wisata

√ 12 Destinasi Wisata di Bireuen Aceh yang Paling Menarik

Menjadi bagian dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Bireuen yang dijuluki sebagai “Kota Juang”. Hal ini diberikan karena pada waktu zaman perang dahulu daerah Bireuen dijadikan sebagai pusat perjuangan dalam menghadapi setiap serangan musuh. Karena itu sampai sekarang, Bireuen mendapat julukan sebagai “Kota Juang”. Di masa itu Bireuen juga pernah menjadi ibukota RI yang ketiga selama seminggu, setelah Yogyakarta jatuh ke tangan penjajah dalam agresi Belanda.

Kata “Bireuen” sendiri berasal dari Bahasa Arab yaitu Birrun yang artinya kebajikan.

Tidak cuma dikenal sebagai “kota Juang”. Kota Bireuen juga menyimpan kekayaan wisata yang bisa kita telusuri. Memiliki lokasi yang strategis, panorama kota yang indah khas kota-kota yang ada di Aceh. Berikut ini rekomendasi 15 Destinasi Wisata di Bireuen Aceh yang Paling Menarik yang patut kamu ketahui:

1. Pante Karya – Kecamatan Peusangan Siblah Krueng

√ 12 Destinasi Wisata di Bireuen Aceh yang Paling Menarik
Pante Karya – Kecamatan Peusangan Siblah Krueng

Berlokasi di ujung selatan Bireuen berbatasan langsung dengan bener meriah. Pante Karya yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Pantai yang memiliki keindahan air laut dan juga pasti putih yang lembut. Membuat pantai ini layak untuk dikunjungi.

Baca juga : Wisata di Kota Lhokseumawe

2. Kuala Jangka – Kecamatan Jangka

Kuala Jangka - Kecamatan Jangka
Kuala Jangka – Kecamatan Jangka

Berada di Gampong Jangka Alue, Kecamatan Jangka, pantai Kuala Jangka memiliki pesona tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya di Aceh. Dibawahnya terdapat warung-warung yang dibangun rapi, bersih membuat nyaman pengunjung yang ingin membuang kepenatan. Selain memiliki bibir pantai yang luas, juga ditumbuhi pohon pinus yang berjejeran nan rindang. Membuat suasana lebih sejuk.

Baca juga : Wisata di Kota Langsa

3. Bate Iliek – Kecamatan Samalanga

Bate Iliek - Kecamatan Samalanga
Bate Iliek – Kecamatan Samalanga

Bate Iliek yang terletak di Kecamatan Samalanga, Bireuen. Bate Iliek sendiri menjadi tempat wisata favorit di kota juang Bireuen. Hampir tiap hari liburan selalu ramai di kunjungi oleh masyarakat sekitar maupun dari masyarakat luar kota.

Baca juga : Wisata di Calang Aceh

4. Pantai Reuleung Manyang – Kecamatan Pandrah

Pantai Reuleung Manyang - Kecamatan Pandrah
Pantai Reuleung Manyang – Kecamatan Pandrah

Masih berada di Kecamatan yang sama yaitu Pandrah, Bireuen. Selain memiliki Air Terjun Ceuraceu di Kecamatan Pandrah yang juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik yaitu Pantai Reuleung Manyang.

Baca juga : Objek Wisata di Meulaboh Aceh

5. Air Terjun Ceuraceu – Kecamatan Pandrah

Air Terjun Ceuraceu - Kecamatan Pandrah
Air Terjun Ceuraceu – Kecamatan Pandrah

Pesona keindahan alam di Bireuen banyak yang terpendam, salah satunya yaitu Air Terjun Ceuraceu yang berada di Kecamatan Pandrah, Bireuen. Perjalanan untuk menempuh ke Air Terjun Ceuraceu yang memakan waktu kurang lebih 8 km dari jalan raya Medan-Banda Aceh. Dengan kondisi dan keadaan jalan yang cukup menantang, Air Terjun Ceuraceu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi khususnya bagi para pecinta petualang.

Baca juga : Wisata di Kota Sabang Aceh

6. Kuala Raja – Kecamatan Kuala

Kuala Raja - Kecamatan Kuala
Kuala Raja – Kecamatan Kuala

Pantai Kuala Raja yang terletak di kecamatan Kuala, Bireuen. Pantai Kuala Raja Bireuen ini memiliki keindahan alam yang sangat indah dan mengagumkan untuk dinikmati. Selain dengan keindahan alam adanya taman bermain untuk anak-anak membuat pantai ini sangat ramai dikunjungi masyarakat dan juga para turis lokal dan mancanegara.

7. Krueng Simpo – Kecamatan Juli

Krueng Simpo
Krueng Simpo

Krueng Simpo yang terletak di Kecamatan Juli, Bireuen. Letaknya yang strategis dan mudah diakses. Krueng Simpo ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk singgah dan menikmati panorama di sekitarnya. Tempat yang menjadi favorit untuk kamu kunjungi.

8. Pantai Ujong Blang

Pantai Ujong Blang
Pantai Ujong Blang

Selain pantai Jangka, ada juga tempat wisata berupa pantai yang menarik di Bireuen yaitu Pantai Ujong Blang. lokasinya, Pantai Ujong Blang yang berada di Desa Ujong Blang dan Krueng Juli, Kec. Kuala. Kabupaten Bireun. Saat kamu mengunjungi Pantai Ujong Blang, maka kamu akan disuguhkan dengan garis pantai yang panjang dan cukup luas berpadu dengan deburan ombak yang datang silih berganti. Selain itu, di Pantai Ujong Blang juga terdapat fasilitas yang lengkap yang dapat kamu nikmati.

9. Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh
Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh menjadi salah satu pantai di Bireuen yang sangat memesona, terutama adanya deburan ombak dan air lautnya yang biru. Banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini, mulai dari bermain pasir, berenang, berjemur, bermain bola, sampai berfoto.

Pecinta surfing juga dapat melakukan selancar di pantai ini, mengingat ombak yang cukup besar dan cocok untuk memacu adrenalin. Maka untuk menikmati keindahannya, langsung saja kamu pergi ke Kecamatan Salanga dan Simpang Mamplang, tepatnya di Desa Peuneulet Baroh. Cukup menempuh perjalanan selama kurang lebih satu jam dari Bireuen.

10. Air Terjun Piramida

Air Terjun Piramida
Air Terjun Piramida

Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Air Terjun Piramida. Lokasinya berada di Desa Alue, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Dinamakan ” Air Terjun Piramida “, karena formasi bebatuan di sekitar air terjun ini berbentuk segitiga seperti piramida pada umumnya. Dan, bentuknya juga miring, dan bertingkat-tingkat.

Lokasinya yang sedikit tersembunyi, dan para wisatawan harus melakukan trekking melewati hutan untuk menuju lokasinya. Namun, semua rintangan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 4 meter.

11. Air Terjun Ie Rhop

Air Terjun Ie Rhop
Air Terjun Ie Rhop

Selain dari Air Terjun Piramida, dan Air Terjun Ceuraceu, ada satu lagi tempat wisata alam berupa air terjun di Kabupaten Bireuen, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Ie Rhop.

Air terjun yang berada di Gampong Ie Rhop, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen, Aceh yang terkenal memiliki 4 tingkatan. Makanya, air terjun ini terkadang disebut juga dengan nama ” Air Terjun 4 Tingkat “. Memiliki pemandangan alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

12. Cot Panglima

Cot Panglima
Cot Panglima

Rekomendasi tempat wisata di Bireuen (Aceh) yang indah untuk dikunjungi terakhir yaitu Cot Panglima, atau Puncak Panglima. Lokasinya berada di Desa Suka Tani, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh.

Cot Panglima  atau Puncak Panglima adalah sebuah puncak yang berada di 29 kilometer di Bireuen – Takengon. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi peristirahatan oleh para pengguna jalan jarak jauh.

Para wisatawan atau para pengguna jalan yang melewati kawasan ini akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dari Cot Panglima atau Puncak Panglima. Sehingga betah untuk berlama – lama di tempat ini.

Sekian contoh dari 15 Destinasi Wisata di Bireuen Aceh yang Paling Menarik. Semoga menjadi pilihan saat berlibur di Aceh.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close