wisata

√ 7 Destinasi Wisata di Banyuasin yang Sedang Hits

Tempat wisata yang ada di Sumatera Selatan cukup beragam, meskipun tidak banyak untuk destinasi wisata bahari. Namun di Provinsi Sumatera Selatan menjadi surganya air terjun dan juga sungai-sungai indah. Ada begitu banyak air terjun dan sungai yang akan membuat kamu kagum melihatnya.

Berada di Kabupaten baru Provinsi Sumatera Selatan, yang dulunya berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Tahun 2002 terjadi pemekaran dan berdiri menjadi Kabupaten sendiri. Salah satu ikon tempat wisata di Sumatera Selatan yang cukup dikenal ada di Kabupaten Banyuasin, yaitu Taman Nasional Sembilang. Selain itu juga masih banyak tempat-tempat menarik lain yang akan memanjakan selama berlibur di tempat ini. Berikut ini 7 Destinasi Wisata di Banyuasin yang Sedang Hits.

1. Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang

Salah satu tempat wisata di Sumatera Selatan yang menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Empat Lawang yaitu Air Terjun Batu Betiang. Tidak hanya mengandalkan keindahan air terjunnya saja, namun panorama indah di balik Bukit Batu Harum juga menambahkan kesan istimewa. Sedikit membutuhkan jiwa petualang ketika mengunjungi Air Terjun Batu Betiang.

Mulai dari desa terdekat kamu harus berjalan kaki membelah hutan dan menaiki medan tebing yang terjal. Namun itu semua hanya sedikit rintangan untuk menikmati keindahan alam yang sempurna. Airnya yang jernih dan cukup deras, air terjun yang landai dan bisa kamu daki menjadi sajian utama ketika kamu berada di Air Terjun Batu Betiang. Lokasinya berada di Desa Ulak Dabuk, yang berada di dalam Kecamatan Talang Padang.

Salah satu air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Empat Lawang, dengan ketinggian yang mencapai 50 sampai 60 meter. Aliran air terjunnya cukup deras bahkan butiran air yang terjatuh terkena bebatuan menyibakkan embun yang cukup segar ketika kamu berada di dekatnya. Air yang jernih mengalir di bawahnya yang sangat memungkinkan kamu untuk berendam. Untuk lokasinya cukup terpencil, maka masih belum begitu banyak pengunjung yang mengetahuinya. Suasananya begitu menenangkan dan menjanjikan kedamaian yang nyaman. Tempat wisata di Sumatera Selatan terletak di Desa Sawah, dan berada di dalam Kecamatan Muara Pinang.

2. Air Terjun Tujuh Panggung

Air Terjun Tujuh Panggung

Lokasi air terjun yang berada di bawah kaki Gunung Dempo dan juga Bukit Barisan ini sudah pasti akan memberikan nuansa yang sangat berbeda, apalagi dengan ketinggian 1200 mdpl. Udaranya yang sejuk, airnya yang sangat jernih dan alaminya masih sangat asri.

Sedikit membutuhkan perjuangan untuk mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan. Kamu harus berjalan kaki dan sedikit mendaki tebing dengan lebatnya hutan dan juga perkebunan kopi milik warga. Air Terjun Tujuh Panggung memiliki tujuh tingkatan air terjun, dan hampir setiap air terjun terdapat kolam yang bisa berendam. Tempat wisata yang sangat menarik terletak di Desa Tanjung Alam, dan berada di Kecamatan Lintang Kanan.

Baca juga : Wisata di Tanjung Pinang

3. Arung Jeram Ulu Musi

Arung Jeram Ulu Musi

Arung jeram di Ulu Musi bisa sangat jauh dari Kabupaten Rejang Lebong yang masuk Provinsi Bengkulu sampai Kabupaten Empat Lawang. Kamu bisa menguji adrenalin dari Desa Ranjung Raya, yang berada di Kecamatan Pendopo Barat, Empat Lawang.

Kamu juga bisa menikmati keindahan panorama pedesaan juga pepohonan yang berjajar di pinggir sungai. Wajar jika tempat wisata di Sumatera Selatan ini sekarang menjadi andalan Kabupaten Empat Lawang. Apalagi di  Ulu Musi sering diadakan kompetisi arung jeram yang cukup banyak pesertanya dari luar daerah. Hal ini semakin banyak menarik minat wisatawan lokal dan asing untuk datang.

Baca juga : Wisata di Sawahlunto

4. Desa Sungsang

Desa Sungsang

Lokasinya cukup strategis sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Banyuasin yang dijuluki sebagai Kampung Nelayan. Potensi seperti wisata bahari, atau sebagai wisata air sangatlah besar dan menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Kamu bisa berkeliling menikmati keindahan hutan bakau di Desa Sungsang dan memancing. Selain itu potensi kuliner seperti makan khas pempek Sungsang juga sangat terkenal. Ketika kamu mengunjungi tempat wisata di Sumatera Selatan ini kamu bisa menikmati kelezatan makanan khas dari Desa Sungsang, yang berada di dalam Kecamatan Banyuasin II ini.

Baca juga : Wisata di Batusangkar

5. Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Hutan Suaka Margasatwa Padang Sugihan

Salah satu konservasi flora dan fauna yang dimiliki Kabupaten Banyuasin yaitu Hutam SM Padang Suhian. Fauna terbanyak yang ada di hutan ini yaitu gajah Sumatera yang memungkinkan kamu untuk melihatnya dari jarak dekat.

Selain itu, kamu bisa lebih dekat dengan alam khususnya hutan dengan pepohonan yang besar, kamu bisa menyaksikan berbagai aktivitas gajah Sumatera. Lokasinya berada di Desa Sebokor, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Air Kumbang.

Baca juga : Wisata di Payakumbuh

6. Monument Front Langkan

Monument Front Langkan

Untuk mengenang jasa dari para pejuang dalam mempertahankan NKRI dari kolonialisme Belanda dijadikan sebagai Monument Front Langkan. Dan menjadi saksi bisu atas gigihnya para pejuang dalam peperangan yang berlangsung selama 5 hari di Desa Langkan, Kecamatan Banyuasin III.

Di tempat ini biasanya ketika memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus, sering diadakan renungan suci. Sebagai bentuk penghormatan dan juga penghargaan bagi para pejuang. Saat ini dijadikan sebagai spot terbaik bagi wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Banyuasin, sebagai wisata sejarah dan juga berfoto.

Baca juga : Wisata di Padang Panjang

7. Air Panas Penantian

Air Panas Penantian

Salah satu destinasi wisata favorit warga lokal di Palembang yaitu Air Panas Penantian. Selain bisa menikmati panorama alam pedesaan air panas yang berada di sungai ini justru bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Tidak hanya menjadi tempat wisata di Sumatera Selatan saja, tapi juga sebagai tempat relaksasi alami yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Airnya tidak mengeluarkan aroma bau belerang, inilah mengapa banyak warga yang nyaman berada di Air Panas Penantian. Lokasinya berada di Desa Penantian, yang masih di dalam Kecamatan Paseman Air Keruh.

Demikian beberapa penjelasan 7 Destinasi Wisata di Banyuasin yang Sedang Hits. Selamat berlibur.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close