Kesehatan

Tips Menangani Vertigo Saat Sedang Berkendara

Kepala merupakan bagian vital serta organ yang sangat penting dalam  tubuh manusia, tidak heran jika kamu bisa mengalami berbagai macam sakit kepala disertai efeknya masing masing. Sakit kepala yang saangat sering serta sudah pernah kamu rasakan adalah pusing. Pusing merupakan salah satu maslaah kesehatan pada kepala bisa dari yang paling ringan sampai memberikan efek buruk bagi kepala serta menimbulkan kesakitan, kamu juga akan kesulitan berfikir, bahkan beraktivitas yang terhambat karena harus istirahat.

Selain pusing, cukup banyak beragam sakit kepala lainnya, hal ini pun disebabkan oleh beragam penyebab serta dampaknya masing-masing. Salah satunya adalah vertigo, penyakit vertigo cukup banyak dialami oleh orang tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Vertigo sendiri merupakan kondisi sakit kepala yang membuat penderitanya merasakan sensasi seakan tubuh dan benda disekitar seolah olah berputar, hal ini disebabkan gangguan vestibular. Vertigo juga sering disebut sakit kepala kronis dan bisa kambuh kapan saja.

Seseorang yang mendapatkan serangan vertigo seringkali merasakan kondisi tubuh serta benda disekitar seolah berputar sehingga kerap kali penderitanya kehilangan keseimbangan serta pengaturan tubuh. Ini yang menyebabkan penderita vertigo dianjurkan tidak boleh melakukan aktivitas tertentu karena akan berbahaya jika gejala vertigo muncul. Apalagi jika vertigo kambuh saat kamu sedang berkendara. Berikut beberapa tips menangani vertigo saat berkendara agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tips menghadapi vertigo saat berkendara

Serangan vertigo saat sedang berkendara sangatlah berbahaya dengan kondisi gejala vertigo yang timbul bisa berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Sehingga perlu ada beberapa upaya yang perlu kamu perhatikan saat vertigo kambuh ketika berkendara :

Baca juga : Obat Tradisional Untuk Asam Urat

Menenangkan diri

Menenangkan diri
Menenangkan diri

Saat gejala serta tanda tanda vertigo menyerang,  sebaiknya yang harus kamu lakukan pertama kali yaitu mencoba menenangkan diri saat kondisi gejala timbuk. Kamu juga sebaiknya tidak menunduk sehingga tubuh tetap bisa dikontrol walaupun sulit.

Mengatur nafas secara teratur

Ketika vertigo tiba-tiba menyerang, yang perlu diakukan pertama kali yaitu menghentikan kendaraan dan menepu.  Kemudian kamu mulai mengatur napas, tarik dan hembuskan dengan perlahan-lahan. Ini bertujuan untuk memperlancar peredaran darah tersumbat yang menuju otak bisa lancar kembali. Lakukan cara ini dengan minimal 10 detik saat vertigo menyerang.

Baca juga : Asuransi Kesehatan

Segera menghentikan kendaraan

menghentikan kendaraan
menghentikan kendaraan

Sembari menenangkan diri seperti usahakanlah untuk menghentikan kendaraan ditempat yang aman, jangan sesekali kamu tiba tiba mengerem saat vertiho menyerang, karena ini bisa menyebakan kecelakaan serta merugikan pengendara lainnya.

Beri tanda pada pengendara lain

Saat berhenti, usahakanlah untuk memberikan tanda untuk pengemudi lainnya seperti dengan menyalakan lampu bahaya untuk pengemudi lain ataupun mengarahkan tangan saat menepi ke jalan. Memberikan tanda bahaya tersebut penting karena akan memberikan pengertian bagi pengendara lain agar bahaya bisa diminimalisir.

Baca juga : Pola Hidup Terhindar Dari Asam Urat

Merebahkan tubuh sesaat

Merebahkan tubuh sesaat
Merebahkan tubuh sesaat

Setelah kamu mendapatkan tempat berhenti serta berhasil menghentikan kendaraan dengan aman, kamu bisa merebahkan tubuh ataupun bersandar ke kursi agar tubuh bisa istirahat. Ketika merebahkan tubuh berusahalag untuk menunduk ke bawah tapi tetap dalam posisi paling nyaman dan paling relaks kemudian tariklah nafas dalam dalam secara perlahan.

Jangan terlalu memaksakan diri

Gejala vertigo akan berlangsung cukup lama dan waktu yang berbeda, dapat cepat tapi bisa juga lama. Demi menghindari bahaya, sebaiknya kamu jangan memaksakan diri buat berkendara lagi dengan gejala vertigo. Kamu bisa berkendara lagi jika gejala memang benar benar tidak ada lagi. Walaupun sudah sembuh, sebaiknya kamu tidak perlu memaksakan diri untuk terus berkendara akan lebih baik sesekali kamu beristirahat. Jika kamu memang tidak mampu sebaiknya kamu menelpon kerumah dan menemanimu kembali ke rumah.

Berganti pengendara

Penderita vertigo memang sebaiknya tidak berkendara sendiri demi mengurangi resiko saat kambuh. Usahakan agar ditemani pendamping saat berkendara sehingga saat gejala vertigo muncul maka ada kesempatan penderita vertigo berganti dengan pendampingnya. Sehingga ada waktu istirahat bagi penderita vertigo untuk mengembalikan kondisinya.

Baca juga : Makanan Penurun Asam Urat

Duduk diam serta memalingkan kepala ke kiri

Tips menghadapi vertigo saat berkendara
Tips menghadapi vertigo saat berkendara

Saat vertigo mendadak menyerang, ini merupakan sebuah langkah awal yang dapat kamu lakukan. Saat vertigo menyerang, segera duduk diam serta miringkanlah kepalamu ke kiri, ini terbukti ampuh mengurangi gejala vertigo. Vertigo merupakan penyakit yang diakibatkan terganggunya keseimbangan tubuh pada telinga bagian dalam. Saat vertigo menyerang, kalau kamu semakin aktif bergerak, justru akan membuatmu semakin merasa berputar-putar.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa gejala dari vertigo yaitu pusing hebat disertai kehilangan keseimbangan dan sensasi kepala berputar. Tidak jarang gejala ini akan memicu penderitanya mengalami mual, muntah, serta  mengeluarkan keringat berlebih, bahkan sakit kepala hebat, dan nistagmus yaitu gerakan mata tidak normal. Terkadang telinga juga berdengung (tinnitus), serta sensasi seakan terjatuh. Penyebab dasarnya tergantung jenis vertigo yang kamu alami. Tapi ada beberapa kebiasaan yang buruk menjadi penyebab timbulnya vertigo.

Penyebab Dasar Vertigo

Perokok aktif

Perokok aktif
Perokok aktif

Merokok sudah jelas akan memberikan dampak buruk untuk tubuh perokok, salah satu masalah kesehatan yang timbul adalah penyakit vertigo. Saat seseorang memiliki kecanduan merokok, tekanan darah biasanya akan ikut terganggu.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

mengonsumsi alkohol
mengonsumsi alkohol

Sama sepert dampak menjadi perokok pasif, jika kamu sering mengonsumsi alkohol ini sangat tidak baik buat kesehatan tubuh. Para pecandu alkohol memiliki hasrat yang kuat untuk sering mengonsumsinya. Kalau pecandu sedang ingin minum, tapi tidak bisa, dia bisa mengalami reaksi tekanan darah yang menyebabkan kepala pusing hebat serta vertigo.

Langsung bangkit pada saat bangun tidur

Kebiasaan ini seringkali dianggap sepele bagi kebanyakan orang, tapi siapa sangka efeknya cukup buruk buat kesehatan, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah penyakit vertigo. Saat kondisi bangun tidur kemudian kamu langsung bergerak dengan mendadak ataupun tiba-tiba, ini menimbulkan kekakuan terhadap otot tangan serta kaki. Ini akan memengaruhi aliran darah yang menuju otak dan membuat kepala terasa pusing serta berputar-putar.

Jadi saat kamu bangun tidur ada baiknya diam sejenak, kemudian bangkit secara perlahan. Kamu juga dapat melakukan perenggangan tubuh yang ringan saat baru bangun tidur, ini akan membantu melemaskan otot-otot.

Walaupun sebagian besar penyakit vertigo memang tidak termasuk penyakit berbahaya, walaupun dampak yang ditimbuljan bisa membuat seseorang sampai kehilang kesadaran bahkan pingsan. Tapi beberapa kasus vertigo yang seringkali mengindikasikan jika sedang mengidap penyakit berat. Tapi bisa juga vertigo mengindikasikan cedera kepala, pascatrauma, infeksi telinga, serta menunjukan bahwa kamu sedang mengidap tumor/kanker otak.

Untuk itu waspada jika penyakit vertigo yang kamu alami terbilang sering serta sangat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Apalagi jika vertigo yang kamu alami sama sekali tidak mereda bahkan setelah kamu melakukan berbagai macam penanganan pertama. Sebaiknya kamu segera mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan medis dengan tepat dan cepat.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close