wisata

13 Wisata Kuliner Khas Kota Batam yang Menarik untuk Dicoba

Batam memang dikenal sebagai pulau dengan destinasi wisata dan belanja yang beragam. Namun, tidak lengkap rasanya jika ke Batam tanpa mencicipi makanan khas kota ini. Selain rasanya enak, berwisata kuliner di Batam juga tidak akan menguras kantong. Berikut ini rekomendasi 13 Wisata Kuliner Khas Kota Batam yang Menarik untuk Dicoba.

1. Mi Tarempa

Mie Tarempa

Seperti namanya, mi tarempa berasal dari Kota Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Natuna. Namun, kuliner satu ini sangat mudah ditemukan di seluruh wilayah Kepulauan Riau termasuk Batam.

Keistimewaan mi tarempa terletak pada cita rasanya yang pedas dengan isian potongan ikan tongkol kering yang berlimpah. Rasanya benar – benar enak dan lezat. Kuliner ini hadir dalam tiga bentuk olahan, yaitu mi tarempa kering, basah, dan lembab. Kamu bisa memilih mana yang cocok dengan cita rasa otentik.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Pekanbaru

2. Gong Gong

Gong Gong

Kepulauan Riau terkenal dengan hasil laut yang melimpah. Banyak para wisatawan yang mengunjungi Batam belum lengkap jika belum mencoba menu gong gong, sejenis siput laut yang hidup di perairan sekitar Kepulauan Riau. Hidangan laut yang terkenal dengan kelezatan dagingnya, serta cara makannya yang unik.

Untuk memakannya, kamu harus mengorek dagingnya keluar dari cangkang menggunakan tusuk gigi. Jika sudah keluar, daging siput langsung disantap dengan sambal. Tekstur daging yang empuk saat masuk mulut akan terasa lembut dibanding kerang atau jenis seafood lainnya.

Baca juga : Wisata Kuliner Malam di Aceh

3. Mi Lendir

Mi Lendir

Mi lendir terdiri dari mi kuning dan tauge rebus yang dilengkapi irisan telur rebus, cabai rawit hijau, bawang goreng, dan seledri, yang kemudian disiram kuah kacang berwarna cokelat.

Nama “mi lendir” sendiri muncul karena tekstur kuahnya yang agak kental mirip lendir. Tidak hanya sekedar unik, namun cita rasa kuah kacang yang gurih dan manis juga menjadi kunci utama kelezatan kuliner khas Batam satu ini. Kenikmatan inilah yang membuat mi lendir selalu dicari para wisatawan.

Baca juga : Kuliner Khas Blangpidie

4. Sup Ikan Batam

Sup Ikan Batam

Sup ikan Batam merupakan kuliner khas yang kini mudah dijumpai di sejumlah kota besar. Walau begitu, menyantap sup ikan langsung di Batam terasa jauh lebih lezat karena menggunakan ikan segar langsung dari laut. Cita rasa kuah bening hidangan yang cenderung sedikit asin karena dicampur sawi asin dan irisan tomat hijau sehingga terasa segar.

Tidak hanya itu, menikmati semangkuk sup yang dipenuhi daging ikan dengan potongan besar dan tebal juga akan membuat kamu lebih puas dan kenyang. Rasanya yang semakin enak ketika disantap dengan potongan cabai rawit hijau.

5. Lakse

Lakse

Lakseadalah mi khas Melayu yang terbuat dari sagu. Penganan ini sebenarnya bernama laksa, namun orang Melayu lebih sering menyebutnya “lakse”. Mi ini kenyal dan gurih, sehingga menciptakan rasa yang enak dan gurih.

Di Batam, lakse biasanya dinikmati dalam dua bentuk olahan yaitu lakse goreng dan lakse kuah yang dimakan bersama kuah kari. Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa menemukan lakse di sekitar kawasan Tanjung Uma dan pasar-pasar tradisional di kota Batam.

6. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Sebelum memulai kegiatan, patut mencoba menyantap hidangan sarapan khas Batam yang bernama nasi lemak. Panganan Melayu yang memiliki cita rasa dan aroma nasi yang khas karena dimasak dengan campuran santan, jahe, daun pandan, dan serai.

Saat dihidangkan, seporsi nasi lemak juga dilengkapi irisan telur dadar, bihun goreng, sambal ikan bilis (teri) kacang, dan sambal cabai merah, sehingga dapat mengenyangkan perut yang lapar. Jika ingin mencobanya, nasi lemak mudah dijumpai di sebagian besar pasar tradisional atau kedai kopi di Batam.

7. Nasi Bakar

Nasi Bakar

Jika kamu penggemar masakan olahan nasi, mungkin nasi bakar bisa menjadi pilihan. Nasi bakar adalah nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau diberi rempah lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan lalu di bakar. Setelah matang, ketika membuka bungkusnya akan tercium aroma yang sedap. Pilihan isiannya banyak  ada telur, ikan, ayam, an gabungan semuanya.

Ada banyak tempat yang bisa disambangi jika ingin merasakan nasi bakar di Batam. Pokoknya tak kan sulit menemukannya.

8. Bingka Bakar

Bingka Bakar

Liburan ke Batam kurang seru jika belum membawa oleh-oleh makanan khas Batam. Jika di Medan memiliki menu Bika Ambon, Batam juga memiliki makanan yang rasanya sangat enak yaitu Bingka Bakar.

Bingka Bakar merupakan sajian kue dari Suku Melayu yang memiliki tekstur padat namun sangat lembut saat digigit. Aromanya yang sangat harum dan khas dari daun pandan yang digunakan dalam campuran adonan kuenya. Tidak susah untuk menemukan oleh-oleh Bingka Bakar saat kamu liburan ke Batam.

9. Teh Obeng

Teh Obeng

Sebagian orang mungkin belum begitu terkenal dengan teh obeng, minuman khas Kepulauan Riau yang banyak diminati.

Asal muasal nama ‘teh obeng’ merupakan sebutan minuman untuk es teh manis atau teh manis dingin.

Aslinya ‘teh obeng’ memakai bubuk teh pada saat itu, yang aromanya memang mantap sekali, begitu kental dan pekat. Saat ini, bahan ‘teh obeng’ sudah lebih praktis. Banyak pedagang yang membuatnya memakai teh celup atau teh botol dan ditambah dengan es.

10. Mie Sagu

Mie Sagu

Makanan khas Batam lainnya adalah mie sagu. Mie ini adalah mie dengan bahan dasar dari tepung sagu. Biasanya mie sagu ini akan disajikan sebagai mie goreng yang dibumbui rasa kombinasi asin pedas.

Perbedaan mie sagu dengan mie yang lain adalah tekstur dan kekenyalan mie yang khas dan tidak akan ditemukan pada mie yang diolah menggunakan tepung biasa lainnya. Perbedaan lain yaitu pada ukuran dan aroma. Mie sagu biasanya berukuran besar jika dibandingkan dengan mie biasa. Aroma yang khas dari mie ini berasal dari aroma sagu yang pekat, saat dicampur dengan bumbu dan rempahnya akan menimbulkan aroma yang khas.

Mie sagu dijadikan menu pilihan para wisatawan untuk sarapan. Rasanya yang menggigit bangun rasa kantuk karena rempah dan rasa pedasnya, menjadikan mie sagu menjadi makanan sarapan yang nikmat.

11. Putu Piring

Putu Piring

Putu piring merupakan kuliner khas Melayu berbahan dasar tepung beras. Kuliner yang dibuat dengan cara di uap memiliki rasa yang khas. Apalagi dengan lumeran gula aren atau merah yang ditaburi serutan buah kelapa dan memiliki rasa yang lezat.

12. Bilis Gulung

Bilis Gulung

Bilis gulung yaotu produk makanan khas Batam yang bisa dibilang sangat terkenal dan cocok buat oleh-oleh. Alasan mengapa bilis gulung bisa dijadikan oleh-oleh yang khas karena bentuknya yang kering membuat makanan bisa bertahan sampai sebulan.

Bilis gulung berbentuk seperti molen biasa, namun tidak diisi oleh isian pisang. Bilis gulung berisi ikan teri yang dibumbui dan dibalut dengan kulit molen yang kriuk dan gurih.

Selain bisa jadi camilan dengan didampingi kopi dan teh, bilis gulung juga bisa disantap dengan nasi sebagai ganti peyek ataupun kerupuk.

13. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Kek pisang villa ini sangatlah mudah karena banyak outlet yang tersebar di Batam mudah untuk diakses. Jika kamu tertarik mendatangi tempat produksinya langsung datang ke kawasan industri yang tepatnya berada di Komplek Citra Buana Industrial Park III lot 38 Batam Centre.

Kek pisang villa pada dasarnya adalah cake dengan bahan dasar pisang yang biasanya disajikan dengan macam – macam toping dan rasa. Contoh yang biasanya dipesan yaitu kek pisang villa dengan toping kacang dan coklat. Rasa yang biasa dibeli adalah original dan coklat. Dengan cita rasa nikmat dan lezat.

Demikian rekomendasi dari 13 Wisata Kuliner Khas Kota Batam yang Menarik untuk Dicoba. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close