umum

Pengertian Penelitian: Definisi, Tujuan dan Karakteristik

Apa yang dapat anda pahami tentang penelitian? Secara umum, gagasan penelitian adalah proses penelitian yang dilakukan secara aktif, tekun, dan sistematis, di mana tujuannya adalah menemukan, menafsirkan, dan meninjau fakta.

Pendapat lain mengatakan bahwa definisi penelitian adalah proses penelitian sistematis dengan mempelajari berbagai bahan dan sumber untuk membangun fakta dan mencapai kesimpulan baru.

Pengertian Penelitian: Definisi, Tujuan dan Karakteristik Penelitian

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan atau memperoleh data untuk maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, penelitian atau penelitian harus dilakukan secara ilmiah berdasarkan karakteristik ilmiah, yaitu:

Pengertian Penelitian: Definisi, Tujuan dan Karakteristik Penelitian
Pengertian Penelitian: Definisi, Tujuan dan Karakteristik Penelitian

Baca juga : Metode Penelitian

  • rasional; Intinya adalah bahwa penelitian harus dilakukan dengan cara yang masuk akal atau rasional sehingga dapat dicapai oleh akal manusia.
  • empiris; Intinya adalah bahwa penelitian harus didasarkan pada sumber pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan indera manusia. Dengan begitu, metode ini juga bisa diamati oleh orang lain.
  • sistematis; Intinya adalah bahwa penyelidikan harus dilakukan melalui langkah-langkah tertentu yang logis dan teratur sesuai dengan sistem yang diatur sehingga dapat menjelaskan serangkaian sebab dan akibat dari suatu objek penyelidikan.

Pengertian penelitian menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu penelitian, kita dapat berkonsultasi dengan pendapat para ahli berikut:

Soetrisno Hadi

Menurut Soetrisno Hadi, pemahaman penelitian adalah upaya untuk menemukan segalanya untuk mengisi kesenjangan atau kekurangan yang ada, memperdalam apa yang sudah ada, mengembangkan dan memperluas, dan membuktikan kebenaran dari apa yang sudah ada, tetapi kebenarannya tetap ragu.

Baca juga : Pengertian Analisis

Soerjono Soekanto

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Soerjono Soekanto, adapun pemahaman dari penelitian merupakan sebuah kegiatan ilmiah yang di dasarkan pada sebuah analisis dan konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis, dan konsisten serta bertujuan untuk mengungkap kebenaran sebagai manifestasi dari keinginan manusia untuk mengetahui apa yang dihadapinya.

Pengertian penelitian menurut para ahli
Pengertian penelitian menurut para ahli

Sanapiah Faisal

Menurut Sanapiah Faisal, definisi penelitian adalah kegiatan untuk memeriksa masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara teratur dan sistematis untuk menemukan pengetahuan baru yang dapat diandalkan tentang dunia alam dan dunia sosial.

Donald Ary

Berdasarkan apa yang diungkapkan juga oleh Donald Ary, pengertian dari penelitian merupakan sebuah penerapan pendekatan ilmiah yang dipergunakan untuk anda dapat mengevaluasi masalah guna memperoleh informasi dan hasil yang bermanfaat yang dapat dijelaskan.

Baca juga : Contoh Kata Pengantar

Tyrus Hillway

Yang kelima adalah berdasarkan dari Tyrus Hillway, pemahaman dari penelitian adalah metode studi yang sangat mendalam dan penuh dengan kehati-hatian dalam segala bentuk fakta yang dapat diandalkan untuk masalah tertentu untuk menyelesaikannya.

Karakteristik penelitian

Karakteristik penelitian
Karakteristik penelitian

Kegiatan penelitian harus memiliki karakteristik tertentu. Karakteristik penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Ilmiah, artinya penyelidikan dilakukan sesuai dengan prosedur dan menggunakan bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta yang diperoleh secara objektif.
  2. Proses ini kontinu, hasil penelitian selalu dapat disempurnakan dari waktu ke waktu melalui proses yang berkelanjutan.
  3. Berkontribusi, yang berarti bahwa suatu penelitian harus memiliki elemen kontribusi atau nilai tambah bagi pengetahuan yang sudah ada sebelumnya.
  4. Analitik, penelitian harus diuji dan dijelaskan dengan menggunakan metode ilmiah dan ada hubungan sebab akibat antara variabel.

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian
Tujuan penelitian

Pada dasarnya, tujuan penelitian adalah untuk menemukan pengetahuan yang dapat digunakan oleh manusia dan lingkungannya. Menurut dari beberapa ahli sendiri, terdapat tiga tujuan penelitian praktis, adalah:

Baca juga : Laporan Kegiatan

Tujuan eksplorasi

Dalam hal ini, penelitian dengan tujuan eksplorasi adalah untuk menemukan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya. Misal adalah penelitian mengenai pemanfaatan ekstrak kayu manis untuk digunakan pada masalah diabetes dalam tubuh manusia.

Tujuan verifikasi

Penelitian untuk tujuan verifikasi adalah untuk membuktikan atau menguji kembali kebenaran ilmu yang telah ada sebelumnya. Misalnya, coba manfaat ekstrak Wuluh carambola sebagai antibakteri.

Tujuan pengembangan

Penelitian yang dengan tujuan pengembangan adalah untuk memperdalam atau mengembangkan penelitian atau pengetahuan yang ada. Misalnya, penelitian tentang manfaat ekstrak kulit manggis untuk masalah diabetes yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga : Rumusan Masalah

Penelitian ini dilakukan lagi untuk mengembangkannya, misalnya, untuk menguji seberapa efektif ekstrak kulit manggis dalam mengatasi masalah diabetes pada kelompok umur tertentu.

Demikian adalah penjelasan singkat tentang pengertian penelitian, karakteristik dan tujuan penelitian secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close