wisata

√ 15 Destinasi Wisata di Kota Sigli Aceh yang Paling Menarik

Pidie merupakan sebuah kabupaten di Aceh yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di propinsi Aceh. Kabupaten yang memiliki ibukota Sigli ini merupakan salah satu daerah yang memiliki geliat ekonomi yang cukup besar. Sigli berkembang menjadi kawasan tempat wisata dengan berjuta pesonanya. Bukan hanya di kawasan kota sigli aceh saja yang layak anda kunjungi baru-baru ini di beberapa kecamatan wilayahnya pun memiliki tempat wisata yang cukup populer.

Dibeberapa wilayah di sigli pidie aceh juga memiliki beberapa tempat wisata yang cocok dijadikan tempat liburan maupun tempat nongkrong dan bersantai bersama keluarga anda. Seperti pantai kota sigli, alun-alun kota sigli, taman kota sigli, museum tsunami, air terjun tangse dan bahkan jika anda ingin bersantai anda dapat mengunjungi pantai mantak tari.

Selain beberapa tempat wisata yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi tempat wisata yang ada di sigli kabupaten pidie aceh ini baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, dan bahkan wisata religi juga ada di pidie aceh.

1. Air Terjun Alue Putek

√ 15 Destinasi Wisata di Kota Sigli Aceh yang Paling Menarik
Air Terjun Alue Putek

Air terjun Alue Putek ini terletak di tengah hutan Dusun Geunie, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Pidie.  Untuk tiba di lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar dua jam  dari pusat Kota Sigli.

Baca juga : Wisata Pulau Nias

2. Bendungan Pinto Sa

Bendungan Pinto Sa
Bendungan Pinto Sa

Bendungan Pinto Sa Kecamatan Tiro Kabupaten Pidie, Aceh sedianya merupakan sumber air irigasi warga setempat. Namun di saat musim liburan atau akhir pekan tiba, tempat ini beralih fungsi menjadi objek wisata.

Alamat: Daya Cot, Tiro/Truseb, Kabupaten Pidie, Aceh.

Baca juga : Wisata di Bireuen Aceh

3. Air Terjun Angên

Air Terjun Angên
Air Terjun Angên

Air terjun (Teuraceu) Angên (Angin), begitu masyarakat menyebutnya, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia disebut air terjun angin. alasan mereka menyebutnya dengan sebutan itu, karena angin kuat yang dihasilkan oleh tekanan udara dan tingginya air yang jatuh.

Alamat: Krueng Seukeuk, Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh.

Baca juga : Wisata di Kota Lhokseumawe

4. Wisata Krueng Geunie

Wisata Krueng Geunie

Tempat wisata krueng geunie sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dan mandi. Selain itu juga pemandangan yang ada di tempat ini tidak kalah menariknya dengan tempat wisata lainnya yang ada di sigli pidie aceh.

Terletak di Kecamatan Tangse, Pidie.

Baca juga : Wisata di Kota Langsa Aceh

5. Gua Aulia Tujuh

Gua Aulia Tujuh
Gua Aulia Tujuh

Gua ini sebenarnya bernama Gua Aulia Tujuh karena didalam gua itu terdapat tempat bersemayam 7 orang aulia yang dikeramatkan di aceh.

terletak di Jl Banda Aceh KM 100, Desa Laweung, Muara Tiga, Pidie. Tepatnya ada di gunung batu Laweung.

Baca juga : Wisata di Meulaboh Aceh

6. Masjid Raya Labui

Masjid Raya Labui

Masjid Raya Labui terletak di Kecamatan Pidie merupakan salah satu masjid tua di Aceh yang menyimpan nilai sejarah. Salah satu peninggalan sejarah adalah mimbar dari kayu berukir berusia ratusan tahun hasil karya pengrajin Cina sekitar tahun 1612 M.

Berlokasi di Jl. Perniagaan No.10, Kramat Dalam, Kota Sigli, Kabupaten Pidie.

7. Lingkok Kuwieng

Lingkok Kuwieng
Lingkok Kuwieng

Ingin berlibur sambil menikmati indahnya alam dan sungai bertebing layaknya Grand Canyon? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Amerika. Di Aceh, terdapat sungai yang mirip Grand Canyon. Namanya Lingkok Kuwieng. Tempat wisata ini sering kali disebut Grand Canyon-nya Aceh. Betapa tidak, dinding sungai di sana terbentuk dari bebatuan yang tersusun rapi seperti ngarai besar.

Terletak di Hutan Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh.

8. Waduk Rajui

Waduk Rajui

Usai dibangun pada 2013 lalu, waduk berkapasitas 2,6 juta kubik ini seyogyanya menjadi sumber air bagi petani di Kecamatan Batee, Padang Tiji, Delima, Grong-Grong dan sebagian Kecamatan Laweung. Namun, tempat ini malah menjadi lokasi favorit warga setempat menikmati sore dengan bersantai ria. Menikmati ketenangan yang dihembuskan Waduk Rajui.

Letaknya di Kaki Lembah Sulawah, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Aceh.

9. Air Panas Beungga

Air Panas Beungga
Air Panas Beungga

Kolam air panas ini memiliki luas 9×11 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Letaknya sangat strategis yakni hanya selemparan batu dari sungai berair dingin.

Di kolam itu, pengunjung dapat merendam diri sembari menikmati pemandangan alam yang asri. Arah selatan kolam berbatas dengan sungai. Sedangkan arah sebaliknya atau sekitar lima meter dari kolam terdapat gunung dengan pohon nan rimbun.

10. Pantai Mantak Tari

Pantai Mantak Tari
Pantai Mantak Tari

Pantai Mantak Tari merupakan wisata pantai di Kabupaten Pidie yang populer dikalangan masyarakat setempat, selain menawarkan keindahan pasir pantai berwarna hitam. Pasir di pantai ini juga di percaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika anda ingin memastikannya silakan anda coba sendiri dengan langsung berkunjung ke tempat wisata ini.

Lokasinya ada di Kecamatan Simpang Tiga, Pidie, Aceh.

11. Puncak Kule

Puncak Kule
Puncak Kule

Bagi anda yang suka menikmati pemandangan alam, maka Puncak Kule sangat direkomendaskan untuk dikunjungi. Pesona Puncak Kule akan membuat pikiran yang stress menjadi lebih rileks, karena anda akan melihat pemandangan yang indah dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang menyukai fotografi dan selfie.

lokasinya sendiri tidak jauh dari Kota Sigli, tepatnya ada di Kecamatan Batee.

12. Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse
Air Terjun Tangse

Air Terjun Tangse merupakan air terjun unik di Kabupaten Pidie yang letaknya tepat di pinggir jalan raya. Air terjunnya cukup indah berada tepat di dinding tebing, selain itu juga menawarkan pesona alam sekitar berupa hamparan sawah, dan perkebunan.

Terjun Tangse ini ada di Gampoeng Meuriya, Tangse, Kabupaten Pidie.

13. Museum Tsunami Kota Sigli

Museum Tsunami Kota Sigli
Museum Tsunami Kota Sigli

Gedung Museum ini terletak di pintu gerbang Pantai Pelangi, setelah alun-alun Kota Sigli, di antara rumah dinas atau Meuligoe Bupati dan Meuligoe Wakil Bupati Pidie.

Gedung ini memiliki dua lantai, empat pintu masuk, tiga pintu di antaranya tidak menggunakan daun pintu, dan bisa selalu dimasuki kapan saja, sedangkan satu lagi menggunakan daun pintu kaca yang tertutup rapat. Di sisi kirinya terdapat Musalla yang pintunya juga terkunci rapat.

Lokasinya ada di Kuala Pidie, Kecamatan Sigli, Pidie, Aceh.

14. Alun-Alun Kota Sigli

Alun-Alun Kota Sigli
Alun-Alun Kota Sigli

Alun-Alun Kota Sigli adalah Dog Run yang berjarak 0.62 KM dari Kota Sigli, Lebih Tepatnya Berlokasi di Kota Sigli Sigli Aceh. Sama dengan pantai kota sigli.

15. Pantai Kota Sigli

Pantai Kota Sigli

Pantai Kota Sigli adalah Beach yang berjarak 0.47 KM dari Kota Sigli, Lebih Tepatnya Berlokasi di Sigli Aceh. Pantai Alun Alun Sigli berlokasi tepat di muka alun alun atau di seberang Pendapa Bupati Pidie. Membentang persis di tepi kota, Pantai Alun-Alun Sigli menjadi tempat rehat yang cocok untuk melepas penat.

Lokasinya yang strategis dan aneka jajanan yang ditawarkan menjadikan tempat ini tak pernah sepi pengunjung.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close