wisata

√ 10 Destinasi Wisata di Siborong-borong dan Sekitarnya

Kecamatan Siborong-borong di Kabupaten Tapanuli Utara tiba – tiba menjadi populer karena sebuah lagu viral di media sosial berjudul ‘Makan Daging Anjing Pakai Sayur Kol’. Dalam lagu yang dinyanyikan sosok anak perempuan dan menyebut nama daerah yaitu Siborong-borong.

Siborong-borong menjadi sebuah kecamatan di Sumatera Utara. Kecamatan ini juga yang menjadi kediaman salah satu bandara milik Sumatera Utara, yaitu Bandara Internasional Silangit.

Namun, tidak hanya Siborong-borong yang memiliki beragam hal menarik. Di Tapanuli Utara juga banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi wisatawan, mulai dari museum bersejarah, pacuan kuda, sampai pemandian air panas. Berikut ini contoh dari 10 Destinasi Wisata Di Siborong – Borong Patut Dicoba.

1. Pacuan Kuda Hoda Marisadu

Pacuan Kuda Hoda Marisadu

Menonton pacuan kuda ternyata tidak hanya bisa melalui layar televisi saja. Karena, di Kecamatan Siborong-borong terdapat sebuah desa bernama Desa Silait-lait yang menjadikan pacuan kuda sebagai aktivitas tahunannya.

Kamu bisa berkunjung setiap 17 Agustus, jika ingin melihat warga Desa Silait-lait saling berlomba memacu hewan tangguh dan beradu kecepatan mencapai garis finish. Bagi kamu yang senang menyaksikan pacuan kuda, atraksi wisata tradisional ini pastinya bisa memuaskan rasa penasaran.

Baca juga : Wisata di Kota Tarutung

2. Istana Sisingamangaraja XII

Istana Sisingamangaraja XII

Sisingamangaraja XII adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Sumatera Utara yang terkenal gigih melawan Belanda di Tanah Batak. Karena kegigihannya, ia bahkan menjadi salah satu tokoh yang wajahnya diabadikan dalam mata uang Rupiah dahulu.

Bagi kamu yang menyukai sejarah, khususnya di daerah Sumatera Utara tentang Sisingamangaraja XII, kamu bisa berkunjung ke Istana Sisingamangaraja XII yang berada di Humbang Hasundutan. Jaraknya hanya sekitar satu jam dari Kecamatan Siborong-borong.

Di Istana Sisingamangaraja bisa melihat makam dan beragam informasi sejarah tentang sosok berkharisma. Bagi yang senang berburu foto-foto Instagramable, kamu juga bisa berburu foto-foto dengan latar belakang bangunan khas Batak Toba.

Baca juga : Wisata di Labuhanbatu

3. Pemandian Air Soda Parbubu

Pemandian Air Soda Parbubu

Sulit untuk menemukan pemandian di tempat lain, maka di tempat ini merupakan satu dari dua pemandian soda yang ada di dunia. Pemandian soda ini hanya ada di Desa Parbubu dan Venezuela. Keindahan alam dengan bukit dan persawahan berpadu dengan kesegaran udara yang menenangkan.

Tempat yang dikenal dengan nama Aek Rara Tarutung oleh masyarakat setempat memiliki warna air kemerah-merahan. Cukup unik, apabila kamu mandi ke air ini, kamu akan merasakan ada busa di tubuh. Dan jika airnya terkena mata, maka mata akan terasa pedih.

Setelah mandi di tempat ini, kulit kamu akan terasa lembut dan halus. Mata Air soda Parbubu berada di kaki bukit daerah Tarutung, di Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara. Berjarak tempuh sekitar satu kilometer dari pusat kota Tarutung.

Baca juga : Wisata di Dolok Sanggul

4. Huta Ginjang

Huta Ginjang

Huta Ginjang atau dalam bahasa Indonesia yang diartikan sebagai Kampung Tinggi harus menjadi salah satu destinasi wisata yang kamu kunjungi saat berada di Tapanuli Utara. Jarak tempuh yang kamu butuhkan dari Siborong-borong menuju kawasan perbukitan hijau ini sekitar 40 menit sampai satu jam.

Berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, Huta Ginjang menghadirkan panorama Danau Toba yang indah, lengkap dengan pemandangan Pulau Samosirnya.

Menariknya lagi, di Huta Ginjang terdapat berbagai olahraga ekstrem yang bisa kamu coba, seperti paralayang. Karena keindahannya, Presiden Indonesia jugapun pernah menyempatkan berkunjung ke Huta Ginjang di sela-sela kunjungannya di Tapanuli Utara waktu lalu.

Baca juga : Wisata di Pulau Samosir

5. Pemandian Air Sipoholon

Pemandian Air Sipoholon

Pemandian air panas alami di Situmeang Habinsaran, Kecamatan Sipoholon yang tidak hanya asyik disambangi untuk ‘melibas’ rasa lelah akibat perjalanan panjang, namun juga memanjakan mata. Sambil berendam di air bersuhu 40-70 derajat Celcius, kamu bisa menikmati hamparan gunung batu yang bertingkat dan berwarna putih.

Terbentuk akibat dari letusan Gunung Martimbang di masa lampau, masyarakat setempat percaya bahwa berendam di Pemandian Air Panas Sipoholon juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Harga tiket masuknya cukup murah dan kamu bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya secara puas.

Baca juga : Wisata di Berastagi

6. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang merupakan pulau terbesar kedua yang berada di Danau Toba selain pulau Samosir. Dikenal oleh masyarakat sebagai setempat dengan nama pulau Mangga karena bentuk pulaunya mirip dengan buah mangga.

Pulau Sibandang memiliki keindahan yang begitu luar biasa. Pepohonan hijau, bebatuan dan pemandangan alam di pulau yang sangat menyejukkan mata. Di pulau yang bak sebuah bukit ini kamu dapat memandangi indahnya danau Toba. Secara administratif Pulau Sibandang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

7. Bukit Doa

Bukit Doa

Rekomendasi tempat wisata di Tarutung Tapanuli Utara yang juga menarik dikunjungi yaitu Bukit Doa. Bukit Doa menjadi sebuah tempat wisata alam bernuansa religi (agama kristen).

Salah satu daya tarik utama dari Bukit Doa ini, adalah di tempat ini terdapat sebuah jalan yang dinamakan ” Jalan Salib Mahawu “ yang menceritakan tentang kisah Yesus Kristus dengan 14 lokasi pemberhentian. Pemandangan sekitar yang indah dan juga menarik untuk dijelajahi.

8. Gereja HKBP Dame Saitnihuta

Gereja HKBP Dame Saitnihuta

Rekomendasi tempat wisata yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Gereja HKBP Dame Saitnihuta. Gereja HKBP Dame Saitnihuta menjadi salah satu gereja tertua di Kabupaten Tapanuli Utara.

Gereja yang dibangun oleh pendeta Ingwer Ludwig Nommensen dan resmi dibuka pada tanggal 24 Mei 1964 silam. Sekarang, gereja ini dikelola dan dimiliki oleh dua lembaga gereja di Indonesia, yaitu GKPI, dan HKBP.

Jika kamu penasaran dengan Gereja HKBP Dame Saitnihuta ini. Maka kamu bisa langsung mengunjunginya di Desa Hutatoruan V, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

9. Sopo Partungkoan

Sopo Partungkoan

Sopo Partungkoan yaitu sebuah bangunan megah bergaya arsitektur khas Tapanuli Utara. Kemegahan bangunan cocok sekali dijadikan sebagai latar belakang atau background untuk foto selfie.

Bangunan megah yang bisa dikunjungi di Jalan Sisingamangaraja, Desa Hutatoruan VI, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 sampai pukul 17:00.

10. Situs Hindu Hopong

Situs Hindu Hopong

Memang belum banyak orang yang mengetahui jika penyebaran agama hindu di bumi nusantara juga sampai ke dataran Sumatera Utara, atau lebih tepatnya di lereng Bukit Jalur Taput, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Tapanuli Utara.

Jejak peninggalan agama hindu berupa patung, yang bentuknya mirip dengan patung-patung di Candi Simangambat, yang berada di Desa Simangambat, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal.

Karena itulah, Situs Hindu Hopong yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 masehi, yaitu pada masa pemerintahan kerajaan sriwijaya. Biasanya, tempat wisata sejarah ini dibuka 24 jam setiap harinya. Tempat religi yang menarik dan indah untuk dikunjungi.

Demikian beberapa rekomendasi dari 10 Destinasi Wisata Di Siborong – Borong Patut Dicoba. Selamat berlibur dan semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close