Inspirasi HidupStartUPTeknologiumum

Youtube : Sejarah Awal Berdirinya Youtube

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan Youtube?. Yaitu situs streaming dan berbagi video terbesar di dunia yang sangat populer. Anda mungkin juga merupakan pengunjung setia pada Youtube. Melalui aplikasi ini Anda bisa menonton berbagai macam video dengan mudah dan juga gratis. Namun pernahkah terpikir bagaimana youtube itu berawal? Bagaimana sebuah situs streaming terbesar diciptakan sehingga dapat berkembang menjadi seperti saat ini?.

Baca juga : Aplikasi Android Terbaru

Tentu saja yang besar itu berawal dari yang kecil, begitu pula dengan youtube. Sewaktu pertama didirikan ia tentu tidak sepopuler saat ini. Butuh waktu untuk berkembang sehingga semua orang bisa mengenalnya dan menjadikannya semakin populer. Berikut ini ketahui sejarah dan juga awal mulai didirikannya Youtube.

Sejarah Awal Berdiri Youtube Hingga Sampai Sekarang

Youtube : Sejarah Awal Berdirinya Youtube
Youtube

Tepatnya pada 14 Februari 2005, Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim sebagai pendiri dan juga yang mendirikan youtube. Mereka merupakan pegawai dari Paypal dan mulanya perjalanan youtube hanya bertempat pada sebuah Restoran Pizza dan makanan Jepang di daerah California saja. Di tempat itulah ketiganya berusaha mengembangkan youtube agar bisa menjadi situs yang dapat digunakan untuk berbagai macam jenis video.

Baca juga : Aplikasi Musik Android

Salah satu investor yaitu Sequoia capital yang menyumbang dana 3,5 US dollar tertarik untuk bergabung dan membesarkannya. Disusul seorang mantan CEO dari paypal yaitu Reolof Botha yang ikut bergabung juga dengan mereka. Pada akhir tahun 2006, Google telah berhasil mengakuisisi Youtube dengan nilai sebesar 1,65 miliar US dollar. Dan mulailah youtube terus berkembang dan semakin besar sampai saat ini.

Dengan cepat naik daun dan bisa menjadi peringkat 5 dalam website terpopuler pada tahun 2006. Mulailah lebih dari 65.000 video yang diupload melalui youtube. Jumlah pengunjung yang berkunjung pada laman Youtube setiap bulannya melebihi 20 juta orang. Dengan perkembangannya, youtube mulai beralih jalur menjadi partnership di bidang periklanan dan juga marketing.

Youtube selalu berusaha untuk mengembangkan layanannya dan mulai memperhatikan para creator. Dari segi interface youtube mengalami perkembangan yang membuat pengunjung semakin nyaman untuk setia. Sampai saat ini telah mencapai puncak dengan menjadi situs berbagi video terbesar di dunia.

Sejarah Beberapa Kasus Pemblokiran Youtube Di Beberapa Negara

Youtube
Youtube

Namun, dari perkembangannya Youtube juga telah disensor beberapa negara karena berbagai alasan. Contoh berikut Ini negara yang melakukan blokir terhadap Youtube pada sejarahnya dulu:

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

  • Negara Arab Saudi Youtube mencegah para pengguna internet melihat halaman yang dinyatakan untuk dewasa.
  • Armenia menyatakan keadaan darurat sebagai hasil dari protes pemilihan presiden Armenia pada tahun 2008, YouTube telah diblokir di Armenia sejak 2 maret 2008. Keadaan darurat, tidak ada media yang diperbolehkan menyiarkan berita kecuali media nasional saja.
  • Brazil YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi. Pada hari sabtu, 6 januari 2007, memerintahkan untuk mencegah penggunaan internet di Brazil dalam mengakses situs Youtube.
  • Iran Pada 3 desember 2006, memblokir YouTube bersama dengan beberapa situs lain. Sumber mengklaim bahwa pemblokiran tersebut disebabkan oleh adanya sebuah film yang mengagungkan MKO atau Grup perlawanan Iran utama melawan rezim Islam fundamentalis disana.
  • Maroko Pada 25 mei 2007, tidak ada alasan yang diberikan mengapa YouTube diblokir, namun ada spekulasi jika hal itu memiliki hubungan dengan grup separatis Polisario atau terdapat video yang mengkritik raja Mohammed VI. Namun, Youtube dapat diakses kembali pada tanggal 30 mei 2007.
  • Republik Rakyat Cina, Youtube diblokir di Republik Rakyat Cina sejak 15 oktober 2007.
  • Suriah, YouTube diblokir di negara Suriah.
  • Thailand Pada 8 maret 2007, dengan alasan pemblokiran adalah video pidato, Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand di CNN. Namun YouTube dapat diakses kembali pada 10 maret 2007.
  • Turki, Youtube diblokir di Turki pada 6 maret 2007 sampai 9 maret 2007.Dan kembali diblokir pada 18 januari 2008 serta kembali dibuka pada 27 maret 2008.
  • Uni Emirat Arab tidak dapat mengakses Youtube pada halaman pengguna.
  • Pakistan YouTube diblokir namun pemblokirannya dibuka pada 26 februari 2006.
  • Indonesia sendiri Youtube diblokir pada 1 april 2008, dan meminta YouTube untuk menghapus sebuah film Belanda, Fitna, yang dibuat oleh politisi sayap kanan Belanda yaitu, Geert Wilders. Pada tanggal 5 april 2008, YouTube diblokir sebagai sebuah percobaan oleh sebuah ISP. Dan pada 8 april 2008, YouTube bersama dengan MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak, dan situs resmi Fitna diblokir di Indonesia. Namun hanya sampai tanggal 10 april 2008 Youtube bisa diakses kembali di Indonesia.

Beberapa Teknologi Video Youtube

1. Playback

Youtube
Youtube

Saat menyaksikan video YouTube di komputer pribadi membutuhkan plug-in Adobe Flash Player yang terpasang pada penjelajah web. Plug-in Adobe Flash Player yaitu bagian perangkat lunak yang terpasang di komputer pribadi dan mencapai 75% video di Internet.

Baca juga : Bisnis Menggunakan WhatsApp

Pada bulan Januari 2010, YouTube meluncurkan uji coba yang memanfaatkan kemampuan multimedia di penjelajah web dan memungkinkan video ditonton tanpa Adobe Flash Player atau plug-in lain.

2. Pengunggahan

Semua pengguna YouTube tentu saja dapat mengunggah video dengan batas durasi masing – masing selama 15 menit. Bagi pengguna yang memiliki jejak rekam baik dapat diizinkan mengunggah video berdurasi selama 12 jam, Pengguna juga bisa mengunggah video panjang, tetapi hanya batas 10 menit. Dan batas 10 menit tersebut ditambah menjadi 15 menit pada bulan Juli 2010  jika penggunanya memakai penjelajah dalam versi terbaru.

Youtube
Youtube

YouTube mendukung jaringan 3GP, sehingga video bisa diunggah melalui telepon genggam. Dan video bisa diunggah, untuk kualitas video terbaik, maka YouTube menyarankan agar video terikat di-deinterlace sebelum diunggah. Karena semua format video di YouTube memakai pemindaian progresif.

3. Kualitas dan juga Codec

YouTube bermula menawarkan video dengan satu level kualitas saja, namun pada bulan Maret 2008, mode kualitas tinggi ditambahkan sampai mencapai resolusi 480×360 piksel. Dengan fitur terbaru ini, maka YouTube mulai mengalihkan format kompresi video pada mode HD 1080p. Dan pada bulan Juli 2010, YouTube juga mengumumkan jika telah meluncurkan serangkaian video berformat 4K, sehingga batas resolusinya menjadi naik.

Video YouTube yang tersedia dalam ragam level kualitas seperti kualitas standar (SQ), kualitas tinggi (HQ), dan juga definisi tinggi (HD) kemudian diganti dengan angka yang mewakili resolusi vertikal video.

4. Awal Video 3D

Tanggal 21 Juli 2009,  Peter Bradshaw mengumumkan jika pengguna YouTube bisa mengunggah video dengan bentuk 3D. Video jenis ini bisa ditonton dengan beberapa cara, termasuk dengan metode lensa sian atau merah dengan kacamata khusus untuk mendapatkan efek dari 3D.

Dari sanalah mulai perkembangan Youtube dalam berbagai teknologi tercanggih. Berikut ini beberapa sejarah singkat mengenai perkembangan Youtube di Indonesia.

Baca juga : Apa Itu WhatApp ?

Hasil riset menunjukkan 92 persen pengguna Indonesia menyatakan jika YouTube adalah tujuan mereka saat mencari konten video. Umumnya, pengguna Youtube di Indonesia berpendapat jika YouTube memudahkan mereka dalam mencari konten yang menarik dengan topik yang beragam. Pengguna Indonesia sering menggunakan YouTube karena saat menonton konten yang tidak sempat mereka tonton bisa langsung ditonton melalui Youtube.

Channel YouTube dari saluran atau acara televisi merupakan salah satu kategori yang paling populer bagi pengguna Indonesia. Ini menunjukkan jika peningkatan jumlah warganet Indonesia yang menggunakan YouTube semakin meningkat. Selain itu juga, kualitas konten buatan kreator Indonesia saat ini semakin kreatif hingga berhasil menarik banyak penggunanya untuk menonton.

Dari sejarah dan tulis di atas diharapkan banyak wawasan yang bisa Anda dapatkan. Dan menjadi pengetahuan baru, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close