wisata

√ 11 Destinasi Wisata di Payakumbuh yang Wajib Dikunjungi

Payakumbuh yaitu kota kecil di Sumatera Barat yang memiliki pemandangan latar Gunung Sago. Kota yang berada di dataran tinggi dengan ketinggiannya sekitar 514 meter di atas permukaan laut. Nama kota tentu saja sudah terkenal di seluruh Indonesia tapi mungkin tidak halnya dengan tempat wisatanya. Mungkin kamu tidak tahu rekomendasi tempat wisata di Payakumbuh, berikut ini beberapa contoh yaitu 11 Destinasi Wisata di Payakumbuh yang Wajib Dikunjungi.

1. Lembah Harau

Lembah Harau

Lembah Harau adalah lembah yang diapit oleh dua tebing batu. Setiap orang yang datang ke tempat ini pasti akan terpukau akan tingginya tebing batu yang mengapit lembah Di kawasan Lembah Harau terdapat rekomendasi tempat wisata di Payakumbuh lainnya seperti Gua Ngalau Seribu, Air Terjun Ngalau Seribu dan Air Terjun Sarasah Murai Gantiang yang indah.

Baca juga : Wisata di Batusangkar

2. Rumah Tan Malaka

Rumah Tan Malaka

Selain berkunjung ke tempat wisata populer, tidak ada salahnya jika juga mengunjungi tempat bersejarah seperti rumah Tan Malaka. Di kediaman Tan Malaka ini kamu bisa mengetahui riwayat hidup Tan Malaka sejak kecil sampai menjadi sosok tokoh bersejarah Indonesia asal Minangkabau.

Baca juga : Wisata di Sawahlunto

3. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram menjadi tempat wisata yang berupa sungai besar yang diapit oleh perbukitan dan pegunungan tinggi. Udara disana sangat segar karena hanya ada persawahan dan hutan dengan warnanya yang hijau menyejukkan. Yang menjadi andalan di tempat ini yaitu rakit bambunya untuk menyusuri sungai. Pemandangan yang indah, udara sejuk serta rakit bambu yang khas membuat Kapalo Banda Taram semakin ramai dikunjungi serta menjadi bahan sorotan banyak orang.

Baca juga : Wisata di Tanjung Pinang

4. Jembatan Ratapan Ibu

Jembatan Ratapan Ibu

Jembatan yang mulai dibangun pada tahun 1818 atas prakarsa Pemerintah Hindia Belanda namun dengan sistem kerja paksa. Jembatan ini melintasi Sungai Batang Agam. Pada zaman Hindia Belanda dahulu, para pemuda yang sudah tidak kuat bekerja atau yang membangkang akan dieksekusi dan mayatnya dibuang begitu saja ke Sungai Batang Agam. Hal ini tentu saja membuat hati para ibu sedih dan banyak dari mereka meratapi nasib putra mereka dari atas jembatan ini. Karena itu jembatan ini diberi nama Jembatan Ratapan Ibu.

5. Panorama Ampangan

Panorama Ampangan

Panorama Ampangan persis seperti Puncak Marajo yaitu tempat wisata yang berada di ketinggian bukit dengan pemandangan yang indah dan menarik sejauh mata memandang. Panorama Ampangan letaknya tidak jauh dari pusat kota Payakumbuh dan bisa dilalui melalui kendaraan umum atau pribadi.

Baca juga : Wisata di Kampar

6. Puncak Marajo

Puncak Marajo

Setelah mengunjungi Ngalau Indah, sebaiknya kamu melanjutkan trekking menuju Puncak Marajo yang letaknya tidak jauh dari gua tersebut. Puncak Marajo banyak dikunjungi orang yang ingin mencari udara segar serta menikmati pemandangan yang terhampar di dataran di bawah Puncak Marajo. Tempat yang menarik dan indah pemandangannya.

7. Gua Ngalau Indah

Gua Ngalau Indah

Wisata Ngalau Indah yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat ini. Ngalau Indah adalah gua alami yang berada di perut Bukit Simarajo. Gua ini penuh dengan rangkaian stalagmit dan stalagtit berbagai ukuran. Bahkan ada juga Batu Gong yaitu batu berongga yang jika diketuk akan mengeluarkan bunyi seperti gong.

Pemerintah daerah sudah menyediakan tangga, jalan penghubung, pagar pengaman serta lampu penerangan. Namun tetap saja ada beberapa area gua yang tidak terjamah cahaya. Apalagi gua ini merupakan habitat alami kelelawar dan monyet hutan sehingga suasana gua Ngalau Indah ini semakin terasa misterius. Rekomendasi tempat wisata di Payakumbuh yang berupa gua yaitu  Ngalau Sompik yang sama-sama objek wisata gua namun beda ukuran. Ukuran dalam Ngalau Sompik lebih sempit namun keindahannya tetap tidak kalah dari Ngalau Indah. Lokasi Ngalau Sompik tepat bersebelahan dengan gua Ngalau Indah.

Baca juga : Wisata di Pelalawan Riau

8. Jembatan Layang Kelok Sembilan

Jembatan Layang Kelok Sembilan

Jembatan layang pun bisa menjadi tempat wisata jika semegah dan semenarik jembatan layang Kelok Sembilan yang berada di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan yang sudah berdiri selama 1 abad lebih menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat terutama masyarakat Payakumbuh.

Dari atas jembatan layang ini kamu bisa melihat jalanan berliku melintasi perbukitan yang diapit oleh jurang dan bukit tinggi. Disarankan untuk datang ke tempat ini pada malam hari karena pemandangan sekitarnya ada banyak lampu di sekeliling jalan membuat Jembatan Kelok Sembilan ini semakin elok dan artistic.

9. Padang Mangateh

Padang Mangateh

Di Payakumbuh, Sumatera Barat tepatnya di Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota ada hamparan padang rumput hijau seluas 1.5 km yang tidak kalah dengan padang rumput yang ada di luar negeri. Padang rumput semakin cantik dengan latar belakang Gunung Sago dan perbukitan.

Siapa saja yang datang ke sini pasti tidak akan betah dan akan berfoto-foto ria karena memang pemandangannya sangat indah. Karena padang rumput ini sangat luas maka pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai lahan ternak sapi juga. Suasana yang sejuk dan juga menyenangkan.

10. Rumah Gadang Sungai Beringin

Rumah Gadang Sungai Beringin

Rumah Gadang Sungai Beringin merupakan sebuah rumah khas adat masyarakat Payakumbuh, Orang sekitar pasti tahu mengenai rumah ini, romah merupakan salah satu bukti kemegahan rumah adat yang dimiliki masyarakat minang sejak jaman dahulu. Rumah gadang diresmikan keberadaannya oleh Menteri Pariwisata yang saat itu dipimpin oleh bapak Joop Ave pada tanggal 9 Januari 1994.

Bangunan yang dipersembahkan untuk Bundo Kanduang dan Anak Cucu masyarakat Minangkabau, yang sampai kini rumah gadang ini diperuntukkan sebagai objek wisata untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya minangkabau kepada masyarakat luar. Rumah gadang sungai beringin saat ini di kelola oleh PT.Pusako Rumah Gadang yang sangat terawat sangat baik dan terjaga.

11. Bukit Bulek Taram

Bukit Bulek Taram

Bukit Bulek Taram menjadi objek wisata yang terletak di Kenagarian Taram Kabupaten Lima Puluah Kota, Sumatera barat. Bukik Bulek merupakan sebuah batu yang berbentuk bundar, puncaknya menonjol dan sangat terjal. Di kaki bukit ini terdapat hamparan tanah dengan rerumputan yang datar.

Lokasi yang belum terkelola dengan baik seutuhnya, belum memiliki fasilitas wisata yang ada di objek wisata ini, sehingga masih merupakan potensi wisata alam yang bisa dikembangkan sebagai aset wisata daerah sekitar. Bukit Bulek Taram dikelilingi oleh rawa yang banyak ikannya dan pada hari libur sering dijadikan tempat memancing.

Demikianlah contoh 11 Destinasi Wisata di Payakumbuh yang Wajib Dikunjungi. Semoga menjadi pilihan tepat berlibur kamu.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close