Teknologi

Analisa Karyawan Potensial dengan Teknologi Succession Planning

Dalam dunia bisnis, sebuah perusahaan pasti membutuhkan strategi tepat untuk mengukur kompetensi karyawan terhadap jabatan yang dipegang. Dengan memiliki karyawan yang berkompetensi maka tujuan perusahaan akan tercapai sesuai rencana. Selain itu, perusahaan juga harus tetap mempertahankan kompetensi setiap karyawannya. Maka dari itu, perlu dilakukan banyak pelatihan agar karyawan lebih siap untuk jabatan yang lebih tinggi dan mempersiapkan regernasi dalam jangka waktu tertentu. Selain itu juga perlu regenerasi dan pergantian karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Analisa Karyawan Potensial dengan Teknologi Succession Planning

Untuk melakukan semua itu, tentu sangat sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Maka dari itu, cara yang tepat adalah dengan menggunakan mengandalkan teknologi yang tepat untuk bidang bisnis. Salah satu teknologi tersebut adalah sebuah perangkat yang disebut Succession Management Software.

Baca juga : IoT (Internet of Things)

Pengertian Succession Management Software

Pengertian Succession Management Software

Succession Management Software merupakan sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mempermudah proses sucession planning. Atau lebih tepatnya Succession Management Software merupakan sebuah cara dengan aplikasi yang bertujuan untuk meneraptkan strategi keberhasilan perusahaan dalam menjaga performa terbaik karyawannya.

Baca juga : CRM System

Fungsi dari Succession Management Software

Fungsi dari Succession Management Software

Teknologi Sucession Planning berupa Succession Management Software sebenarnya memiliki beberapa fungsi yaitu:

  1. Untuk mempersiapkan kandidat-kandidat pemimpin dengan berbagai indikator seperti pengembangan skill, potensi, pengalaman, sikap dan kampuan menyelesaikan malalah.
  2. Untuk melakukan pergantian kepemimpinan / struktur organisasi dalam sebuah perusahaan dengan kandidat-kandidat yang berkualitas.
  3. Untuk rekruitment terhadap tenaga profesional dengan indikator kemampuan membimbing, mengarahkan, dan melakukan pelatihan kepemimpinan.
  4. sebagai implementasi training kepemimpinan.

Baca juga : Aplikasi Project Management

Manfaat Menggunakan Succession Management Software

Manfaat Menggunakan Succession Management Software

Succession Management Software akan memberikan manfaat yang didapat pihak perusahaan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

1. Dapat Menyeleksi Karyawan yang Cakap dan Mahir

Ketika sebuah perusahaan harus mengambil langkah dalam menggantikan divisi-divisi di dalamnya dengan karyawan yang baru, maka harus ada succession planning perusahaan yang efektif. Tujuannya untuk meningkatkan ketersediaan karyawan yang cakap dan siap pada divisi tersebut. Pergantian peran di perusahaan bisa terjadi baik secara terencana atau pun secara tiba-tiba. Perubahan peran secara tiba-tiba contohnya, jika karyawan yang memimpin dalam divisi penting di perusahaan harus mengundurkan diri. Tentu saja tidak bisa ambil risiko lagi, karena pemimpin pada divisi tersebut harus segera ada yang mengambil alih.

Maka dari itu, Succession Management Software sangat sangat dibutuhkan bagi Tim HR karena akan membantu perancangan dengan mudah terhadap sejumlah kandidat yang memenuhi persyaratan dan kriteria bagi jabatan yang dibutuhkan.

2. Menghambat Risiko Akibat Kehilangan Kepemimpinan Secara Mendadak

Succession planning yang efektif bagi perusahaan memiliki tujuan untuk mengurangi risiko kehilangan pemimpin karena suatu hal. Succession Management Software dapat mengurangi berbagai risiko yang muncul dalam hal rekrutmen pemimpin baru. Perusahaan dapat dengan mudah mencari karyawan yang memenuhi syarat dan kriteria untuk memimpin divisi yang ditinggalkan.

Selain itu, software ini berguna ketika pemimpin sebuah divisi di perusahaan tiba–tiba mengundurkan. Di dalam Succession Management Software telah terancang suatu fitur yang siap menangani risiko internal perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan tidak akan salah dalam melakukan rekrutmen untuk divisi yang diperlukan meskipun berasal dari luar perusahaan (orang baru).

3. Biaya Rekrutmen Murah dan Efisien

Penggunaan anggaran (bugdet) untuk mencari kandidat baru biasanya cukup besar. Apalagi jika divisi yang dibutuhkan merupakan divisi penting seperti manajemen senior. Perusahaan pasti membutuhkan biaya yang tinggi dengan fasilitas dan sarana yang eksklusif. Dengan menggunakan Succession Management Software, maka perusahaan dapat memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk rekrutmen karyawan baru secara kolektif.

4. Menghemat Waktu

Succession planning bertujuan agar kegitan dalam rekrutmen karyawan baru dapat dilakukan dengan cepat. Dengan begitu banyak kandidat yang harus dipilih menyebabkan banyak waktu terbuang dalam melakukan seleksi. Dengan Succession Management Software waktu yang dibutuhkan relatif cepat, karena kandidat yang akan dibutuhkan sudah disediakan dari kalangan internal perusahaan yang telah memenuhi syarat dan kriteria yang sesuai.

5. Menetapkan Prosedur Formal

Succession Management Software berguna untuk suatu prosedur formal dalam memilihi sumber daya manusia yang cocok untuk perusahaan. Dengan demikian, maka perusahaan akan merasa puas dengan succession planning yang telah dirancang dalam sistem Succession Management Software tersebut.

Baca juga : Computer Vision

Memilih Succession Management Software

Memilih Succession Management Software

Perkembangan teknologi di sektor bisnis juga membawa pembaharuan teknologi succession planning. Saat ini, Succession management software lebih efektif dan mudah diakses karena berbasis website. Beberapa rekomendasi aplikasi succession management berbasis web yang bisa dipilih antara lain BambooHR, linovHR, ClearCompany HRM, APS, Jojotimes, dan lain sebagainya.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close