wisata

√ 10 Destinasi Wisata Taman di Sumatera Barat yang Indah

Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi dengan Padang dan juga ibu kotanya. Salah satu daya tarik dari kawasan ini yaitu gaya arsitektur atap bangunannya yang khas menyerupai tanduk kerbau. Tidak hanya itu, Sumatera Barat juga merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikelilingi oleh gunung berapi juga danau.

Tidak heran, kota ini menawarkan ragam wisata alam yang menawan bagi para wisatawan. Selain itu, ada pula beberapa wisata pantai, seperti Pulau Pagang atau Pulau Pasumpahan yang menawarkan kegiatan air, seperti memancing, snorkeling, banana boat, dan bahkan scuba diving. Berikut ini rekomendasi dari 10 Destinasi Wisata Taman di Sumatera Barat.

1. Puncak Lawang

Puncak Lawang

Selain juga ada di daerah Kabupaten Agam, yaitu Danau Maninjau dan Puncak Lawang, 2 tempat ini memiliki pesona yang berbeda. Jika dibanding dengan lokasi wisata lainnya terutama Puncak Lawang, wisata di sini yang harus disiapkan yaitu jaket. Karena di Puncak Lawang bersuhu udara sejuk dan akan sering turun kabut dingin yang tebal.

Jalan menuju Puncak Lawang bisa dilakukan di daerah Padang Luar dan melalui Matur yang merupakan daerah yang dekat dengan Danau Maninjau, setelah itu ada beberapa tanjakan untuk sampai di Puncak Lawang. Sekitar satu jam lebih perjalanan jika berkendara dari Kota Bukittinggi menuju Puncak Lawang.

2. Danau Kembar

Danau Kembar

Selanjutnya, wisata yang direkomendasikan ke arah Timur Provinsi Sumatera Barat yaitu Kabupaten Solok, terdapat Danau Kembar. Di danau ini selalu ramai pengunjung tercatat ada ratusan ribu pengunjung yang datang ke Danau Kembar ini. Begitu juga di Danau Singkarak yang tidak kalah ramai dikunjungi, karena ada wisata kuliner yang bisa dicicipi di Danau Singkarak salah satunya yaitu masakan ikan bilih.

Baca juga : Taman di Aceh

3. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh

Di Kabupaten Pesisir Selatan tidak hanya terkenal dengan wisata Pantai Carocok Painan, namun kini telah hadir wisata yang tidak kalah eksotisnya dengan Raja Ampat Papua, yaitu Kawasan Wisata Mandeh.

Di Mandeh, dapat membius mata pengunjung yang berkunjung. Karena keindahan yang membentang di jalan yang baru selesai dibangun oleh Kementerian PUPR, menghadirkan kejutan-kejutan keindahan Mandeh yang membentang di pantai Samudera. Kawasan Mandeh ini setidaknya memiliki belasan pulau kecil yang memiliki terumbu karang yang indah.

Baca juga : Taman di Kota Pekanbaru

4. Pantai Padang

Pantai Padang

Sampai di Padang, jangan lupa untuk menyisiri pantai Samudera di Kota Padang. Pantai Padang menjadi salah satu wisata pantai di Sumatera Barat yang tumbuh pesat dari segi perbaikan infrastrukturnya. Tidak hanya infrastruktur yang menjadi perhatian, penataan pedagang di kawasan Pantai Padang juga turut dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang. Kawasan Pantai Padang juga patut dikunjungi pada libur tahun ini.

Pantai Padang ramah untuk anak-anak bermain, seperti sepatu roda, sepeda, mobil-mobilan, dan banyak permainan lainnya, tanpa harus membawa anak-anak bermain di pantai. Di Pantai Padang, juga banyak kuliner yang bisa dicoba, seperti kerupuk kuah, pensi, langkitang, dan jajanan lainnya.

Baca juga : Wisata di Painan

5. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Saat memasuki pusat Kota Padang, ada lebih baiknya untuk singgah beribadah di Masjid Raya Sumatera Barat yang berada di Jalan Khatib Sulaiman. Masjid terbesar di Minangkabau ini, menjadi ikon baru bagi Kota Padang untuk menarik minat wisatawan untuk melakukan wisata religi.

Arsitektur dan kemegahan Masjid Raya Sumatera Barat membuat setiap orang melihatnya, mengabadikannya dengan berfoto bersama. Akhir – akhir di momen liburan ini, banyak pengunjung yang datang sengaja melewati jalur pusat kota untuk singgah di masjid megah tersebut.

Bahkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berencana akan mengoperasikan menara yang memiliki ketinggian 85 meter untuk dijadikan sebagai wisata melihat pemandangan Kota Padang.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

6. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah

Setelah menikmati keasrian air terjun Lembah Anai, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata di Kota Pariaman yaitu Pantai Gandoriah. Di Sumatera Barat, Pantai Gandoriah menjadi sebuah objek wisata pantai yang sangat terkenal, terutama dalam peringatan 10 Muharram yaitu tradisi Tabuik.

Di Pantai Gandoriah ini, selain memiliki pantai yang indah, dan bisa menikmati wisata ke Pulau Angso Duo,  memiliki kuliner yang enak. Seperti ada Nasi Sek dan Sala Lauak (ikan), dua makanan yang cukup banyak dijual dan jadi makanan wajib bagi pengunjung yang singgah di Pantai Gandoriah.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

7. Lembah Anai

Lembah Anai

Setelah berada di Jam Gadang, dilanjutkan perjalanan ke arah Kota Padang, namun di dalam perjalanan di perbatasan Kabupaten Tanah Datar dengan Padang Pariaman, ada tempat yang tidak kalah ramai pengunjungnya yaitu air terjun Lembah Anai. Bahkan tempat ini merupakan salah satu titik macet saat musim libur tiba. Karena banyak kendaraan yang melewati Lembah Anai tidak hanya untuk melihat air terjun, namun juga telah ada pemandian Malibo Anai.

Lembah Anai menjadi salah satu air terjun yang terkenal dan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Air terjun yang berketinggian sekitar 35 meter merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Air terjun berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai.

8. Jam Gadang

Jam Gadang

Setelah menempuh perjalanan dari Limapuluh Kota, hanya satu jam saatnya memasuki sebuah kota yang terbilang tidak begitu luas yang memiliki pariwisata yang sangat terkenal yaitu Jam Gadang. Kota Bukittinggi berada pada ketinggian 909 sampai 941 meter di atas permukaan laut. Disini kamu bisa menikmati hawa sejuk dengan suhu berkisar antara 16 – 24 derajat celcius. Di malam hari, kawasan pusat kota di Bukittinggi terasa sangat sejuk dan diselimuti kabut yang tebal.

Wisata Jam Gadang bisa dikatakan salah satu wisata yang favorit di Sumatera Barat. Tiada kata jenuh untuk datang ke Jam Gadang, apalagi kini Jam Gadang telah memiliki pemandangan baru setelah adanya perubahan pedestrian yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Seperti adanya air mancur yang diberi efek lampu berwarna warni, membuat Jam Gadang benar-benar mempunyai pesona yang menarik.

9. Lembah Harau

Lembah Harau

Kawasan Lembah Harau memiliki pemandangan alam yang asri dan diapit oleh bukit-bukit cadas terjal. Daerah yang masih terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, dan hanya butuh perjalanan paling lama 1 jam dari flyover Kelok Sembilan untuk sampai di Lembah ini.

Bagi pengunjung yang datang ke sana, perjalanan menuju Lembah Harau amat menyenangkan. Karena sepanjang perjalanan dapat merasakan udara yang masih segar, serta dihiasi dengan pemandangan tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah.

Keindahan Lembah Harau, membuatnya dijuluki Yosemite Indonesia. Tempat yang sudah lama menarik perhatian pengunjung. Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi sejak tahun 1926.

10. Kelok Sembilan

Kelok Sembilan

Desain jembatan layang Kelok Sembilan yang begitu unik dan di keliling dengan pegunungan nan hijau, membuat setiap orang yang melintasinya terkagum – kagum. Flyover Kelok Sembilan yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota atau berdekatan dengan perbatasan Sumatera Barat-Riau.

Tidak jarang setiap pengendara yang melintasi tempat ini, dapat mengabadikan momennya dengan berswafoto ria. Bagi yang gemar berfoto pemandangan, flyover Kelok Sembilan menjadi spot foto yang sangat menarik untuk berfoto. Namun pemerintah setempat menghimbau kepada pengendara untuk tidak berhenti di atas flyover, karena beresiko terjadinya kecelakaan.

Demikianlah contoh dan rekomendasi dari 10 Destinasi Wisata Taman di Sumatera Barat. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close