wisata

√ 10 Destinasi Wisata di Pulau Samosir yang Wajib Dikunjungi

Danau Toba menjadi salah satu danau terbesar di Indonesia dan juga di Asia Tenggara yang menempati peringkat 2 danau terluas di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Terletak di provinsi Sumatera Utara, Danau yang menyimpan banyak pesona alam yang tidak akan habis untuk dijelajahi.

Sejarah mencatat jika danau ini terbentuk dari adanya letusan gunung berapi. Danau ini seperti lautan luas jika dilihat di sepanjang pesisirnya. Kamu akan dibuat kagum dengan keindahan Danau Toba dengan hamparan bukit barisan yang mengelilinginya dan juga pulau vulkanik yang berada di tengahnya, yaitu akhirnya terbentuk sebuah pulau yaitu Pulau Samosir. Jika kamu hendak berwisata ke pulau ini, berikut rekomendasi 10 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Wajib Dikunjungi.

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung

Salah satunya tempat yang kamu lihat keindahan Danau Toba dari Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Bukit yang juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies, seperti disebut di Bromo, Malang, Nusa Penida, Bali, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo, Pulau Komodo. Bukit Holbung menjadi salah satu bukit Teletubbies versi Sumatera Utara.

Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk berjalan. Biasanya, pengunjung bisa mencapai puncak dalam waktu 10 – 15 menit. Ada jalan setapak untuk kamu menuju kesana dan juga bisa melihat banyak gulma bukit di sepanjang jalan. Begitu mencapai puncak, maka kamu akan tertegun dan menikmati keindahannya. Tempat ini bisa menjadi pilihan liburan keren bersama keluarga.

Baca juga : Wisata di Berastagi

2. Pusuk Buhit, Samosir

Pusuk Buhit, Samosir

Samosir menyimpan banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya yaitu Pusuk Buhit sebenarnya adalah gunung berapi aktif. Tingginya mencapai 1980 meter di atas rata-rata permukaan laut.

Gunung yang dikelilingi beberapa desa, seperti Sianjur Mula-Mula, Samosir, dan Pangururan. Saat ini, Pusuk Buhit menjadi tujuan liburan yang menarik di Sumatera Utara karena Pusuk Buhit dikenal dengan cerita urbannya. Menurut mitos Batak, Pusuk Buhit yaitu tempat kelahiran Suku Batak atau asal mula Suku Batak. Penduduk setempat percaya bahwa Pusuk Buhit adalah tempat kelahiran Raja Batak.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Pusuk Buhit. Seperti, kamu bisa mengunjungi Tower Tele yang merupakan tempat sempurna untuk menyaksikan pemandangan keindahan Danau Toba. Dan tempat menarik lainnya di dekatnya seperti Aek Sipitu Dae, Batu Hobon, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Wisata di Kota Sidikalang

3. Air Terjun Turunan Bolon/Air Terjun Naga

Air Terjun Turunan Bolon/Air Terjun Naga

Air Terjun Turunan Bolon atau Air Terjun Campuran Bolon yang disebut juga Air Terjun Naga, lokasinya terletak di kawasan yang masih asri, yaitu di Desa Tomuan Holbung Kecamatan Bandar Pasir Mandoge Kabupaten Asahan.

Ada beberapa tebing indah yang dihiasi pepohonan hijau. Aliran sungainya juga cukup deras. Apalagi hujan maka airnya jernih dan dingin. Membuat siapapun yang berkunjung kian terpesona.

Di lokasi ini medannya cukup berat. Jalanan bertekstur tanah berbatu akan menjadi tantangan bagi kendaraan. Sehingga harus lebih berhati-hati, terutama saat hari hujan. Sangat dianjurkan memakai kendaraan kondisi yang prima.

Baca juga : Wisata di Kota Padang Sidempuan

4. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun Binanga Bolon

Air terjun Binanga Bolon yaitu salah satu air terjun yang ada di kabupaten simalungun, tepatnya berada di kecamatan Haranggaol Nagori Purba Pasir.

Letak air terjun yang berada di sekitar pemukiman warga yang berada di dekat danau Toba. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan Danau Toba, karena sepanjang jalan menuju lokasi air terjun kamu harus melintasi jalan yang berada dekat tepi Danau Toba.

Setelah sampai di desa Binanga Bolon maka kamu harus berjalan mendaki sekitar 100 meter. Untuk perjalanan dari desa Binanga Bolon ke lokasi air terjun tidak terlalu terjal dan jalannya juga telah bagus untuk dilewati.

Baca juga : Wisata di Kota Sibolga

5. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun juga sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom karena airnya berasal dari desa Binangalom Kecamatan Lumban Julu, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba bisa diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia air terjun ini yang tergolong unik karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Kamu juga dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini.

Untuk menuju tempat lokasi ada dua alternatif jika kamu dari Medan, melalui rute dari Parapat melalui Pelabuhan Ajibata atau rute dari Balige melalui Pelabuhan Balige. Keduanya bisa ditempuh dengan menyewa kapal motor menuju lokasi air terjun. Namun jarak terdekat melalui Balige, sebab letak air terjun yang mengarah ke Balige.

Baca juga : Wisata di Kota Sigli

6. Kapal Pesiar Danau Toba

Kapal Pesiar Danau Toba

Untuk menuju Danau Toba bisa dicapai dengan menggunakan kapal pesiar alias cruise. Paket kapal pesiar ke Danau Toba ini menjadi satu paket baru yang diolah bersama pemerintah Singapura.

Kapal pesiar milik Pemerintah Kabupaten Samosir bentuknya seperti rumah adat Batak, lengkap dengan ornamen ukirnya yang berukuran panjang 21,5 meter dan lebar 7 meter. Uniknya, strukturnya hampir seluruhnya terbuat dari bahan kayu.

Untuk keselamatan penumpangnya kapal ini dilengkapi dua sekoci dengan daya tampung 20 orang, pelampung keselamatan, pemadam api, serta alat penunjuk keadaan darurat red hand flare. Kapal juga dilengkapi kompas dan peralatan GPS untuk panduan arah dan posisi kapal berlayar.

7. Inna Parapat Hotel

Inna Parapat Hotel

Sebuah Hotel legendaris yang terletak di kota Parapat, tepat di pinggiran Danau Toba berbentuk semacam bungalow dan sering digunakan sebagai penginapan kontingen Indonesia yang akan bertanding di kejuaraan nasional maupun internasional seperti PON , Sea Games, dan juga Asian Games.

Inna Parapat memiliki 3 restoran yang menyajikan masakan lokal juga masakan internasional. Walau hotel ini tidak ada fasilitas kolam renang, namun kamu dapat bersantai di tepi danau yang berpasir putih serta melakukan kegiatan lain seperti berenang dan berlayar menuju Pulau Samosir.

Namun yang menjadi daya tarik dari hotel ini bukanlah itu saja, namun juga ada sebuah area yang menyerupai suasana di Eropa, tepatnya Belanda, lengkap dengan kincir anginnya.

8. Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Puncak Sidiangkat, Sidikalang

Berlatar belakang panorama keindahan alam tanah Pakpak, jauh dari polusi udara, Puncak Sidiangkat patut menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dikunjungi saat kamu berada di Kabupaten Dairi sekitaran Danau Toba.

Daya tarik yang ditawarkan Puncak Sidiangkat yaitu spot foto unik berupa sarang burung raksasa, sedangkan background di sekitar lokasi menyajikan keindahan alam dengan hijaunya pepohonan.

Jika ingin bermalam dalam suasana yang sejuk dan asri, ada juga Hotel Nantampuk Mas yang berada di puncak dikelilingi perbukitan dan view hutan lindung menghijau dengan hembusan udaranya dingin, segar dan asri menyediakan fasilitas sebanyak 21 kamar .

9. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara

Tempat yang dibelah oleh 2 aliran sungai besar yang airnya cukup deras. Sungai terbesar yang dominan yaitu Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengalir di beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

Lembah Bakkara menjadi tempat kelahiran dari Raja Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang dahulu berperang melawan penjajahan Belanda.

10. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Sapo Juma merupakan sebuah penginapan di pinggir Danau Toba. Suasana yang nyaman dengan suguhan kecantikan Danau Toba menjadi hal yang akan kamu dapatkan. Nama Sapo Juma menjadi viral di media sosial khususnya di instagram. Hal ini tidak lepas dari keberadaan bunga  – bunga cantik yang di area Sapo Juma. Tidak sedikit pengunjung yang berfoto-foto di lokasi kebun bunga Sapo Juma tersebut.

Di antara bunga-bunga yang tumbuh, terdapat juga jalan setapak. Jadi kamu bisa menikmati bunga dalam jarak dekat dan juga hunting foto tanpa merusak tanaman yang tumbuh.

Sekian rekomendasi dari 10 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Wajib Dikunjungi. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close