kue Tat

Kue Tat

Satu ini adalah kue pie khas Bengkulu. Kue tat yang tekstur dan bentuknya memang mirip dengan kue pie. Dulunya, kue yang satu ini adalah hidangan kerajaan yang tidak bisa dinikmati oleh sembarang orang. Saat ini, kue tat sudah menjadi makanan umum yang bisa disantap oleh setiap golongan. Bahan-bahan pembuatan kue antara lain adalah tepung gandum, telur ayam, mentega, dan gula pasir. Rasa manis dan tekstur kue yang cukup lembut membuat makanan terasa pas dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat. Kue yang tahan selama beberapa hari walau berada di luar lemari es ini sering disajikan saat bulan puasa.

Demikianlah contoh dari 15 Kuliner Khas Bengkulu Yang Harus di Coba, semoga menjadi rekomendasi para pembaca sekalian.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close