Teknologi

Memahami Cara Kerja Mesin Crusher Plastik dan Bagian Mesin

Sebelum membahas bagaimana cara kerja mesin pencacah plastik ini, terlebih dahulu bahwa saat ini yang paling sering dipakai orang untuk mencacah plastik yaitu dengan 2 metode seperti dengan cara menggunting , dan yang kedua adalah dengan cara mencabik .

Mesin crusher merupakan mesin untuk menghancurkan plastik yang tipis, seperti botol plastik, gelas plastik , jenis emberan , botol oli dan limbah plastik lainnya . Kelebihan yang dimiliki oleh mesin pencacah jenis ini adalah kerjanya cepat dan mudah.

Baca juga : Mesin Blow Molding

Memahami Cara Kerja Mesin Crusher Plastik dan Bagian Mesin

Untuk mesin yang menggunting sering dikenal dengan nama mesin crusher , sedangkan untuk mesin pencacah plastik yang mencabik sering dikenal dengan sebutan mesin shredder. Untuk itu berikut ini ketahuilah penjelasan mengenai mesin crusher plastik:

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencacah Plastik ?

Cara Kerja Mesin Pencacah Plastik

Pada prinsipnya jika dilihat dari cara kerjanya keduanya adalah sama, keduanya memotong plastik ketika 2 buah pisau bertemu. Perlu diketahui bahwa dalam 1 mesin terdapat 2 buah kelompok pisau yaitu , pisau gerak putar dan yang kedua adalah kelompok pisau diam.

Pisau putar akan berputar dengan RPM  tinggi, perputaran yang tinggi diakibatkan oleh motor penggerak, pulley motor penggerak disambungkan dengan pulley AS mesin pencacah. Berikut beberapa komponen diantaranya adalah :

  • Motor bisa berupa dinamo, motor bensin atau mesin diesel, fungsinya sebagai sumber penggerak utama.
  • Pully motor penggerak berfungsi untuk tempat menempelnya v-belt.
  • Belt sebagai penerus daya dari motor penggerak utama ke arah atau AS mesin pencacah.
  • Pulley pisau putar atau as sebagai penerima daya dan sebagai dudukan v-belt.
  • Pisau putar yang diikat pada as , fungsinya untuk memotong plastik.
  • Pisau diam sebagai penahan saat pisau putar memotong plastik.
  • Saringan berfungsi untuk menyeragamkan hasil cacahan plastik.

Faktor yang Mempengaruhi Kapasitas Mesin

Faktor yang Mempengaruhi Kapasitas Mesin

Beberapa konsumen yang tertipu karena masalah kapasitas produksi, dimana banyak penjual mesin menjanjikan bahwa kapasitas mesin sekian ton per Jam , namun hanya beberapa kilo saja per jam. Berikut beberapa hal yang mempengaruhi kapasitas mesin ini.

  1. Panjang pisau berbanding lurus dengan kapasitas mesin, semakin panjang pisau maka makin besar pula kapasitas mesinnya.
  2. Putaran pisau semakin cepat  pisau yang berputar maka semakin banyak pula pisau yang akan memotong plastik.
  3. Kekuatan motor semakin besar tenaganya maka semakin banyak plastik – plastik keras yang akan terpotong.
  4. Lubang saringan semakin besar saringan, maka kapasitasnya akan semakin besar. Sebab plastik akan semakin cepat keluarnya, sebaliknya semakin kecil lubang saringan, maka kapasitas mesin semakin sedikit, sebab plastik perlu dicacah berulang – ulang sampai ukurannya menjadi lebih kecil dari lubang saringan.
  5. Jumlah pisau, baik pisau diam dan pisau putar artinya semakin banyak pisau yang memotong, maka kapasitasnya akan semakin besar .

Bagian-Bagian Mesin Crusher Plastik 

Bagian-Bagian Mesin Crusher Plastik

Berikut ini akan menjelaskan bagian mesin pencacah plastik seperti contoh di bawah ini:

1. Hoper

Hoper terbuat dari  bahan plat esser dengan ketebalan bervariasi mulai dari ketebalan 1,5 mm sampai dengan ketebalan 2 mm. Semakin besar kapasitas yang dipesan maka ketebalannya akan semakin bertambah, sebab biasanya untuk kapasitas besar, para konsumen menaruh karung limbah plastiknya di atas hoper sebelum isinya dilepaskan ke dalam gilingan mesin crusher plastik. Itulah kenapa crusher plastik untuk kapasitas besar diberi ketebalan hoper yang lebih ketimbang dengan crusher yang kapasitasnya kecil.

2. Box penggiling

Bagian penting dari mesin crusher plastik adalah Body / box penggiling. Untuk bagian satu ini diberikan ketebalan yang lebih daripada bahan yang disematkan pada hoper, untuk bahannya sendiri menggunakan bahan plat kapal dengan ketebalan 20 mm. Ini untuk menjamin bahwa  bahan yang dipasang adalah benar-benar kuat dan kokoh .

3. Rangka

Rangka termasuk salah satu bagian penting bagi sebuah mesin penghancur plastik, karena semua bahan dari konstruksi dari mesin crusher ini dilekatkan pada rangka ini. Sebab itu dipasang bahan rangka yang terbuat dari bahan-bahan yang kokoh dan kuat serta dengan ketebalan yang bervariasi. Untuk bahan rangka menggunakan UNP , mulai dari UNP 50 sampai dengan UNP – 100 tergantung kapasitas mesinnya.  semakin besar kapasitasnya maka semakin tebal dan besar pula rangka yang dipasang, begitu juga sebaliknya.

4. Penggerak

Bagian mesin crusher plastik lainnya adalah tenaga penggerak,  dalam hal tenaga penggerak disediakan 2 macam tipe pilihan antara motor listrik dengan mesin diesel.  Antara motor listrik dan mesin diesel ada kelebihan dan kekurangannya terutama yang paling mencolok dari perbedaan keduanya yaitu tingkat kebisingan. Mesin diesel lebih bising daripada motor listrik. untuk mesin-mesin crusher berbagai macam kapasitas, mulai dari kekuatan 3 HP sampai dengan kekuatan 30 hp , dan masih lebih tinggi lagi , tergantung dari kapasitas yang diinginkan.

5. Saringan

Bagian satu ini juga tidak kalah penting karena bertugas untuk menyaring sampai berapa besar hasil dari cacahan mesin ini.  Sebagai patokan standar dari adalah 20 mm artinya diameter dari saringan adalah 20 mm. Bagian -bagian mesin crusher plastik satu ini dibuat dari bahan plat baja.

6. Pisau crusher plastik

Bahan mesin crusher plastik satu ini tugasnya untuk mencacah limbah plastik, besarnya kapasitas sebuah mesin penghancur plastik ditentukan oleh jumlahnya pisau gerak yang dipasang pada mesin giling. Tergantung dari ketajaman bahan pisau itu sendiri. Semakin tajam bahan pisaunya maka akan semakin cepat dalam menghancurkan plastik. Dan juga sebaliknya, semakin tumpul maka hasilnya juga akan semakin sedikit. Untuk mesin cruher menggunakan bahan bervariasi mulai dari Plat per , SKD , dan sebagainya.

Baa juga : Mesin Hammer Mill

Demikianlah ulasan mengenai Mesin Crusher Plastik, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close