umum

Tarian Tradisional Daerah Asli Indonesia, Wajib Diketahui

Tarian tradisional adalah tarian yang penuh dengan budaya dan adat, di Indonesia tarian tradisional begitu beragam dan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Namun, tidak hanya masyarakat setempat tetapi tarian tradisional Indonesia sudah terkenal di mancanegara, hal ini karena tarian tradisional Indonesia mempunyai nilai yang begitu tinggi.

Tarian Tradisional Daerah Asli Indonesia

Tarian tradisional Indonesia mempunyai nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai harmoni, nilai-nilai kepercayaan, hingga nilai-nilai adat yang bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Tidak mengherankan jika tarian tradisional mempunyai gerakan yang indah, dan tarian tradisional ini mencerminkan budaya masyarakat setempat.

Tarian daerah topeng betawi

Tarian daerah topeng betawi
Tarian daerah topeng betawi

Tari Topeng Betawi adalah tarian topeng asli dari Betawi, karena namanya menunjukkan bahwa ia mengenakan topeng saat melakukan tarian. Pada umumnya memang tari topeng Betawi ini juga diiringi oleh musik seperti gamelan atau alat musik yang lain, dan tarian itu juga diiringi oleh drama, sehingga itu adalah pertunjukan yang sangat rapi.

Baca juga : Pengertian Budaya

Tari daerah topeng betawi biasanya dilakukan saat acara tertentu, seperti festival atau perayaan. Tidak mengherankan jika tarian ini mempunyai gerakan yang sangat ceria, dengan gerakan yang sangat lincah yang membuat tari topeng Betawi mempunyai kesan bahagia.

Tarian tradisional cokek

Tarian tradisional cokek
Tarian tradisional cokek

Tari Tradisional Cokek adalah tarian asli Betawi, tarian ini biasanya digunakan untuk menghidupkan festival tradisional yang dirayakan di Betawi. Ditemani oleh musik, para penari akan mengikuti irama musik, berjabat tangan, pinggul, dan tubuh untuk dapat ikuti irama musik dimainkan.

Baca juga : Sejarah Indonesia

Gerakan tarian Cokek adalah kombinasi dari budaya Betawi, Sunda dan Cina. Tidak jarang tarian ini juga masuk ke gerakan khas betawi silat, sehingga membuat gerakan yang sangat unik dan juga menarik untuk ditonton.

Tarian daerah lenggang nyai

Tarian daerah lenggang nyai
Tarian daerah lenggang nyai

Tarian Lenggang Nyai adalah tarian lain yang asli Betawi, tarian ini mempunyai makna yang begitu unik. Di mana tarian ini diciptakan karena kisah Nyai Dasimah yang sedang memilih calon suami. Pergerakan setelah tarian merupakan cerminan dari kisah Nyai Dasimah.

Baca juga : Rumah Adat Indonesia

Selain cerita tentang tarian sangi lenggang, tarian ini mempunyai gerakan yang sangat halus. Dengan iringan musik Gambang Kromong, yang merupakan musik tradisional Betawi. Tarian ini disajikan dengan sangat baik dengan gaun yang merupakan campuran budaya Betawi dan Cina.

Jaipong

Jaipong
Jaipong

Tarian tradisional Jaipong adalah tarian asli yang asli tanah Sunda, tarian ini populer untuk pertama kalinya di kota Karawang yang terjadi di abad ke 19. Kombinasi gerakan dan musik tradisional gong, ketuk atau gendang, buatlah tarian ini Menjadi lebih menarik bagi masyarakat Karawang.

Baca juga : Pakaian Adat Indonesia

Keberadaan tarian jaipong ini menyebar di tanah Sunda, kemudian mendapat apresiasi yang sangat baik sehingga membuatnya sangat populer bahkan hingga saat ini.

Tari saman aceh

Tari saman aceh
Tari saman aceh

Tari Saman adalah tarian yang asli provinsi Aceh, tepatnya sendiri dipunyai oleh suku Aceh Gayo. Namun, sekarang tari saman terkenal di luar negeri, ini disebabkan keunikan tarian ini. Bahkan, tarian ini juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu dari warisan dunia di tahun 2011.

Baca juga : Alat Musik Daerah

Tarian ini dilakukan oleh banyak orang pada saat yang sama sehingga mereka bisa mencapai lusinan orang, di mana kekompakan dan pemahaman tentang ritme yang tepat diperlukan untuk dapat menghasilkan tarian saman yang baik. Tarian ini dapat dilakukan oleh pria dan wanita, di daerah asal tarian ini dilakukan untuk menyambut hari Islam.

Tari tortor

Tari tortor
Tari tortor

Tarian Tradisional Tortor adalah tarian yang asli Sumatera Utara, di mana tarian ini mempunyai kisah yang cukup unik. Dikatakan bahwa terdapat 7 putri tercinta turun ke bumi untuk mandi di danau, di mana masyarakat setempat menggunakan tarian tortor untuk mengusir hal-hal negatif yang ada di tanggal tertentu.

Baca juga : Peta Indonesia

Selain cerita sebelumnya, tarian penyiksaan sekarang menjadi salah satu tarian yang sering digunakan dalam perayaan, ini karena gerakannya yang khas dapat menghibur para tamu undangan yang hadir di perayaan itu.

Tari tradisional payung

Tari tradisional payung
Tari tradisional payung

Tentunya sesuai dengan namanya, tarian payung tradisional menggunakan payung sebagai alat menari, tarian ini sendiri asli Minangkabau, Sumatera Barat. Tarian payung biasanya oleh kaum muda yang merupakan pasangan antara pria dan wanita, di mana tarian ini untuk mencegah mereka melakukan hal-hal negatif dan menggunakan payung untuk dapat melindunginya.

Berbeda dengan tarian tradisional yang mempunyai irama unik, tetapi tarian payung mempunyai irama yang sangat bervariasi. Dari langkah lambat, sedang hingga sangat cepat. Ritme yang berbeda membuat tarian payung lebih menarik untuk ditonton.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close