Teknologi

Cara Kerja Mesin Hammer Mill | Mesin Penggiling Serbaguna

Hammer mill merupakan sebuah sebuah mesin yang digunakan untuk memecahkan atau menghancurkan material dalam bentuk potongan-potongan kecil. Desain dasar dari mesin jenis ini melibatkan sebuah poros berputar yang dipasangi palu yang bisa berayun bebas. Dan merupakan alat yang dapat menggiling berbagai jenis padat. Dengan didukung martil pada permukaan yang dilengkapi banyak gerigi yang tajam mesin yang mampu menghancurkan berbagai jenis bahan baku dengan optimal, bahkan benda yang keras juga dapat digiling sampai menghasilkan tepung yang sangat halus. Seperti kopi, tulang ikan, kayu dan berbagai bahan baku untuk keperluan industri lainya, merupakan jenis benda yang bisa diproses dengan mesin serbaguna ini.

Baca juga : Mesin Blow Molding

Cara Kerja Mesin Hammer Mill | Mesin Penggiling Serbaguna

Mesin yang dikelilingi oleh sebuah drum berisi bahan yang akan dihancurkan. Sebuah alat khusus yang bertugas memasukkan bahan ke dalam drum. Palu secara bertahap memecah material sampai cukup kecil untuk melewati ayakan dengan lubang-lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran partikel yang diinginkan.

Hammer mill sering digunakan untuk keperluan industri, penelitian, aplikasi pertanian juga perumahan. Alat pemecah material juga ada yang dibuat dengan ukuran yang cukup kecil agar bisa diletakkan di atas meja dan bisa dioperasikan atau dengan ukuran cukup besar  yang bisa menghancurkan seluruh badan mobil.

Beberapa hammer mill besar sering menggunakan mesin diesel besar dengan 2.000 tenaga kuda atau lebih. Sumbu poros yang berputar dari peralatan ini bisa dibuat dalam posisi horizontal atau vertikal, meski konfigurasi ini lebih umum digunakan.

Para petani terkadang menggunakan hammer mill untuk menghancurkan biji-bijian sebagai pakan ternak. Mesin yang memiliki kelebihan mampu memproses berbagai jenis bahan serta memproduksi partikel dengan berbagai ukuran dengan hanya merubah ukuran pada lubang ayakannya.

Baca juga : Mesin Giling Kedelai

Cara Kerja Mesin Hammer Mill | Mesin Penggiling Serbaguna

Hammer mill jenis ini bisa beroperasi dengan kecepatan antara 1.800 rpm dengan ujung palu bergerak pada 60 mph (90 kph) atau lebih. Partikel yang diproduksi dengan cara ini sangat seragam dan cenderung memiliki bentuk bulat.

Dalam bidang industri, hammer mill digunakan dalam berbagai jenis operasi daur ulang, termasuk memproduksi bubur untuk membuat kertas, memproduksi biofuel juga menghancurkan batu. Penggunaan lainnya adalah untuk menggiling biji-bijian untuk memproduksi ethanol atau penghancuran buah dalam produksi jus.

Tempat penggergajian juga menggunakan hammer mill menggiling  potongan kayu yang sudah tidak terpakai menjadi mulsa atau bahan untuk pembuatan bahan bakar pelet kayu. Jenis lain dari mesin ini digunakan untuk  mendaur ulang aspal, komponen elektronik dan ban bekas.

Operasi daur ulang logam biasanya menggunakan hammer mill untuk menggiling besi menjadi potongan kecil untuk pemisahan dan pengolahan. Mesin penghancur material mampu menggiling seluruh badan mobil dalam waktu singkat, dan menghancurkannya menjadi potongan kecil, dan bisa memproses berton besi tua setiap hari.

Hammer mill kecil juga digunakan di laboratorium untuk menggiling bahan-bahan untuk mengembangkan media atau percobaan. Mesin penggiling juga bisa digunakan untuk menggiling makanan atau rempah-rempah, limbah makanan juga biasanya diproses dengan mesin ini.

Baca juga : Mesin Penepung

Prinsip dan Cara Kerja Hammer Mill

Prinsip dan Cara Kerja Hammer Mill

Memulai pekerjaan bisa lebih cepat jika menggunakan mesin, tepat kalau begitu mengunjungi situs yang mengulas berbagai macam harga mesin. Kebutuhan rumah tangga sampai kebutuhan industri kecil menengah sampai industri kelas perseroan. Memilih peralatan untuk mengembangkan sebuah usaha perlu tepat.

Cara kerja keseluruhan dari semua jenis mesin ball mill dasarnya sama, yaitu memanfaatkan fungsi bola penghancur pada mesin tersebut. Namun disini mengenai prinsip kerja grinding mill dan cara kerja hammer mill yang merupakan salah satu produk mesin ball mill yang ada di pasaran saat ini. Pada umumnya ball mill memberikan banyak pilihan pada muatan materialnya, sehingga bisa memilih macam tipe mesin hammer mill yang berkualitas juga membeli dengan harga bekas dan harga baru banyak yang menawarkan via online, website, toko online dan sebagainya.

Prinsip kerja mesin ball mill hammer sama saja dengan yang lainnya. Dimana mesin memutar bola grinding pada mesin dan bola tersebut berfungsi sebagai mesin penghancur material. Bola grinding pada mesin berada dalam wadah ball mill. Cara kerja ball mill ini dasarnya yaitu:

  • Dengan menggelindingkan bola penghancur dalam mesin dan menghancurkan material didalamnnya sampai menjadi hancur sesuai dengan keinginan.
  • Pada mesin ball mill memiliki tempat dalam bentuk tabung dengan 2 bagian tempat menyimpan material dalam bentuk horizontal.
  • Mesin bekerja pada 2 roda yang ada di kedua sisinya. Bahan keras yang menjadi korban dari penghancuran ball mili akan dihancurkan secara spiral dan akan disimpan pada wadah penyimpanan pertama.
  • Di dalam wadah terdapat ripple scaleboard serta steel ball yang berbeda berdasarkan keinginan mekanik mesin. Disaat ball mill berputar maka pada bagian badan barel akan berputar dan mesin mulai bekerja untuk menghancurkannya.

Baca juga : Mesin Pencacah Rumput

Cara Kerja Hammer Mill

Cara Kerja Hammer Mill

Pada prinsipnya dan cara kerja dari mesin penepung hammer mill yaitu rotor dengan kecepatan tinggi yang memutar palu-palu pemukul di sepanjang lintasannya sampai menghancurkan bahan apa saja yang dimasukkan didalamnnya. Bahan masuk akan terpukul oleh palu yang berputar dan bertumbukan dengan dinding, palu dan sesama bahan dan bahan yang dimasukkan disana akan hancur berkeping – keping. Lalu akan terjadi pemecahan bahan. Proses yang berlangsung terus sampai didapatkan bahan yang dapat lolos dari saringan di bagian bawah alat. Selain gaya pukul dapat juga terjadi sedikit gaya sobek yang bisa menghancurkan bahan yang dimasukkan dalam mesin.

Baca juga : Mesin Pembuat Tahu

Manfaat dan Fungsi Mesin Penepung Hammer Mill

Manfaat dan Fungsi Mesin Penepung Hammer Mill

Mesin penepung hammer mill menjadi contoh alat yang berfungsi untuk memperkecil ukuran bahan baku produksi seperti gandum menjadi partikel-partikel tepung yang lebih halus.  Selain industri penggilingan gandum, jenis industri lain yang juga menggunakan mesin penepung ini untuk mendukung proses produksinya yaitu industri pembuatan pakan ternak, penghancur kompos organik, penghancur kertas dan sebagainya. Secara umum mesin jenis ini memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan  stone crusher sekunder serta tertier. Mesin dapat memisahkan partikel kecil dan besar dengan menggunakan aliran udara. Mesin yang banyak digunakan untuk menghancurkan berbagai jenis bahan baku keras sampai menjadi sangat halus. Mesin penghancur didukung dengan teknologi tepat guna yang menjadikan proses menghancurkan benda-benda padat dan keras menjadi lebih mudah dan lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga serta biaya produksi.

Sekian penjelasan mengenai Mesin Hammer Mill, semoga bisa menjadi manfaat yang positif.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close