umum

Pengertian Pemanasan Global, Faktor Dan Dampaknya

Cuaca saat ini yang tidak bisa diprediksi kapan hujan, kapan kemarau tentu sangat tidaklah baik. Apakah itu untuk kesehatan, kebutuhan petani, maupun lingkungan hidup lainnya. Anda tentu mengetahui apa pemanasan global secara umum bukan?. Salah satu efek yang ditimbulkan dari pemanasan global atau global warming adalah cuaca ekstrem dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu dari penyebab utama pemanasan global yaitu adanya ulah manusia yang turut berkontribusi dalam hal menambah gas – gas rumah kaca ke atmosfer contohnya seperti karbon dioksida, methana, juga nitrous oxide. Pemanasan global juga terjadi akibat adanya efek rumah kaca yang tentunya disebabkan oleh gas rumah kaca yang diproduksi manusia selama bertahun – tahun.

Baca juga : Peta Indonesia

Untuk mengetahui mengenai penyebab, dampak juga cara mengatasinya simak beberapa penjelasan seperti di bawah ini:

Pengertian Pemanasan Global, Faktor Dan Dampaknya

Pengertian Pemanasan Global, Faktor Dan Dampaknya
Pengertian Pemanasan Global, Faktor Dan Dampaknya

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming yaitu sebuah fenomena dengan meningkatnya kondisi suhu di seluruh permukaan bumi. Berdasarkan dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli, dalam 100 tahun terakhir ini diketahui bahwa peningkatan suhu di bumi hampir mencapai angka 0,18 derajat cercius.

Adanya peningkatan suhu di bumi tentu saja akan mengakibatkan naiknya permukaan air laut yang disebabkan melelehnya gunung – gunung es di kutub yang mencair. Dalam waktu yang panjang hal ini bisa berpotensi pada tenggelamnya bumi. Peningkatan suhu  di bumi sudah terjadi sejak abad 20 lalu, dengan faktor utamanya adalah meningkatnya efek rumah kaca yang akibat oleh aktivitas manusia sehari – hari yang tidak bisa diatasi dengan tepat.

Baca juga : Contoh Bisnis Yang Menguntungkan

Dengan pemanasan global ini juga tidak bisa terlepas dengan terjadinya kerusakan pada lingkungan ekosistem di bumi. Contoh salah satu penyebab utamanya adalah pencemaran terhadap lingkungan yang parah dan berlebihan. Adanya penebangan hutan juga polusi udara yang tidak kalah berperan dalam peristiwa tersebut. Dan masih ada beberapa faktor lain yang bisa menjadi dampak akibat pemanasan global ini.

Contoh nyata dampak yang paling sering terjadi yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi secara ekstrem, hal ini akibat dari gunung – gunung es di kutub yang mencair, belum lagi dari polusi pabrik dan asap kendaraan yang menyumbangkan paparan zat berbahaya yang masuk ke dalam udara.

Faktor Terjadinya Pemanasan Global di Bumi

Faktor Terjadinya Pemanasan Global di Bumi
Faktor Terjadinya Pemanasan Global di Bumi

Selain daripada penjelasan di atas mengenai efek dan juga penyebab dari pemanasan global, berikut beberapa faktor utama penyebab masalah ini terjadi:

1. Efek Rumah Kaca

Penggunaan rumah kaca saat ini memang tidak bisa dihindari, namun dengan penggunaannya dalam waktu lama bisa berakibat pada kerusakan bumi. Efek rumah kaca sendiri adalah sebuah proses naiknya suhu di permukaan bumi akibat adanya perubahan atmosfer di bumi.

Baca juga : Wa Web

Hal tersebut yang menyebabkan efek sinar matahari yang seharusnya dipantulkan ke luar angkasa tidak dapat dipantulkan dengan sempurna sehingga sinar tersebut tetap berada di dalam atmosfer. Dan menimbulkan efek berbahaya bagi bumi jika berlangsung lama.

Akibat adanya proses tersebut, maka dampak lainnya bisa mencairkan beberapa gunung es yang ada di kutub. Selanjutnya mengapa banyak di belahan dunia saat ini mengalami banjir jika musim hujan datang. Karena permukaan air naik akibat mencairnya gunung es tersebut.

Namun, efek rumah kaca juga bisa berdampak positif bagi kehidupan manusia di bumi apabila penggunaannya dalam batas wajar. Contoh manfaat yang bisa dirasakan yaitu bisa mengendalikan suhu udara di bumi pada saat malam dan siang hari.

2. Jumlah Gas Karbonmonoksida Yang Meningkat

Penggunaan kendaraan juga industri tidak lepas dari kehidupan sehari – hari. Kendaraan bermotor terbukti menjadi menjadi penyumbang pemanasan global akibat dari emisi gas buangnya.

Baca juga : Pengertian Negara

Dimana gas tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca. Selain menyebabkan efek rumah kaca,  gas karbon monoksida juga bisa mengganggu metabolisme pernafasan pada manusia jika memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi dan serius.

3. Polusi Industri Pabrik

Industri seperti pabrik sangat berpotensi dalam hal merusak lingkungan bumi. Karena dari pembuangan limbah industri pabrik akan menghasilkan gas metana, karbondioksida, limbah beracun dan masih banyak lagi lainnya. Selain berpotensi merusak kondisi bumi, juga air maupun tanah, industri pabrik juga bisa merusak kualitas udara karena asap yang dihasilkannya terkontaminasi zat buruk.

Asap pabrik mengandung beberapa gas berbahaya seperti gas monoksida, gas karbondioksida dan juga gas metana. Dimana gas tersebut bisa berpotensi memicu bagi bumi juga bagi kesehatan manusia itu sendiri.

4. Pemakaian Bahan CFC yang Berlebihan

Dengan adanya penggunaan CFC yang berlebihan maka dampak yang disebabkan yaitu pemanasan global. CFC atau cloro four karbon merupakan sebuah zat sabatin organik yang berfungsi untuk melindungi karbon.

Baca juga : Pengertian Obsesi

CFC sebagai salah satu penyebab pemanasan global yang sifatnya masih ringan atau masih dapat dibenahi. Gas CFC ini umumnya dihasilkan oleh alat – alat dari pendingin seperti kulkas, refrigator dan juga AC.

5. Bentuk Bangunan Modern

Kok bisa bentuk bangunan modern menjadi pencetus terjadinya pemanasan global?. Di era modern seperti sekarang ini penggunaan kaca pada rumah atau bangunan sangat banyak. Anda bisa melihat bagaimana bangunan perkantoran di kota besar seperti Jakarta hampir seluruhnya menggunakan kaca.

Namun, secara tidak langsung perlahan namun pasti dampak dari penggunaan bahan tersebut bisa memicu kepada pemanasan global. Karena dampak dari kaca yang dipasang pada bagian bangunan memiliki sifat yang memantulkan cahaya. Sehingga sinar matahari yang seharusnya diserap oleh tanah, kembali memantul ke atas dan hal inilah yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon di bumi.

Dampak Pemanasan Global Yang Terjadi Di Bumi

Dampak Pemanasan Global
Dampak Pemanasan Global

Selain daripada penyebab yang dihasilkan dari faktor di atas, ketahuilah dampak berbahaya lain dari pemanasan global seperti pembahasan di bawah ini:

1. Terjadinya Perubahan Cuaca Yang Ekstrem

Dampak pertama yang akan bisa dirasakan dari fenomena ini yaitu dengan perubahan iklim juga cuaca di muka bumi yang terasa ekstrem. Hal ini diakibatkan dari perubahan iklim dan cuaca di seluruh bagian yang disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi.

Contohnya seperti proses penguapan air tanah yang menjadi lebih cepat akibat dari dalam bumi ini akan mengalami kekeringan. Selanjutnya pola angin juga berubah, yang menyebabkan angin bertiup semakin kencang dan dapat memicu terjadinya bencana  seperti angin puting beliung dan masih banyak lagi lainnya.

2. Kenaikan Permukaan Air

Diprediksikan beberapa tahun mendatang Jakarta akan mengalami kenaikan di beberapa titik wilayah. Hal ini menjadi warning salah satu dampak adanya pemanasan global, tidak hanya di Jakarta saja bahkan di seluruh wilayah Indonesia juga mengalaminya.

Baca juga : Contoh Laporan

Apabila hal ini terus terjadi maka akan berdampak kurang baik untuk kelangsungan hidup kita.

3. Mempengaruhi Tanaman Pertanian

Dampak dari adanya pemanasan global tentu saja mempengaruhi kepada cuaca yang terjadi. Musim kemarau dan penghujan yang ekstrem bisa menyebabkan hasil tanaman petani mudah rusak.

Contoh lain yaitu hama dan berbagai penyakit akan bersamaan menyerang tanaman para petani sehingga menjadi gagal panen.

4. Pengaruh Kepada Manusia

Tentu saja dampak dari pemanasan global bagi manusia itu sendiri banyak sekali dirasakan, contohnya timbulnya penyakit jenis baru. Adanya penyakit infeksi yang awalnya hanya menjangkit pada hewan, kemudian juga akan terinfeksi kepada manusia.

Belum lagi dengan cuaca ekstrem yang terjadi bisa menimbulkan kematian, dehidrasi, stroke dan sebagainya.

Kenali Cara Mengurangi Dampak Pemanasan Global

Tidak hanya dampaknya saja yang cukup membahayakan, tugas kita semua adalah untuk menjaga dan mengatasi bagaimana pemanasan global tidak cepat terjadi di bumi ini. Caranya yaitu dengan berbagai upaya, contohnya adalah sebagai berikut :

  • Melakukan reboisasi atau menanam pohon pada daerah yang gundul. Hal ini untuk mengembalikan fungsi tanaman yang bisa menyerap banyak air dan mencegah adanya kekeringan.
  • Mengganti penggunaan kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar minyak dengan kendaraan yang ramah lingkungan.
  • Bijak dalam menggunakan listrik sehari – hari, karena dengan begitu Anda bisa menghemat dan mengurangi pemanasan global.
  • Bijak dalam menanggulangi sampah, dengan mengurangi sampah plastik Anda sudah menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak kepada pemanasan global.

Dengan bertindak secara bijak dalam menjaga lingkungan sekitar akan mengubah keadaan menjadi setidaknya lebih baik. Mengurangi dampak fenomena ini bisa membuat kehidupan di bumi bisa bertahan sampai generasi penerus kelak. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close