umum

Pemahaman Bahasa: Sejarah, Fungsi dan manfaat bahasa

Apa yang anda pahami tentang bahasa? Secara umum, pengertian bahasa merupakan sebuah alat komunikasi yang dimiliki manusia, yaitu, dalam bentuk sistem simbol suara yang berasal dari juru bicara manusia atau juru bicara.

Ada juga memang yang menjelaskan bahwa makna bahasa adalah kemampuan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain melalui penggunaan tanda atau simbol, seperti kata-kata dan gerakan tubuh.

Baca juga : Teks Eksposisi

Bahasa sendiri memang terdiri dari kumpulan kata-kata dimana setiap kata mempunyai makna abstrak dan hubungan dengan konsep atau objek yang diwakili oleh kata-kata ini. Penggunaan bahasa biasanya didasarkan pada seperangkat aturan sehingga kata-kata yang diucapkan atau ditulis mengikuti aturan tertentu.

Pemahaman bahasa menurut para ahli

Pemahaman Bahasa
Pemahaman Bahasa

Untuk lebih memahami apa arti bahasa tersebut, penulis dapat berkonsultasi dengan pendapat para pakar berikut:

Plato

Menurut Plato, pengertian bahasa ialah sebuah pernyataan pikiran seseorang yang dipergunakan onomata dan ujung (ekspresi) yang adalah sebuah cermin dari ide seseorang tentang aliran udara melalui dari mulut

Ferdinand De Saussure

Menurut Ferdinand De Saussure, pengertian bahasa adalah fitur yang paling membedakan karena dengan bahasa setiap kelompok sosial terasa seperti entitas yang berbeda dari kelompok lain.

Sejarah singkat bahasa

Bagaimana proses pembuatan bahasa? Asal usul bahasa mungkin tidak diketahui secara rinci, tetapi ada beberapa teori yang menjelaskan sejarah penemuan bahasa.

Baca juga : Majas Personifikasi

Dari berbagai sumber, diklaim bahwa jumlah bahasa di dunia ini adalah sekitar 6000-7000 bahasa. Angka ini termasuk bahasa alami, yaitu, kata-kata dalam ucapan, serta bahasa isyarat dan bahasa yang menggunakan cara lain seperti Braille, peluit, penulisan grafik dan lain-lain.

Berdasarkan asumsi dasar manusia, berikut adalah beberapa teori sejarah perkembangan bahasa:

Teori keberlanjutan.

Teori ini didasarkan pada gagasan bahwa bahasa adalah komunikasi yang rumit, sehingga tidak dapat muncul dari ketiadaan yang dapat dihasilkan media saat ini. Dalam teori ini, ditegaskan bahwa bahasa telah mengalami perkembangan yang beralih dari sistem prelinguistik ke bahasa yang digunakan saat ini.

Teori yang tidak berkelanjutan

Teori didasarkan pada ide-ide yang tidak setuju dengan teori berkelanjutan, yang menyatakan bahwa bahasa adalah fitur unik yang tidak dapat dibandingkan dengan apa pun yang dapat ditemukan pada spesies lain. Dengan kata lain, teori ini mengasumsikan bahwa bahasa tiba-tiba muncul dan berkembang sesuai dengan peradaban manusia.

Teori nativistik

Menurut teori nativist, bahasa dilahirkan secara alami dan ilmiah dan telah dikodekan secara genetis. Dalam teori ini, diklaim bahwa manusia memiliki naluri khusus untuk mengekspresikan ekspresi ucapan untuk setiap kesan yang diperoleh sebagai stimulus eksternal.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Teori echoic

Teori ini menyatakan bahwa kata-kata yang muncul pertama adalah hasil dari suara alami. Misalnya, suara hujan, sungai, ombak, guntur, dll.

Teori gesture

Teori ini menyatakan bahwa sinyal adalah bahasa yang mendahului pernyataan. Menurut teori ini, penggunaan sistem pensinyalan dibuat oleh manusia primitif pada zaman prasejarah dan juga oleh binatang.

Fungsi bahasa

fungsi Bahasa
fungsi Bahasa

Pada umumnya memang terdapat tiga fungsi utama bahasa di kehidupan berbangsa dan bernegara. Mengacu pada definisi bahasa, berikut ini adalah beberapa fungsi bahasa:

  1. Sebagai alat komunikasi
  2. Sebagai alat pemersatu bangsa
  3. Sebagai identitas etnis / nasional

Selain itu, masih ada beberapa fungsi bahasa lainnya, yaitu;

  1. Sebagai alat untuk dapat berpikir.
  2. Sebagai alat kontrol sosial.
  3. Sebagai sarana untuk menunjukkan ekspresi.
  4. Sebagai sarana untuk memahami diri sendiri dan orang lain.
  5. Sebagai alat untuk mempelajari berbagai ilmu dan sejarah.
  6. Sebagai sarana yang dipergunakan untuk membangun kecerdasan dan karakter.

Manfaat bahasa

Manfaat bahasa
Manfaat bahasa

Indonesia berkomunikasi antar warga dari berbagai suku, menurut definisi bahasa dan beberapa fungsinya, ada banyak manfaat bahasa yang diperoleh manusia. Berbagai manfaat bahasa adalah sebagai berikut:

  • Bahasa resmi yang ada pada suatu negara
  • Pengantar dunia pendidikan.
  • Alat untuk pengembang budaya dan sains

Itulah penjelasan singkat tentang makna bahasa, sejarah, fungsi dan manfaat bahasa secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda. Dan masih banyak artikel lainya yang memberikan wawasan yang baik bagi pembaca. Dan diharapkan semua bisa mengerti bagaimana ilmu itu bisa disalurkan dengan banyak orang. Dan admin dari blog ini akan selalu memberikan ilmu pengetahuan yang baru dan cukup tren di semua kalangan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close