wisata

√ 17 Kuliner Khas Sumatera Selatan yang Harus Dicoba

Daerah Sumatera Selatan dikenal dengan kebudayaannya yang beragam. Dengan keberagaman budayanya, maka Sumatera Selatan menjadi daerah yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan juga mancanegara. Salah satunya yang mencolok yaitu jenis makanan yang beraneka ragam. Perpaduan khas Melayu, Tionghoa dan Lokal menjadi cita rasa kuliner yang ada di Sumatera Selatan.

Kuliner khas Sumatera Selatan sangat dikenal dan memiliki pecintanya dari berbagai daerah. Tidak heran banyak pendatang dari berbagai kota selalu menyempatkan diri untuk mencicipi dan membawa pulang makanan khas sebagai oleh-oleh. Bagi kamu yang ingin berlibur ke Sumatera Selatan wajib mencicipi makanan khas daerah ini. Intip ulasan 17 Kuliner Khas Sumatera Selatan Yang Harus Dicoba.

1. Burgo

Burgo

Burgo yaitu adonan tepung beras yang dimasak dadar tipis dan disiram dengan kuah santan yang gurih. Bentuknya mirip dengan kwetiau dan lembut digigit. Kuah yang gurih dengan racikan santan dan aneka rempah-rempah melengkapi cita rasa makanan ini. Kuahnya yang kental menjadi ciri khas dan makanan ini dijajakan dengan cara keliling oleh pedagang dari rumah ke rumah.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Jambi

2. Godo godo

Godo godo

Sajian yang mirip dengan pempek, hanya saja tanpa menggunakan olahan ikan di dalamnya. Godo godo disajikan hangat-hangat dan dicampur dengan cuko yang manis dan pedas. Kamu juga bisa membuat godo-godo bikinan sendiri. Bahannya yaitu tepung terigu, ubi jalar dan telur.

Baca juga : Kuliner Khas Sumatera Barat

3. Bakmi Ayam

Bakmi Ayam

Makanan khas Tionghoa yang menjadi salah satu santapan favorit warga Sumatera Selatan. Bukan hanya kuah beningnya yang kaya rasa, tetapi tekstur mienya pun sangat kenyal. Varian topping yang beragam mulai dari jamur sampai daging membuat kamu tidak akan bosan untuk mencicipi bakmi ayam khas Sumatera Selatan.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Batam

4. Celimpungan

Celimpungan

Makanan ini punya bentuk yang bulat seperti pempek. Namun, celimpungan memiliki adonan yang berbeda dengan pempek. Makanan ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan racikan bumbu-bumbu lainnya menjadikan rasa celimpungan kaya akan aroma rempah yang menyenangkan.

Baa juga : Kuliner Khas Kota Pekanbaru

5. Pindang Patin

Pindang Patin

Makan siang di Sumatera Selatan tidak lupa menikmati hidangan pindang patin. Kuah pindang patin yang khas dengan perpaduan rasa asam, manis, dan pedas bikin kalian langsung ngiler. Lauk pindang patin cocok dipadukan dengan nasi putih hangat dan es teh manis.

Baca juga : Kuliner Khas Blangpidie

6. Tempoyak

Tempoyak

Tempoyak menjadi sambal khas dari Sumatera Selatan. Tempoyak dibuat dari daging durian yang difermentasi. Pengolahan sambal tempoyak dengan cara ditumis bersama campuran cabai dan bawang. Rasa durian fermentasi ini menjadikan sambal tempoyak nikmat untuk menemani nasi putih hangat.

7. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

Cuaca yang panas di Sumatera Selatan membuat kamu ingin mencari minuman dingin. Es kacang merah khas Sumatera Selatan bisa menjadi solusinya. Banyak penjual es kacang merah yang ada dan es serut dan sirup serta topping yang bervariasi dalam es kacang merah ini dapat memanjakkan lidah.

8. Kue Lapan Jam

Kue Lapan Jam

Kue yang sering dijumpai di hari raya ini terbilang cukup lezat. Sesuai namanya, kue khas Palembang yang membutuhkan waktu delapan jam dalam proses pembuatannya. Kue dikukus selama delapan jam dan baru bisa disantap. Kue berbahan dasar 28 butir telur dan susu kental manis. Dengan cita rasa yang manis yang legit menjadikan kue ini banyak diminati.

9. Tekwan

Tekwan

Tekwan yaitu bakso ikan versi Sumatera Selatan. Bedanya, tekwan menggunakan kuah kaldu ikan bening. Dan tekwan disajikan dengan hasil olahan ikan yang sama dengan pempek lalu ditambah bihun, jamur kuping, dan kuah kaldu ikan. Rasanya yang khas dengan taburan udang kering dan daun bawang menambah cita rasa makanan ini semakin mantap.

10. Laksan

Laksan

Makanan satu ini cocok menjadi santapan di pagi hari. Bentuk laksan yang mirip dengan pempek lenjer tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah di gigit. Laksan disajikan dengan kuah santan dan juga daun seledri. Laksan mudah ditemui di pasar di wilayah Sumatera Selatan.

11. Mie Celor

Mie Celor

Bagi yang suka jajanan dalam bentuk mie, pasti akan jatuh cinta dengan namanya Mie Celor. Tekstur mie cukup tebal seperti udon dan disiram dengan kaldu udang dan dicampur dengan sayur-sayuran segar seperti toge serta daun bawang. Mie celor cocok menjadi santapan makan siang yang nikmat.

12. Martabak Palembang

Martabak Palembang

Martabak satu ini hampir sama dengan martabak telur yang ada di daerah lain. Namun martabak Palembang memiliki cara penyajian yang berbeda. Martabak telur disiram dengan kuah kari yang kaya akan rempah dan beberapa potongan kentang. Cita rasa martabak yang gurih dan kuahnya beraroma khas rempah-rempahan akan membuat ketagihan. Martabak Palembang yang mudah ditemui di daerah Sumatera Selatan.

13. Pempek

Pempek

Pempek merupakan makanan top yang diolah dari olahan daging ikan dan tepung. Pempek disajikan dengan potongan timun, udang kering, dan kuah cuko. Olahan pempek dengan variasi, seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek keriting dan lainnya. Tidak akan membuat bosan dengan berbagai macam olahan pempek. Bagi kamu yang berlibur ke Palembang, pempek makanan wajib yang harus coba.

14. Gulo Puan

Gulo Puan

Gulo Puan sebenarnya dari Bahasa Sumatera yang memiliki arti gula susu. Gulo puan yaitu kuliner yang terbuat dari gula dan susu. Karena susu yang digunakan bukan susu pada umumnya, melainkan susu dari kerbau dan dicampur dengan sedikit gula pasir, lalu dipanaskan selama lima jam.

Gulo puan menjadi teman makan roti sebagai selai, bisa juga dioleskan untuk pisang goreng, yang bisa dijadikan teman ngopi. Gulo Puan memang dipatok dengan harga cukup mahal, karena bahannya yang susah didapatkan. Sejak dulu, gulo puan memang sudah menjadi konsumsi para bangsawan dan pembesar istana.

15. Model

Model

Palembang memiliki makanan khas selain pempek yang rasanya juga sangat lezat, yaitu model salah satunya. Dibuat dengan adonan yang sama dengan pempek kapal selam, bedanya terdapat isian tahu di dalamnya. Lalu digoreng sebelum disajikan. Model disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu udang, dan ditambahkan mi bihun, timun, dan ebi sebagai pelengkapnya. Rasanya yang gurih dan membuat nagih.

16. Lenggang

Lenggang

Masakan khas Pelembang yang dibuat dari olahan ikan yang dicampur dengan telur yang dikocok. Olahan ini kemudian diletakkan di atas daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang. Lenggang memiliki rasa yang lezat dan gurih, dengan ditambah aroma khas dari daun pisang yang dipanggang. Semakin membuat rasanya nikmat dan mantap.

17. Kue Maksuba

Kue Maksuba

Kue Maksuba yaitu kue khas Palembang yang berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis. Pembuatannya telur yang dibutuhkan dapat mencapai sekitar 28 butir. Adonan lalu diolah mirip adonan kue lapis. Rasanya enak, manis dan legit, sekilas mirip dengan dengan kue lapis, namun kue maksuba memiliki tekstur dan rasa yang berbeda. Kue ini sering disajikan ketika saat hari raya ataupun acara penghormatan lainnya.

Cukup sekian beberapa contoh dari  17 Kuliner Khas Sumatera Selatan Yang Harus Dicoba. Semoga menjadi pilihan makanan terbaik saat kamu berlibur di Palembang.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close