Teknologi

√ 5 Aplikasi Pinjaman Dana Online yang Terdaftar di OJK

Dalam setahun terakhir ini, dunia keuangan Indonesia dibanjiri oleh fenomena tentang pinjaman berbasis online. Di era modern ini, pinjaman online semakin marak dibicarakan di kalangan publik. Dibandingkan melakukan pinjaman di bank, pinjaman online dapat menawarkan proses yang jauh lebh cepat dan mudah. Saat ini, pengajuan pinjaman online dapat dilakukan melalui smartphone baik di Android maupun sistem perangkat lain yang berupa aplikasi pinjaman dana online. Pengajuan pinjaman secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan berbekal smartphone dan jaringan internet. Perlu diingat, jika kalian akan mengajukan pinjaman secara online, pastikan layanan pinjaman uang secara online yang akan kamu pakai itu terdaftar dan terverifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk itu, di dalam artikel ini akan diulas mengenai 5 aplikasi pinjaman dana online terpercaya OJK di Android. Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Aplikasi Delivery Makanan Terbaik

1. Kredivo

√ 5 Aplikasi Pinjaman Dana Online yang Terdaftar di OJK
Kredivo

Kredivo menjadi salah satu aplikasi pinjaman dana online terpercaya dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,6 di PlayStore. Kredivo merupakan sebuah aplikasi pinjaman dana online yang memberikan pinjaman dana mulai dari Rp 1,5 juga hingga Rp 30 juta dengan masa tenor maksimun 12 bulan. Cara untuk mengajukan pinjaman dana dengan Kredivo harus memenuhi persyaratan seperti KTP, slip gaji, kartu keluarga, penghasilan minimun Rp 3 juta, rekening koran selama tiga bulan terakhir, tagihan listrik, dan tagihan telepon rumah. Aplikasi Kredivo menyediakan fitur pinjaman tunai terdiri Pinjaman Mini (Mini Loan) dan Pinjaman Jumbo ( Jumbo Loan). Selain itu, Kredivo juga menyediakan fitur cicilan untuk belanja di berbagai toko online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Tiket.com, dan merchant online lainnya. Bunga yang ditetapkan ketika melakukan peminjaman Kredivo sebesar 2.95% per bulannya dengan biaya administrasi sebesar 6% di awal muka. Aplikasi Kredivo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan peminjaman, diantaranya:

Baca juga : GoPay

Kelebihan:

  • Proses pengajuan mudah dan cepat untuk cair
  • Sistem keamanannya terjamin
  • Bunga yang ditetapkan rendah dan tidak adanya DP
  • Barang yang dibutuhkan mudah didapatkan

Kekurangan:

  • Belum semua toko online yang menerima transaksi dengan Kredivo

2. Kredit Pintar

Kredit Pintar
Kredit Pintar

Kredit Pintar menjadi salah satu aplikasi pinjaman dana secara online terpercaya yang sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,8 di PlayStore. Kredit pintar merupakan aplikasi pinjaman dana secara online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dapat melakukan pinjaman tanpa adanya slip gaji atau jaminan hanya bermodalkan KTP, rekening bank atas nama pribadi dan smartphone saja. Kredit Pintar memberikan jenis pilihan pinjaman dengan tenor 14 hari, 30 hari, hingga 3 bulan sesuai dengan kebutuhan.

Suku bunga yang ditetapkan aplikasi Kredit Pintar itu rendah dan pencairan dana dalam 24 jam. Aplikasi Kredit Pintar memberikan pinjaman hingga maksimal Rp 2 juta dengan jangka waktu cicilan hanya sampai 3 bulan saja. Syarat yang harus dipenuhi ketika mengajukan peminjaman dana di Kredit Pintar yaitu WNI, berusia minimal 18-21 tahun, jika sudah menikah minimal usia 22-60 tahun, KTP, rekening bank pribadi. Aplikasi Kredit Pintar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan peminjaman, diantaranya:

Baca juga : Ovo dompet Digital

Kelebihan:

  • Bunga dan biaya pelayanan rendah
  • Tidak adanya jaminan
  • Proses peminjama dana cepat
  • Proses pencairan cepat
  • Cara pembayaran mudah
  • Membukan layanan 24 jam
  • Sistem keamanan terpercaya

Kekurangan:

  • Maksimal jumlah peminjaman dapat dikatakan kecil

3. Cicil

Cicil
Cicil

Cicil menjadi salah satu aplikasi pinjaman dana secara online yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  yang mana sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,0 di PlayStore. Aplikasi Cicil cocok digunakan untuk mahasiswa karena aplikasi ini menyediakan fitur pinjaman uang kuliah bagi yang membutuhkan bantuan finanasial dan membeli kebutuhan kuliah hanya dengan mengguakan KTP dan KTM aktif.

Cicil memberikan pinjaman hingga 80% dari biaya pendidikan dan pengembaliannya akan dikenaka bunga flat sebesar 1,0-1,5% per bulannya. Cara mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi Cicil harus memenuhi persyaratan seperti WNI, mahasiswa aktif (D3, D4, S1, S2, S3), KTP, dan KTM. Aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, diantaranya:

Baca juga : Dana Dompet Digital

Kelebihan:

  • Menyediakan pembiayaan uang kuliah seperti uang awal maupun UKT
  • Menyediakan pembiayaan perlengkapan kebutuhan kuliah
  • Proses pengajuan dana sangat cepat dan mudah
  • Cicilan bungan ringan
  • Dapat melakukan pinjaman tanpa adanya kartu kredit

Kekurangan:

  • Durasi ketika melakukan verifikasi lama

4. Julo

Julo
Julo

Julo menjadi salah satu aplikasi pinjama dana online yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dengan mendapatkan rating sebesar  4,1 di PlayStore yang mana di dalamnya menawarkan solusi kredit pinjaman tanpa adanya jaminan, tanpa adanya kartu kredit, dan tanpa perlu menggadaikan BPKB. Aplikasi Julo memiliki dua jenis layanan peminjaman yaitu Julo Cicil yang dapat meminjam dana mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 8 juta dengan batas waktu pengembalian mulai dari 3-6 bulan dan bunga sebesar 4% per bulannya. Kemudian ada Julo Mini yang dapat memberikan pinjaman dana sebesar Rp 1 juta dengan batas waktu pengembalian pinjaman hanya 1 bulan saja dan bunga sebesar 10% per bulannya.

Syarat untuk mengajukan peminjaman dalam aplikasi ini sangat mudah yaitu usia 21-60 tahun, menjadi Pegawai Negeri atau Swasta, berpenghasilan minimal Rp 2 juta per bulan, dan bertempat tinggal hanya di daerah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Manado, Bali, Kalimantan Timur, dan Kepulauan Riau. Aplikasi Julo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan peminjaman, diantaranya:

Baca juga : Pengertian Doku Wallet

Kelebihan:

  • Memberikan pinjaman dengan bunga kecil sebesar 4% per bulannya
  • Memberikan pinjaman hingga sebesar Rp 8 juta
  • Pendaftarannya sangat mudah

Kekurangan:

  • Pengajuan pengembalian cukup sulit

5. UangTeman

UangTeman
UangTeman

UangTeman menjadi aplikasi pinjaman dana online terpercaya yang dudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dimana sudah lebih dari 1 juta penguguna mengunduh aplikasi ini dan mendapatkan rating sebesar 3,6 di Play Store. Aplikasi UangTeman  merupakan aplikasi pinjaman online pertama di Indonesia sebagai penyedia jasa pinjaman dana mikro jangka pendek. Aplikasi UangTeman memberikan patokan bungan yang harus dibayarkan sebesar 0.5 hingga 0.8% setiap hari hingga batas waktu jatuh tempo.

Hingga saat ini, aplikasi UangTeman dipercaya masyarakat Indonesia karena telah membuktikan diri sebagai salah satu faktor pendukung meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia dengan mendukung penuh kegiatan perekonomian dalam skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Dana hasil dari peminjaman melalui aplikasi UangTeman dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti biaya pendidikan anak, peminjaman modal usaha, tambahan biaya liburan, hingga keperluan konsumtif.  Cara mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan yaitu WNI, usia dari 21-65 tahun, mempunyai pekerjaan, menyerahkan KTP dan foto selfie terbaru. Aplikasi UangTeman memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam melakukan peminjaman, diantaranya:

Kelebihan:

  • Proses pengembalian dana sangat cepat
  • Menyediakan pinjaman dana mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 juta. Bahkan bisa mendapatkan pinjaman sebesar Rp 6 juta
  • Peminjaman dana tanpa adanya jaminan
  • Tenor pinjaman cicilan 61 hingga 92 hari
  • Adanya simulasi peminjaman
  • Mematok suku bunga tahunan maksimal sebesar 45%
  • Bunga rendah karena dihitung per hari
  • Cocok untuk pinjaman dalam jangka pendek

Kekurangan:

  • Proses pengajuan peminjaman dana bisa sampai 3 hari

Nah ituah informasi mengenai 5 aplikasi pinjaman dana online terpercaya OJK di Android yang wajib kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close