wisata

√ 9 Destinasi Wisata di Painan yang Sangat Menarik dan Hits

Wisata alam akan menjadi daya menarik bagi sebagian besar orang, dan Indonesia salah satu surga yang keindahannya diyakini mampu membuat mata dunia takjub olehnya. Jika kamu punya rencana liburan? cobalah memulai menjelajahi negeri dari barat di Pulau Sumatera nan elok ini.

Wisata alam Sumatera Barat memang kaya, salah satu sudut paling mencolok yang bisa mendefinisikan keindahannya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, tepatnya di kota Painan.

Wisata Painan menawarkan pengalaman penuh kesan melalui beragam objek wisata yang disajikan. Berikut ini contoh rekomendasi Destinasi Wisata di Painan Yang Menarik Dan Hits.

1. Wisata Pulau Cubadak

Wisata Pulau Cubadak

Pada musim liburan energi dan durasi wisata pasti akan berlebih, sebuah ide yang sempurna untuk melakukan penjelajahan ke Pulau Cubadak. Pulau cantik yang masih berada dalam Kawasan Wisata Mandeh bisa dikunjungi dengan menggunakan kapal dari Pantai Carocok di Painan.

Dengan konsep resort yang diusungnya, Cubadak menjadi tempat yang bisa memanjakan pengunjung yang ingin bermalam dan beristirahat dengan nyaman. Beragam aktivitas bisa dilakukan di pulau ini, seperti snorkeling, diving, bermain kayak dan juga menikmati sunset yang indah.

Baca juga : Wisata di Kota Solok

2. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh

Tahun 2017 lalu, kawasan wisata ini meraih peringkat pertama untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia (API) II.

Kawasan Wisata Mandeh wajib dikunjungi siapa saja yang ingin berwisata ke Sumatera Barat. Karena Mandeh disebut-sebut sebagai tempat yang mewakili keindahan Raja Ampat yang ada di Sumatera.

Di puncaknya, setiap pengunjung dapat menikmati gugusan pulau-pulau yang sangat menakjubkan. Di tempat ini dijamin akan membuat pengunjungnya merasa betah dan takjub.

Baca juga : Wisata di Kota Padang

3. Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang

Sebuah jembatan akar di lingkup masyarakat Painan. Ketika liburan ke Painan, jangan lupa mengunjungi Jembatan Akar ala Sumbar, yaitu Jembatan Akar Bayang.

Sebuah jembatan yang eksotis sebagai penghubung kampung Puluik-Puluik dan kampung Lubuk Silau. Sebuah mitos unik juga menyelimuti sejarah jembatan diatas Sungai Bayang ini.

Ada yang bilang jika mandi tepat di bawah jembatan maka nantinya akan mudah mendapat jodoh. Di dekat objek wisata, sekitar 3 kilometer, juga bisa berkunjung ke Air Terjun yang bernama Bayang Sani.

Baca juga : Wisata di Kota Pariaman

4. Bukit Langkisau

Bukit Langkisau

Liburan ke Kabupaten Pesisir Selatan, menjadi wajib hukumnya menjelajahi perjalanan ke Bukit Langkisau yang terkenal dengan pemandangan indahnya.

Langkisau merupakan bukit landai berumput halus yang menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Pesisir Selatan. Di bukit ini, pengunjung bisa dengan jelas menikmati lanskap Kota Painan yang lengkap dengan gugusan bukit hijau yang menawan.

Selain itu, Bukit Langkisau juga menjadi destinasi Paralayang Sumbar. Paralayang yang memiliki dua titik pendaratan, yaitu Kota Painan dan Pantai Salido.

Baca juga : Wisata di Lubuk Basung

5. Air Terjun Timbulun

Air Terjun Timbulun

Wisata Painan tidak hanya tentang keindahan pesisir pantai saja, bahkan hanya dengan menempuh perjalanan 4 kilometer dari Kota Painan, pengunjung bisa menemukan objek wisata alam berupa air terjun.

Wana wisata air terjun 7 tingkat yang mengairi dua sungai yang mengapit kota ini. Seperti halnya air terjun lainnya, Air Terjun Timbulun mengajak setiap pengunjungnya untuk memasuki nuansa nan hijau, sejuk dan menenangkan.

Berkunjung dan menjelajahi setiap tingkatannya, atau setidaknya sampai tingkatan ke 3 untuk melihat air terjun yang paling tinggi.

Baca juga : Wisata di Padang Panjang

6. Pulau Cingkuak

Pulau Cingkuak

Seperti Pulau Batu Kereta, Pulau Cingkuak yang berada dekat dengan Pantai Carocok. Hanya saja pulau ini tidaklah terhubung oleh jembatan, untuk sampai kesini harus menyeberang dengan perahu dari Pantai Carocok.

Wisata yang menawarkan lanskap pemandangan laut lebih sempurna, pulau ini kaya akan wahana yang memastikan pengunjungnya sibuk saat mengunjunginya, termasuk atraksi wisata air berupa banana boat dan jetski.

Pulau ini juga sebagai objek wisata sejarah berupa Benteng Portugis yang turut menjadi daya tarik wisatawan.

7. Pantai Carocok

Pantai Carocok

Wisata Painan berikutnya adalah pantai populer di kota tersebut, yaitu Pantai Carocok. Sebuah pantai cantik yang tidak pernah sepi pengunjung, terutama di sore hari.

Menjadi wisata paling ideal untuk bersantai, sambil menunggu datangnya kemolekan matahari terbenam. Tidak jauh dari bibir pantai juga ada pulau kecil yang terhubung melalui sebuah jembatan, Pulau Batu Kereta yang penuh legenda.

Pantai Carocok adalah objek wisata Painan yang terus dengan penambahan beragam fasilitas penunjang, tidak terkecuali hotel dan penginapan yang banyak tersedia di sekitarnya.

8. Puncak Bukit Bendera

Puncak Bukit Bendera

Wisata Puncak Bukit Bendera yang berada di Kecamatan Bayang , Kabupaten Pesisir Selatan ini dulunya menjadi tempat untuk meninjau kawanan penjajah yang hendak masuk ke wilayah Bayang. Apabila naik kendaraan dari Kota Padang menuju Painan, cukup turun di Kecamatan Bayang. Lalu dengan menyambung dengan menggunakan ojek, pengunjung akan diantar hingga kaki Bukit Bendera. Perjalanan dari kaki bukit ke Puncak memakan waktu sekitar 15 menit. Dahulu warga sekitar mengamati kawanan Penjajah Belanda dari Puncak Bukit Bendera. Dari cerita warga sekitar, apabila ada kawanan penjajah yang terlihat, bendera yang ada di sini akan perlahan diturunkan. Dari sanalah diambil nama Bukit Bendera Bayang ini diambil.

9. Air Terjun Bayang Sani

Air Terjun Bayang Sani

Pesisir Selatan tidak selalu berbicara wisata laut saja, namun kamu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Bayang Sani. Letak air terjun tidak jauh dari Jembatan Akar Bayang, hanya beberapa meter saja jaraknya. Dari Padang bisa naik transportasi menuju Asam Kumbang. Lalu menyambung dengan menggunakan ojek.

Air terjun yang terletak di Desa Koto Baru ini cukup ramai dikunjungi wisatawan di hari libur. Air terjun juga memiliki lima tingkatan, namun meskipun begitu, hingga saat ini hanya bisa dinaiki para wisatawan sampai tingkatan ketiga saja dan itu tidak begitu ramai.

Demikian contoh dan rekomendasi dari 9 Destinasi Wisata di Painan Yang Menarik Dan Hits.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close